Pengaruh Model Pembelajaran Pictorial Riddle terhadap Kemampuan Literasi Sains Siswa Sekolah Dasar

Authors

  • Anggi Amelia Putri Sekolah Tinggi Keguruan dan ilmu Pendidikan Amal Bakti

Keywords:

Pictorial Riddle, Literasi Sains, Pembelajaran IPA, Tata Surya, Sekolah Dasar

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan model pembelajaran Pictorial Riddle terhadap kemampuan literasi sains siswa di kelas V SD Swasta PAB 27 Medan. Siswa dalam penelitian ini terdiri dari 54 siswa, yang dibagi menjadi dua kelas: kelas eksperimen yang menggunakan Pictorial Riddle dan kelas kontrol yang menggunakan Direct Instruction. Penelitian terdiri dari tes pilihan berganda dengan 25 soal yang diberikan sebelum ujian dan setelah ujian. Data dianalisis dengan uji normalitas, homogenitas, dan uji T dengan bantuan program spss versi 26. Nilai literasi sains siswa pada kelas eksperimen setelah perlakuan rata-rata 84, sedangkan pada kelas kontrol rata-rata 70. Menurut uji T, nilai signifikan 0,000 kurang dari 0,05 ditemukan; ini menunjukkan bahwa ada perbedaan signifikan antara kedua kelas. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Pictorial Riddle memiliki dampak positif dan signifikan terhadap peningkatan kemampuan literasi sains siswa.

References

Abidin, Y. (2017). Pembelajaran Literasi: Strategi Meningkatkan Kemampuan Literasi Sains Siswa Sekolah Dasar. Bandung: Refika Aditama.

Afifudin, & Fadly, M. (2021). Analisis Kemampuan Literasi Sains Siswa Berdasarkan Data PISA. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran IPA, 11(2), 45–53.

Fatmawati, F., Wulandari, A., Miranda, A., Amelia Putri, A., Davi Fatdilah, M., Martan, A., Sri Handayani, F., Agustine, M., Marsanda, S., & Yusrizal, Y. (2025). Pelatihan Keterampilan Membaca, Menulis dan Berhitung Melalui Program Literasi Numerasi dengan Memanfaatkan Limbah Sampah Di Desa Tebing Tanjung Selamat. Educivilia: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 6(1), 69–83. https://doi.org/10.30997/ejpm.v6i1.16368

Fatmawati, F., & Yusrizal, Y. (2021). Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Alam dan Gaya Belajar terhadap Hasil Belajar IPA Siswa di Era Pandemi Covid-19. ESJ (Elementary School Journal), 11(3), 275–283.

Fatmawati, F., & Yusrizal, Y. (2022). Pengaruh Teknologi dan Literasi terhadap Komunikasi Siswa Sekolah Dasar. Journal on Teacher Education, 3(3), 581–585.

Fatmawati, F., Yusrizal, Y., Lubis, B. S., & Rafiqah, F. S. (2020). Peran Kurikulum Logika terhadap Hasil Belajar IPS Siswa di Sekolah Alam Sou Bogor. Jurnal Tematik, 11(3), 67–174.

Fatmawati, F., Yusrizal, Y., Mustadi, A., & Abidin, Y. (2023). Improving Student’s Science Literacy Capabilities Through Utilizing the Natural Environment. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 9(6), 4253–4258. https://doi.org/10.29303/jppipa.v9i6.4145

Fitri Mutia, & Husaini. (2022). Penerapan Model Pictorial Riddle dalam Meningkatkan Hasil Belajar dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 7(1), 33–42.

Ichsan, I. (2022). Literasi Sains dalam Pembelajaran IPA Abad 21. Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar, 9(3), 112–121.

Kemendikbudristek. (2022). Panduan Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar. Jakarta: Kemdikbudristek.

Kusmiati, E., Rukmini, R., & Setiawan, D. (2021). Penerapan Model Pictorial Riddle untuk Meningkatkan Kreativitas dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Sosial, 6(2), 78–87.

Nurhasanah, Jumadi, & Herliandry, L. D. (2020). Analisis Faktor Rendahnya Literasi Sains Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Sains, 8(1), 13–22.

Resta, F., Sari, N., & Rahman, A. (2020). Efektivitas Media Visual terhadap Pemahaman Konsep IPA Siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(3), 85–94.

Rukoyah, N., Rahmawati, S., & Santosa, E. (2020). Literasi Sains sebagai Kompetensi Abad 21: Tantangan dan Strategi Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 5(2), 23–33.

Sari, N., Mutmainah, L., & Nuraini, R. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Aktif terhadap Hasil Belajar IPA. Jurnal Pendidikan Dasar, 10(4), 98–107.

Syaiful Arif, & Farah Nor Ashikin. (2022). Efektivitas Model Guided Inquiry Berbantuan Pictorial Riddle terhadap Kemampuan Berpikir Kritis. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 8(1), 54–62.

Syofyan, M. S., & Sumantri, M. S. (2019). Pengembangan Literasi Sains dalam Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan, 20(3), 201–210.

Tomlinson, C. A. (2017). How to Differentiate Instruction in Academically Diverse Classrooms (3rd ed.). ASCD.

Widyastuti, R., Andriani, S., & Purwanto, H. (2021). Pengaruh Media Bergambar terhadap Pemahaman Konsep IPA. Jurnal Ilmiah Pendidikan, 12(2), 45–53.

Yusrizal, Y., Fatmawati, F., & Wanhar, F. A. (2023). The Effect of the Cooperative Integrated Reading and Composition Model on the Social Literacy of Primary School Students. Sensei International Journal of Education and Linguistic, 3(4), 241–259. https://doi.org/https://doi.org/10.53768/sijel.v3i4.159

Downloads

Published

2025-10-20

How to Cite

Putri, A. A. (2025). Pengaruh Model Pembelajaran Pictorial Riddle terhadap Kemampuan Literasi Sains Siswa Sekolah Dasar. TERPADU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 4(1), 715–723. Retrieved from https://pelitaaksara.or.id/index.php/terpadu/article/view/94