Pengaruh Metode Question terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas IV SDS IT Delisha Tandam Hilir
Keywords:
Metode Question, , kemampuan berpikir kritis, Hak dan Kewajiban, SDAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi bilangan pecahan di kelas IV SDS IT Delisha. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Populasi penelitian mencakup seluruh siswa kelas V, sedangkan sampel terdiri atas dua kelas yang dipilih secara purposif, yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Instrumen penelitian berupa tes kemampuan berpikir kritis yang telah divalidasi oleh ahli. Teknik analisis data menggunakan uji independent sample t-test dengan bantuan program SPSS versi 23. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kemampuan berpikir kritis siswa yang diajar menggunakan model PBL dan yang diajar dengan metode konvensional, dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. Rata-rata nilai kemampuan berpikir kritis siswa pada kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model Problem Based Learning berpengaruh positif terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Model PBL mampu mendorong siswa untuk berpikir analitis, kreatif, dan reflektif dalam menyelesaikan permasalahan kontekstual yang berkaitan dengan materi bilangan pecahan.
References
Amalia, R., & Hasan, M. (2020). Pengaruh strategi pembelajaran berbasis pertanyaan terhadap kemampuan berpikir kritis siswa sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 5(2), 112–121.
Arends, R. I. (2018). Learning to teach (11th ed.). New York, NY: McGraw-Hill Education.
Facione, P. A. (2015). Critical thinking: What it is and why it counts (7th ed.). Millbrae, CA: Insight Assessment.
Fatmawati, F., & Yusrizal, Y. (2025). Literature Study: The Impact of Social Media on the Behavior of Grade IV Elementary School Students. Proceedings of the 2nd International Conference on Education, Science Technology and Health, 1122–1133.
Fatmawati, F., Yusrizal, Y., Mustadi, A., & Abidin, Y. (2023). Improving Student’s Science Literacy Capabilities Through Utilizing the Natural Environment. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 9(6), 4253–4258. https://doi.org/10.29303/jppipa.v9i6.4145
Hasanah, N., & Pratiwi, D. (2020). Pembelajaran abad 21 dan pentingnya pengembangan kemampuan berpikir kritis siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar Indonesia, 7(1), 45–53.
Kemendikbudristek. (2022). Panduan implementasi profil pelajar Pancasila dan pembelajaran berpikir kritis dalam Kurikulum Merdeka. Jakarta: Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.
Kurniawan, R. (2021). Penerapan metode Question dalam meningkatkan aktivitas belajar dan kemampuan berpikir kritis siswa sekolah dasar. Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar, 8(2), 66–75.
Lestari, S., & Ahmad, F. (2022). Efektivitas pembelajaran berbasis pertanyaan terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa SD. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran Dasar, 6(3), 141–150.
Nurhadi, M., & Yuliana, A. (2021). Pembelajaran dialogis berbasis pertanyaan sebagai sarana pengembangan berpikir kritis siswa sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 9(1), 25–35.
Puspitasari, D., & Dewi, A. (2021). Peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa melalui metode Question dalam pembelajaran matematika. Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar, 4(2), 80–90.
Putri, N., & Hadi, R. (2023). Aktivitas bertanya dan diskusi dalam pembelajaran interaktif terhadap keterlibatan belajar siswa SD. Jurnal Kajian Pendidikan Dasar, 5(1), 37–46.
Rahmawati, L. (2020). Pengaruh strategi pembelajaran Question terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa sekolah dasar. Jurnal Pendidikan dan Evaluasi Pembelajaran Dasar, 4(2), 92–101.
Santrock, J. W. (2019). Educational psychology (6th ed.). New York, NY: McGraw-Hill Education.
Sugiyono. (2019). Metode penelitian pendidikan: Pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Widodo, H. (2019). Analisis penerapan pembelajaran konvensional terhadap rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa sekolah dasar. Jurnal Perspektif Pendidikan Dasar, 7(2), 118–127.
Yusrizal, Y., & Fatmawati, F. (2024). Pengaruh Pendekatan Ethnomathematics terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(1), 5446–5463.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Surya Darma, Indah Syasmita

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.










