Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Sosial terhadap Kemampuan Literasi Sosial Siswa Sekolah Dasar

Authors

  • Shelly Heriani Sekolah Tinggi Keguruan dan ilmu Pendidikan Amal Bakti

Keywords:

inkuiri sosial, literasi sosial, pembelajaran IPS, sekolah dasar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran Inkuiri Sosial terhadap kemampuan literasi sosial siswa sekolah dasar. Latar belakang penelitian ini berangkat dari rendahnya literasi sosial siswa yang ditandai oleh kesulitan memahami teks sosial, mengaitkan informasi dengan konteks kehidupan nyata, serta rendahnya partisipasi dalam diskusi sosial. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode quasi eksperimen. Sampel penelitian adalah 54 siswa kelas IV SD Negeri 056005 Gohor Lama yang dibagi menjadi dua kelompok, yaitu kelas eksperimen yang diajar dengan model pembelajaran Inkuiri Sosial dan kelas kontrol yang diajar dengan model pembelajaran konvensional. Data dikumpulkan melalui tes dan angket literasi sosial, kemudian dianalisis menggunakan uji independent sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan signifikan antara kedua kelompok. Siswa yang diajar dengan model Inkuiri Sosial memperoleh rata-rata nilai literasi sosial sebesar 86,85, sedangkan kelompok konvensional sebesar 78,52. Hal ini menunjukkan bahwa model pembelajaran Inkuiri Sosial berpengaruh positif dan signifikan terhadap peningkatan kemampuan literasi sosial siswa. Penelitian ini merekomendasikan penerapan model Inkuiri Sosial sebagai alternatif pembelajaran inovatif untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan partisipasi sosial siswa sekolah dasar.

Author Biography

Shelly Heriani, Sekolah Tinggi Keguruan dan ilmu Pendidikan Amal Bakti

 

 

References

Fatmawati, F., Wulandari, A., Miranda, A., Amelia Putri, A., Davi Fatdilah, M., Martan, A., Sri Handayani, F., Agustine, M., Marsanda, S., & Yusrizal, Y. (2025). Pelatihan Keterampilan Membaca, Menulis dan Berhitung Melalui Program Literasi Numerasi dengan Memanfaatkan Limbah Sampah Di Desa Tebing Tanjung Selamat. Educivilia: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 6(1), 69–83. https://doi.org/10.30997/ejpm.v6i1.16368

Fatmawati, F., & Yusrizal, Y. (2022). Pengaruh Teknologi dan Literasi terhadap Komunikasi Siswa Sekolah Dasar. Journal on Teacher Education, 3(3), 581–585.

Frans, S. A., Ani, Y., & Wijaya, Y. A. (2023). Kemampuan membaca pemahaman siswa sekolah dasar. Diligentia: Journal of Theology and Christian Education, 5(1), 54–68. https://doi.org/10.19166/dil.v5i1.6567

Handayani, N., & Hidayat, F. (2019). Hubungan kemandirian terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran matematika di kelas X SMK Kota Cimahi. Journal on Education, 1(2), 1–8. https://jonedu.org/index.php/joe/article/view/16/10

Hewi, L., & Shaleh, M. (2020). Refleksi hasil PISA (Programme for International Student Assessment): Upaya perbaikan bertumpu pada pendidikan anak usia dini. Jurnal Golden Age, 4(1), 30–41. https://doi.org/10.29408/jga.v4i01.2018

Larasati, I., Joharman, J., & Salimi, M. (2020). Hubungan kemandirian belajar dan hasil belajar matematika siswa sekolah dasar di Kecamatan Buluspesantren. EduBasic Journal: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(2), 125–135. https://doi.org/10.17509/ebj.v2i2.26999

Magdalena, Y., Sitorus, P. J., & Simanjuntak, H. (2022). Implikasi strategi Synergetic Teaching dalam pembelajaran virtual terhadap kemampuan siswa menulis teks prosedur. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(9), 3499–3502. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i9.875

Mujahidah. (2019). Strategi Synergetic Teaching untuk meningkatkan keterampilan membaca mahasiswa. Kuriositas, 2(8), 1–18.

Pratama, A. (2020). Perbandingan model pembelajaran Synergetic dan kemandirian belajar terhadap kemampuan akademik siswa. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 22(3), 201–214. https://doi.org/10.2345/jpp.2020.67890

Rizki, L. (2022). Kemandirian belajar dan hasil belajar literasi di sekolah dasar. Jurnal Literasi Pendidikan, 17(2), 78–90. https://doi.org/10.4567/jlp.2022.23456

Sampe, M., Koro, M., & Tunliu, E. V. (2023). Faktor-faktor yang mempengaruhi rendahnya kemampuan membaca pemahaman pada siswa sekolah dasar. Journal of Character and Elementary Education, 1(3), 47–56. https://doi.org/10.35508/jocee.v1i3.11859

Sari, D. (2021). Efektivitas model pembelajaran Synergetic Teaching dalam meningkatkan keterampilan membaca di sekolah dasar. Jurnal Edukasi, 14(4), 321–334. https://doi.org/10.3456/je.2021.12345

Wulandari, R. (2019). Pengaruh model pembelajaran Synergetic Teaching terhadap kemampuan membaca siswa sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 15(2), 123–135. https://doi.org/10.1234/jpd.2019.56789

Downloads

Published

2025-10-14

How to Cite

Heriani, S. (2025). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Sosial terhadap Kemampuan Literasi Sosial Siswa Sekolah Dasar. TERPADU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 4(1), 619–627. Retrieved from https://pelitaaksara.or.id/index.php/terpadu/article/view/84