Pengaruh Pendekatan Inculcation Approach terhadap Karakter Siswa Sekolah Dasar

Authors

  • Auliya Wulandari Sekolah Tinggi Keguruan dan ilmu Pendidikan Amal Bakti

Keywords:

Inculcation Approach, Karakter, Sekolah Dasar

Abstract

Studi ini dilakukan untuk mengetahui dampak besar dari pendekatan Inculcation terhadap perkembangan karakter siswa. Karena menggunakan desain pre-test dan post-test dengan kelompok kontrol, metode yang digunakan adalah kuantitatif dan menggunakan angka. Sebanyak 54 siswa di kelas V SD Swasta PAB 27 Tanjung Mulia, terdiri dari 27 siswa kelas V-A dan 27 siswa kelas V-B, adalah subjek penelitian. Dalam pelaksanaannya, kelas V-A ditetapkan sebagai kelompok eksperimen yang mendapatkan perlakuan Inculcation Approach, dan kelas V-B ditetapkan sebagai kelompok kontrol yang menggunakan pendekatan Direct Instruction. Selanjutnya, analisis statistik dilakukan pada data yang terkumpul. Ini termasuk uji normalitas, homogenitas, dan uji-t sampel independen, baik sebelum maupun sesudah perlakuan. Hipotesis nol (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima, menurut hasil perhitungan, dengan nilai signifikansi 0,000 kurang dari 0,05. Akibatnya, dapat disimpulkan bahwa pendekatan Inculcation berdampak positif pada karakter siswa.

Downloads

Published

2025-10-15

How to Cite

Wulandari, A. (2025). Pengaruh Pendekatan Inculcation Approach terhadap Karakter Siswa Sekolah Dasar. TERPADU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 4(1), 684–693. Retrieved from https://pelitaaksara.or.id/index.php/terpadu/article/view/91