Pengaruh Model Project Based Learning terhadap Minat Belajar Pendidikan Pancasila Siswa Kelas IV SD Negeri 101786 Helvetia

Authors

  • Widya Titi Sari Supra Sekolah Tinggi Keguruan dan ilmu Pendidikan Amal Bakti

Keywords:

Project Based Learning, minat belajar, Pendidikan Pancasila, siswa sekolah dasar

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh model Project Based Learning (PjBL) terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila kelas IV SD Negeri 101786 Helvetia. Latar belakang penelitian adalah rendahnya minat belajar siswa yang terlihat dari hasil UAS yang belum mencapai KKM serta dominannya metode ceramah sehingga pembelajaran kurang menarik. PjBL dipilih karena memberi pengalaman belajar nyata melalui proyek yang relevan dengan kehidupan sehari-hari, sehingga dapat menumbuhkan motivasi, kreativitas, dan keterlibatan siswa. Metode penelitian menggunakan eksperimen dengan desain post-test only control group. Sampel terdiri dari 42 siswa, yaitu 21 siswa kelas eksperimen dengan PjBL dan 21 siswa kelas kontrol dengan Direct Instruction. Instrumen penelitian berupa angket minat belajar yang mencakup indikator perasaan senang, ketertarikan, perhatian, dan keterlibatan siswa. Analisis data dilakukan menggunakan uji t-test dengan bantuan SPSS.Hasil penelitian menunjukkan rata-rata minat belajar siswa yang diajar dengan PjBL (88,90) lebih tinggi dibandingkan dengan Direct Instruction (81,33). Nilai signifikansi 0,031 < 0,05 membuktikan adanya perbedaan signifikan. Dengan demikian, penerapan PjBL berpengaruh positif terhadap peningkatan minat belajar siswa.

References

Anwar, M., Fitriana, D., & Lubis, R. (2020). Hubungan minat belajar dengan hasil belajar siswa sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 5(2), 112–121. https://doi.org/10.31004/jpdn.v5i2.112

Astuti, R., Suryana, H., & Ramadhani, D. (2020). Implementasi model Project Based Learning dalam meningkatkan keterlibatan siswa sekolah dasar. Jurnal Inovasi Pembelajaran Dasar, 8(1), 45–56. https://doi.org/10.23917/jipdas.v8i1.1456

Fauzi, A., & Sari, D. N. (2023). Project Based Learning dalam pembelajaran abad 21 di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Kreatif, 11(1), 22–33. https://doi.org/10.31219/osf.io/pjbl2023

Fitriani, L., & Nanda, R. (2020). Pembelajaran bermakna melalui pendekatan konstruktivistik dan Project Based Learning di sekolah dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 7(2), 134–144. https://doi.org/10.23887/jipd.v7i2.21240

Handayani, M. (2023). Integrasi model Project Based Learning dalam implementasi Kurikulum Merdeka di SD. Jurnal Cakrawala Pendidikan Dasar, 9(2), 78–91. https://doi.org/10.15294/cpd.v9i2.6372

Hasibuan, A. M., Fatmawati, F., Pulungan, S. A., Wanhar, F. A., & Yusrizal, Y. (2021). Meningkatkan Minat Belajar Matematika Siswa dengan Menggunakan Metode Snowball Throwing pada Siswa Kelas VI SD Swasta PAB 15 Klambir Lima. ESJ (Elementary School Journal), 11(2), 197–188.

Lestari, W., & Widodo, A. (2021). Pengaruh Project Based Learning terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa SD. Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 6(1), 55–67. https://doi.org/10.17509/jpdi.v6i1.34125

Nurhadi, S., & Hartono, Y. (2019). Kelemahan pembelajaran langsung terhadap motivasi belajar siswa sekolah dasar. Jurnal Evaluasi Pendidikan, 10(2), 103–114. https://doi.org/10.24036/jep.v10i2.2854

Putri, R. M., & Harahap, L. (2022). Efektivitas model Project Based Learning dalam meningkatkan motivasi dan minat belajar siswa sekolah dasar. Jurnal Inovasi Pendidikan, 12(3), 189–200. https://doi.org/10.36709/jip.v12i3.5401

Rahmawati, D., & Prasetyo, A. (2021). Kelemahan pembelajaran konvensional terhadap minat belajar siswa sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 6(1), 25–36. https://doi.org/10.31004/jpdn.v6i1.145

Rini, W., & Syahputra, M. (2022). Kolaborasi dalam Project Based Learning sebagai upaya membangun karakter gotong royong siswa SD. Jurnal Pendidikan Karakter, 13(1), 101–115. https://doi.org/10.21831/jpk.v13i1.49351

Setyawan, D., & Fadillah, A. (2021). Internalisasi nilai-nilai Pancasila melalui model pembelajaran berbasis proyek di sekolah dasar. Jurnal Moral dan Kewarganegaraan, 10(2), 87–98. https://doi.org/10.21831/jmk.v10i2.45190

Sulastri, N., & Wulandari, F. (2022). Peran Pendidikan Pancasila dalam membentuk karakter siswa sekolah dasar di era digital. Jurnal Pendidikan Karakter Bangsa, 8(2), 76–88. https://doi.org/10.32585/jpkb.v8i2.518

Wahyuni, T., Nugroho, P., & Maulana, A. (2020). Penerapan Project Based Learning untuk meningkatkan motivasi belajar siswa sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 11(3), 221–232. https://doi.org/10.17977/jpd.v11i3.14897

Yusrizal, Y., & Pulungan, S. A. (2021a). Pengaruh Model Project Based Learning dengan Metode Visit Home dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa di Era Covid-19. ESJ (Elementary School Journal), 11(3), 222–229.

Yusrizal, Y., & Pulungan, S. A. (2021b). The Effect of Project Based Learning Model on Student Mathematics Learning Outcomes in the Covid-19 Pandemic Era. Budapest International Research and Critics Institute-Journal (BIRCI-Journal), 4(4), 7810–7816.

Yusrizal, Y., Hajar, I., & Tanjung, S. (2019). Analysis of Elementary School Teachers’ Ability in Using ICT Media and Its Impact on the Interest to Learn of Students in Banda Aceh. Budapest International Research and Critics in Linguistics and Education (BirLE) Journal, 2(3), 45–57.

Yusrizal, Y., Syuhada, I. J., Simamora, M. Y., Amanda, M., & Fatmawati, F. (2024). Meningkatkan Minat Baca Siswa Sekolah Dasar Melalui Belajar Bersama Masyarakat Desa Bakaran Batu. Communnity Development Journal, 5(6), 12686–12692.

Downloads

Published

2025-10-14

How to Cite

Supra, W. T. S. (2025). Pengaruh Model Project Based Learning terhadap Minat Belajar Pendidikan Pancasila Siswa Kelas IV SD Negeri 101786 Helvetia. TERPADU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 4(1), 644–653. Retrieved from https://pelitaaksara.or.id/index.php/terpadu/article/view/87