Pengaruh Model Course Review Horay terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Siswa Sekolah Dasar

Authors

  • Dwi Syafitri Sekolah Tinggi Keguruan dan ilmu Pendidikan Amal Bakti
  • Indah Syasmita Sekolah Tinggi Keguruan dan ilmu Pendidikan Amal Bakti

Keywords:

Course Review Horay, hasil belajar, matematika

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Course Review Horay (CRH) terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V UPT SPF SDN 101744 Desa Klambir. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen kuasi dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Populasi penelitian meliputi seluruh siswa kelas V yang berjumlah 46 orang, terdiri atas dua kelas, yaitu kelas V-A dan V-B, masing-masing 23 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan total sampling, sehingga seluruh populasi dijadikan sampel penelitian. Instrumen penelitian berupa tes hasil belajar matematika yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Analisis data dilakukan dengan uji independent sample t-test menggunakan program SPSS versi 23. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan signifikan antara hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan model Course Review Horay dan yang diajar dengan model Direct Instruction, dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Rata-rata hasil belajar kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol, yang menunjukkan bahwa penerapan model Course Review Horay berpengaruh positif terhadap hasil belajar matematika siswa. Model ini menciptakan suasana belajar yang menyenangkan, meningkatkan keaktifan siswa, serta memperkuat pemahaman konsep melalui kegiatan permainan dan kerja sama kelompok.

References

Afandi, M. (2015). Model dan metode pembelajaran di sekolah. Semarang: Unissula Press.

Aini, N., & Rahman, F. (2021). Pengaruh model pembelajaran aktif terhadap hasil belajar matematika siswa sekolah dasar. Jurnal Cakrawala Pendidikan Dasar, 3(2), 45–54. https://doi.org/10.17509/jcpd.v3i2.31200

Anwar, M. (2020). Penerapan model pembelajaran Course Review Horay dalam meningkatkan hasil belajar matematika siswa sekolah dasar. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 7(1), 21–30.

Arikunto, S. (2019). Prosedur penelitian: Suatu pendekatan praktik (Edisi Revisi). Jakarta: Rineka Cipta.

Fauziah, D., & Prasetyo, A. (2022). Efektivitas model pembelajaran inovatif terhadap peningkatan hasil belajar siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar, 8(2), 87–95.

Fatmawati, Wulandari, A., Putri, S. D., Hasibuan, A. M., & Yusrizal. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Teams Games Tournament terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar. Jote Journal on Teacher Education, 3(3), 365–373.

Fransiska, A., Yusrizal, Y., & Nazaruddin, I. (2025). Perbandingan Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar Menggunakan Metode Dramath Dan Metode Questioning Aulia. TERPADU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 3(2), 535–544.

Fitriani, R. (2020). Pengaruh penerapan model pembelajaran aktif terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar matematika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 9(3), 245–256.

Hasibuan, A. M., Fatmawati, F., Pulungan, S. A., Wanhar, F. A., & Yusrizal, Y. (2021). Meningkatkan Minat Belajar Matematika Siswa dengan Menggunakan Metode Snowball Throwing pada Siswa Kelas VI SD Swasta PAB 15 Klambir Lima. ESJ (Elementary School Journal), 11(2), 197–188.

Hasibuan, A. M., Yusrizal, Y., Nadawiya, N., & Safira, E. (2025). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Matematika dengan Model Polya. OMEGA: Jurnal Keilmuan Pendidikan Matematika, 4(2), 134–137. https://doi.org/10.51179/asimetris.v4i2.2265

Huda, M. (2018). Model-model pengajaran dan pembelajaran: Isu-isu metodis dan paradigmatik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Joyce, B., Weil, M., & Calhoun, E. (2018). Models of teaching (9th ed.). Boston, MA: Pearson Education.

Kurniawan, D. (2020). Penerapan model pembelajaran aktif tipe Course Review Horay dalam meningkatkan motivasi belajar siswa sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 5(1), 15–26.

Rusman. (2017). Model-model pembelajaran: Mengembangkan profesionalisme guru. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sai’in, G. P., Yusrizal, Y., & Nazaruddin, I. (2024). The influence of the teams games tournament type cooperative learning model on elementary school students’ mathematics learning outcomes. Cendikia : Media Jurnal Ilmiah Pendidikan, 15(1), 35–41. https://doi.org/ttps://doi.org/10.35335/cendikia.v15i1.5545

Sanjaya, W. (2016). Strategi pembelajaran berorientasi standar proses pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Setiawan, A., & Lestari, S. (2021). Pengaruh model pembelajaran aktif terhadap peningkatan hasil belajar matematika siswa SD. Jurnal Pendidikan Matematika Dasar, 6(1), 33–42. https://doi.org/10.24127/jpmd.v6i1.3125

Sugiyono. (2019). Metode penelitian pendidikan: Pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suharsimi, A. (2018). Dasar-dasar evaluasi pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Suryani, N., & Agung, L. (2020). Pembelajaran aktif untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 5(3), 120–130.

Widodo, H. (2021). Pengaruh penerapan model pembelajaran Course Review Horay terhadap hasil belajar matematika. Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar, 6(2), 90–99.

Yusnaldi, E., Yusrizal, Y., Fatmawati, F., Yusuf, M., & Iskandar, W. (2021). Hubungan Pancasila Dan Al-Qur’an Dalam Tipologi Filsafat Matematika. Jurnal Civic Education: Media Kajian Pancasila Dan Kewarganegaraan, 5(2), 87–99.

Downloads

Published

2025-10-20

How to Cite

Syafitri, D., & Syasmita, I. (2025). Pengaruh Model Course Review Horay terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Siswa Sekolah Dasar. TERPADU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 4(1), 745–753. Retrieved from https://pelitaaksara.or.id/index.php/terpadu/article/view/97