Perbandingan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Melalui Model Discovery Learning dan Model Dicert Intruction pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar

Authors

  • Aulia Salsabila Barus Sekolah Tinggi Keguruan dan ilmu Pendidikan Amal Bakti

Keywords:

kemampuan berpikir kritis, Discovery learning, Direct Interaction, Pembelajaran, Siswa sekolah dasar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan kemampuan berpikir kritis siswa yang diajarkan melalui model pembelajaran Discovery Learning dengan model Direct Instruction pada siswa kelas V SD PAB 33 Sidodadi. Latar belakang penelitian ini didasarkan pada rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa akibat dominasi pembelajaran konvensional yang berpusat pada guru. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode kuasi eksperimen dan desain pretest-posttest control group. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari dua kelas, yaitu kelas eksperimen (menggunakan Discovery Learning) dan kelas kontrol (menggunakan Direct Instruction), masing-masing berjumlah 25 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes esai untuk mengukur kemampuan berpikir kritis siswa. Hasil analisis data menggunakan uji-t menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil post-test kedua kelompok, dengan nilai signifikansi 0,017 < 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa siswa yang diajar dengan model Discovery Learning memiliki kemampuan berpikir kritis yang lebih tinggi dibandingkan siswa yang diajar dengan model Direct Instruction. Dengan demikian, model Discovery Learning lebih efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa sekolah dasar.

References

Aisyahrani, N. (2017). Pendidikan karakter dalam pembelajaran di sekolah dasar. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Fatmawati, F., Yusrizal, Y., Mustadi, A., & Abidin, Y. (2023). Improving Student’s Science Literacy Capabilities Through Utilizing the Natural Environment. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 9(6), 4253–4258. https://doi.org/10.29303/jppipa.v9i6.4145

Hendrayani, D. (2021). Peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa di era digital melalui pembelajaran berbasis inkuiri. Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran, 11(2), 145–154. https://doi.org/10.21009/jpdp.112.05

Joyce, B., & Weil, M. (2017). Models of teaching (9th ed.). Boston, MA: Pearson Education.

Kusumaningrum, D. (2020). Implementasi model discovery learning terhadap keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa sekolah dasar. Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar, 7(1), 23–33. https://doi.org/10.26740/jipd.v7n1.p23-33

Lefudi, R. (2017). Implementasi Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional dalam pembelajaran abad 21. Jurnal Ilmu Pendidikan Indonesia, 5(1), 11–20.

Pratiwi, D. (2019). Analisis efektivitas penerapan model discovery learning berdasarkan karakteristik siswa sekolah dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(2), 87–96. https://doi.org/10.23887/jipgsd.v4i2.23010

Rahmadani, A., Putra, S., & Lestari, R. (2022). Discovery Learning as a Tool to Foster Critical Thinking in Elementary Education. Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 9(2), 101–112.

Rahmawati, S. (2018). Penerapan model discovery learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 3(2), 55–63. https://doi.org/10.33369/jpdk.v3i2.10112

Sari, P. (2020). Pengaruh Model Discovery Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreativitas Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Kreatif, 9(1), 55–70.

Widodo, A. (2017). Kelemahan pembelajaran konvensional terhadap kemampuan berpikir kritis siswa sekolah dasar. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 1(3), 201–210. https://doi.org/10.23887/jisd.v1i3.12020

Yuliani, D., & Rachmawati, F. (2023). Revisiting Teacher-Centered Learning and Its Impact on Students’ Higher Order Thinking Skills. Jurnal Inovasi Pembelajaran, 11(3), 240–252.

Yusrizal, Y., & Fatmawati, F. (2024). Pengaruh Pendekatan Ethnomathematics terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(1), 5446–5463.

Yusrizal, Y., & Hariati, E. (2022). The Influence of The Value Clarification Technique (VCT) Learning Model and The National Insight on The Character of Elementary School Students. Jupiis: Jurnal Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial, 14(2), 133–144. https://doi.org/10.24114/jupiis.v14i2.38659

Downloads

Published

2025-10-20

How to Cite

Barus, A. S. (2025). Perbandingan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Melalui Model Discovery Learning dan Model Dicert Intruction pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar. TERPADU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 4(1), 694–703. Retrieved from https://pelitaaksara.or.id/index.php/terpadu/article/view/93