Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar

Authors

  • Nurhafizah Nurhafizah Sekolah Tinggi Keguruan dan ilmu Pendidikan Amal Bakti

Keywords:

Project Based Learning, hasil belajar, Matematika, Sekolah Dasar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV SD Negeri 105283 Klambir Lima. Jenis penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Populasi penelitian meliputi seluruh siswa kelas IV, sedangkan sampel terdiri dari dua kelas, yaitu kelas IV-A sebagai kelas eksperimen dan kelas IV-B sebagai kelas kontrol, masing-masing berjumlah 21 siswa. Instrumen yang digunakan berupa tes hasil belajar matematika yang telah divalidasi. Data dianalisis menggunakan uji independent sample t-test dengan bantuan SPSS versi 23. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar matematika siswa yang diajar menggunakan model PjBL dengan siswa yang diajar menggunakan metode konvensional, dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. Nilai rata-rata hasil belajar kelas eksperimen sebesar 78,57 lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol sebesar 68,80, dengan selisih rata-rata sebesar 9,76. Hal ini menunjukkan bahwa penerapan model Project Based Learning berpengaruh positif terhadap peningkatan hasil belajar matematika siswa. Model PjBL mendorong siswa untuk lebih aktif, kreatif, dan kolaboratif dalam memahami konsep matematika melalui pengalaman belajar berbasis proyek

References

Dewi, L. P., & Hapsari, D. W. (2022). Penerapan model pembelajaran Project Based Learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa sekolah dasar. Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar, 9(2), 134–145.

Fatmawati, Wulandari, A., Putri, S. D., Hasibuan, A. M., & Yusrizal. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Teams Games Tournament terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar. Jote Journal on Teacher Education, 3(3), 365–373.

Fransiska, A., Yusrizal, Y., & Nazaruddin, I. (2025). Perbandingan Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar Menggunakan Metode Dramath Dan Metode Questioning Aulia. TERPADU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 3(2), 535–544.

Hasibuan, A. M., Yusrizal, Y., Nadawiya, N., & Safira, E. (2025). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Matematika dengan Model Polya. OMEGA: Jurnal Keilmuan Pendidikan Matematika, 4(2), 134–137. https://doi.org/10.51179/asimetris.v4i2.2265

Kemendikbudristek. (2022). Panduan implementasi pembelajaran berdeferensiasi dan pembelajaran berbasis proyek pada Kurikulum Merdeka. Jakarta: Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Mulyasa, E. (2022). Pengembangan kurikulum Merdeka dan implementasinya dalam pembelajaran di sekolah dasar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Nugraha, A. D. (2022). Pengaruh penerapan Project Based Learning terhadap motivasi dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Matematika Dasar, 8(1), 45–56.

Putri, M., & Hidayat, R. (2023). Hambatan guru dalam implementasi Project Based Learning di sekolah dasar. Jurnal Kajian Pendidikan Dasar Indonesia, 7(1), 59–70.

Rahardjo, S. (2021). Pengembangan keterampilan abad 21 melalui pembelajaran berbasis proyek di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Karakter dan Inovasi Pembelajaran, 10(3), 201–213.

Rahmawati, D., & Fitria, A. (2020). Peran pembelajaran matematika dalam membangun kemampuan berpikir logis dan sistematis siswa sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 5(2), 78–87.

Sai’in, G. P., Yusrizal, Y., & Nazaruddin, I. (2024). The influence of the teams games tournament type cooperative learning model on elementary school students’ mathematics learning outcomes. Cendikia : Media Jurnal Ilmiah Pendidikan, 15(1), 35–41. https://doi.org/ttps://doi.org/10.35335/cendikia.v15i1.5545

Sari, I., & Setiawan, A. (2021). Analisis kesulitan siswa dalam memahami konsep matematika sekolah dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan dan Pembelajaran, 11(4), 231–240.

Sugiyono. (2019). Metode penelitian pendidikan: Pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suryani, D., & Handayani, L. (2020). Penerapan model Project Based Learning dalam meningkatkan hasil belajar matematika di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 6(3), 215–226.

Trianto. (2019). Model-model pembelajaran inovatif berorientasi konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Wijayanti, T., & Rahayu, L. (2018). Pengaruh pembelajaran berbasis proyek terhadap hasil belajar dan keterampilan kolaboratif siswa SD. Jurnal Cakrawala Pendidikan Dasar, 6(1), 54–64.

Wulandari, N., Pratama, A., & Lestari, D. (2021). Pengaruh model Project Based Learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa sekolah dasar. Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Matematika, 3(2), 89–100.

Yuliani, S., & Permatasari, I. (2020). Pembelajaran bermakna dalam matematika melalui pendekatan konstruktivistik dan berbasis proyek. Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 8(2), 120–132.

Yusnaldi, E., Yusrizal, Y., Fatmawati, F., Yusuf, M., & Iskandar, W. (2021). Hubungan Pancasila Dan Al-Qur’an Dalam Tipologi Filsafat Matematika. Jurnal Civic Education: Media Kajian Pancasila Dan Kewarganegaraan, 5(2), 87–99.

Yusrizal, Y., & Fatmawati, F. (2024). Pengaruh Pendekatan Ethnomathematics terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(1), 5446–5463.

Yusrizal, Y., & Pulungan, S. A. (2021a). Pengaruh Model Project Based Learning dengan Metode Visit Home dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa di Era Covid-19. ESJ (Elementary School Journal), 11(3), 222–229.

Yusrizal, Y., & Pulungan, S. A. (2021b). The Effect of Project Based Learning Model on Student Mathematics Learning Outcomes in the Covid-19 Pandemic Era. Budapest International Research and Critics Institute-Journal (BIRCI-Journal), 4(4), 7810–7816.

Downloads

Published

2025-10-20

How to Cite

Nurhafizah, N. (2025). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar. TERPADU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 4(1), 737–746. Retrieved from https://pelitaaksara.or.id/index.php/terpadu/article/view/96