Pengaruh Pendekatan Inculcation Approach terhadap Karakter Siswa Sekolah Dasar
Keywords:
Inculcation Approach, Karakter, Sekolah DasarAbstract
Studi ini dilakukan untuk mengetahui dampak besar dari pendekatan Inculcation terhadap perkembangan karakter siswa. Karena menggunakan desain pre-test dan post-test dengan kelompok kontrol, metode yang digunakan adalah kuantitatif dan menggunakan angka. Sebanyak 54 siswa di kelas V SD Swasta PAB 27 Tanjung Mulia, terdiri dari 27 siswa kelas V-A dan 27 siswa kelas V-B, adalah subjek penelitian. Dalam pelaksanaannya, kelas V-A ditetapkan sebagai kelompok eksperimen yang mendapatkan perlakuan Inculcation Approach, dan kelas V-B ditetapkan sebagai kelompok kontrol yang menggunakan pendekatan Direct Instruction. Selanjutnya, analisis statistik dilakukan pada data yang terkumpul. Ini termasuk uji normalitas, homogenitas, dan uji-t sampel independen, baik sebelum maupun sesudah perlakuan. Hipotesis nol (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima, menurut hasil perhitungan, dengan nilai signifikansi 0,000 kurang dari 0,05. Akibatnya, dapat disimpulkan bahwa pendekatan Inculcation berdampak positif pada karakter siswa.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Auliya Wulandari

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.