Pengaruh Media Pembelajaran Flash Card terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Sekolah Dasar
Keywords:
flash card, media pembelajaran, membaca permulaan, sekolah dasarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran flash card terhadap kemampuan membaca permulaan siswa kelas I SD Swasta PAB 5 Klumpang. Membaca permulaan merupakan keterampilan dasar yang krusial dalam tahap awal pembelajaran literasi, sehingga memerlukan strategi pembelajaran yang inovatif dan sesuai dengan karakteristik siswa usia dini. Media flash card dipilih karena bersifat visual, interaktif, dan mampu meningkatkan minat serta keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu (quasi experiment) dengan desain post-test only control group. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas, yaitu kelas eksperimen yang diberi perlakuan menggunakan media flash card dan kelas kontrol yang menggunakan metode pembelajaran konvensional. Instrumen penelitian berupa lembar observasi untuk mengukur kemampuan membaca permulaan siswa yang mencakup aspek pengenalan huruf, menyebutkan gambar, menyusun kalimat sederhana, dan menyampaikan pendapat. Analisis data menggunakan uji-t independen menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kedua kelompok, dengan rata-rata kemampuan membaca permulaan siswa pada kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol (mean difference = 7,40; sig. 0,004 < 0,05). Hasil penelitian ini membuktikan bahwa penggunaan media flash card efektif dalam meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa kelas I SD Swasta PAB 5 Klumpang.
References
Adi W. Gunawan. 2016. Genius Learning Strategy. PT. Gramedia. Jakarta.
Amstrong. 2013. The art of HRD: Strategic Human Resource Management a Guide to Action Manajemen Sumber Daya Manusia Strategik Panduan Praktis untuk bertindak, alih bahasa oleh Ati cahayani. Jakarta: PT Gramedia.
Arisna, N., & Yusrizal, Y. (2025). Pengaruh Media Permainan Congkak dan Kecerdasan Emosional terhadap Kemampuan Berhitung Siswa Kelas III SD. TERPADU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 3(2), 572–580.
Armstrong, Thomas. 2013. Kecerdasan Multifel di Dalam Kelas. Edisi Ketiga. Diterjemahkan oleh Widya Prabaningrum, Dyah. Jakarta: Permata Puri Media.
Azizan Nashran, 2018. Pengaruh Pembelajaran Problem Based Learning Dan Kecerdasan Interpersonal Terhadap Kemampuan membaca permulaan siswa Di Kelas VII SMP Muhammadiyah 07 Medan Perjuangan. Tesis. Program Pascasarjana Universitas Negeri Medan.
Azyuinardi Azra. 2015. Pendidikan Kewarganegaraan (Civic Education): Demokrasi, Hak Asasi Manusia dan Mayarakat Madani. Jakarta: Prenada Kencana
Barkley, E. E., Cross, K. P., & Major, C. H. 2012. Collaborative Learning Techniques: Teknik-Teknik Pembelajaran Kolaboratif. Bandung: Nusa Media.
Campbell, J.D. and Picknell, J.V.R., 2016, Uptime, Strategy for Excellence in Maintenance management, 2nd ed. New York: Productivity Press
Cogan, JJ. 2011. Developing the Civic Society: The Role Of Civic Education. Bandung: CICED.
Da’i. 2017. Peningkatan Pembelajaran PKn Melalui Penerapan Strategi Pembelajaran Kolaborasi Pada Siswa Kelas V SDN Ngasin Tahun Pelajaran 2016/2017. Didaktis: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan. 17(1).
Fatmawati, F., & Yusrizal, Y. (2021). Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Alam dan Gaya Belajar terhadap Hasil Belajar IPA Siswa di Era Pandemi Covid-19. ESJ (Elementary School Journal), 11(3), 275–283.
Fatmawati, F., Wulandari, A., Miranda, A., Amelia Putri, A., Davi Fatdilah, M., Martan, A., Sri Handayani, F., Agustine, M., Marsanda, S., & Yusrizal, Y. (2025). Pelatihan Keterampilan Membaca, Menulis dan Berhitung Melalui Program Literasi Numerasi dengan Memanfaatkan Limbah Sampah Di Desa Tebing Tanjung Selamat. Educivilia: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 6(1), 69–83. https://doi.org/10.30997/ejpm.v6i1.16368
Fatmawati, F., Yusrizal, Y., & Pulungan, S. A. (2022). Pelatihan Penggunaan Google Classroom Sebagai Media Pembelajaran di SD Swasta PAB 15. Empowerment: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(5), 705–711. https://doi.org/10.55983/empjcs.v1i5.250
Utami, R. D., Calam, A., & Yusrizal, Y. (2025). Pengembangan Media Pembelajaran Game Tebak Gambar Berbasis Canva untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Keragaman Suku Bangsa dan Agama Kelas IV SD Negeri 058107 Sei Dendang. JUPERAN: Jurnal Penedidikan Dan Pembelajaran, 4(2), 888–909.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Rizky Handayani, Fira Astika Wanhar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.