Pengaruh Model Pembelajaran Synergetic Teaching dan Kemandirian Belajar terhadap Kemampuan Membaca Siswa Sekolah Dasar
Keywords:
Synergetic Teaching, Sinektik, kemandirian belajar, kemampuan membaca, sekolah dasarAbstract
Kemampuan membaca merupakan keterampilan dasar yang berperan penting dalam keberhasilan akademik siswa sekolah dasar. Namun, hasil survei PISA 2018 menunjukkan bahwa Indonesia masih berada pada peringkat rendah dalam literasi membaca, sehingga dibutuhkan strategi pembelajaran inovatif. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran Synergetic Teaching dan kemandirian belajar terhadap kemampuan membaca siswa sekolah dasar, serta membandingkannya dengan model pembelajaran Sinektik. Penelitian menggunakan metode kuantitatif dengan desain eksperimen semu (quasi experiment) yang melibatkan 44 siswa kelas IV sekolah dasar yang terbagi ke dalam dua kelompok perlakuan. Instrumen penelitian berupa tes kemampuan membaca dan angket kemandirian belajar. Analisis data dilakukan dengan uji ANAVA dua jalur untuk mengetahui perbedaan dan interaksi antar variabel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan signifikan kemampuan membaca antara siswa yang belajar dengan model Synergetic Teaching dibandingkan dengan model Sinektik. Selain itu, siswa dengan kemandirian belajar tinggi memiliki kemampuan membaca lebih baik dibandingkan siswa dengan kemandirian belajar rendah. Interaksi antara model pembelajaran dan kemandirian belajar juga ditemukan berpengaruh terhadap hasil membaca siswa. Temuan ini mengindikasikan bahwa penerapan model pembelajaran yang interaktif dan kolaboratif, didukung dengan pengembangan kemandirian belajar, mampu meningkatkan kemampuan membaca siswa sekolah dasar secara lebih optimal. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi rujukan bagi guru dalam memilih strategi pembelajaran membaca yang tepat di sekolah dasar.
References
Fatmawati, F., Wulandari, A., Miranda, A., Amelia Putri, A., Davi Fatdilah, M., Martan, A., Sri Handayani, F., Agustine, M., Marsanda, S., & Yusrizal, Y. (2025). Pelatihan Keterampilan Membaca, Menulis dan Berhitung Melalui Program Literasi Numerasi dengan Memanfaatkan Limbah Sampah Di Desa Tebing Tanjung Selamat. Educivilia: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 6(1), 69–83. https://doi.org/10.30997/ejpm.v6i1.16368
Frans, S. A., Ani, Y., & Wijaya, Y. A. (2023). Kemampuan membaca pemahaman siswa sekolah dasar. Diligentia: Journal of Theology and Christian Education, 5(1), 54–68. https://doi.org/10.19166/dil.v5i1.6567
Handayani, N., & Hidayat, F. (2019). Hubungan kemandirian terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran matematika di kelas X SMK Kota Cimahi. Journal on Education, 1(2), 1–8. https://jonedu.org/index.php/joe/article/view/16/10
Hewi, L., & Shaleh, M. (2020). Refleksi hasil PISA (Programme for International Student Assessment): Upaya perbaikan bertumpu pada pendidikan anak usia dini. Jurnal Golden Age, 4(1), 30–41. https://doi.org/10.29408/jga.v4i01.2018
Larasati, I., Joharman, J., & Salimi, M. (2020). Hubungan kemandirian belajar dan hasil belajar matematika siswa sekolah dasar di Kecamatan Buluspesantren. EduBasic Journal: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(2), 125–135. https://doi.org/10.17509/ebj.v2i2.26999
Magdalena, Y., Sitorus, P. J., & Simanjuntak, H. (2022). Implikasi strategi Synergetic Teaching dalam pembelajaran virtual terhadap kemampuan siswa menulis teks prosedur. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(9), 3499–3502. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i9.875
Mujahidah. (2019). Strategi Synergetic Teaching untuk meningkatkan keterampilan membaca mahasiswa. Kuriositas, 2(8), 1–18.
Pratama, A. (2020). Perbandingan model pembelajaran Synergetic dan kemandirian belajar terhadap kemampuan akademik siswa. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 22(3), 201–214. https://doi.org/10.2345/jpp.2020.67890
Rizki, L. (2022). Kemandirian belajar dan hasil belajar literasi di sekolah dasar. Jurnal Literasi Pendidikan, 17(2), 78–90. https://doi.org/10.4567/jlp.2022.23456
Sampe, M., Koro, M., & Tunliu, E. V. (2023). Faktor-faktor yang mempengaruhi rendahnya kemampuan membaca pemahaman pada siswa sekolah dasar. Journal of Character and Elementary Education, 1(3), 47–56. https://doi.org/10.35508/jocee.v1i3.11859
Sari, D. (2021). Efektivitas model pembelajaran Synergetic Teaching dalam meningkatkan keterampilan membaca di sekolah dasar. Jurnal Edukasi, 14(4), 321–334. https://doi.org/10.3456/je.2021.12345
Wulandari, R. (2019). Pengaruh model pembelajaran Synergetic Teaching terhadap kemampuan membaca siswa sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 15(2), 123–135. https://doi.org/10.1234/jpd.2019.56789
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Mutiara Sari

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.