Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Digital Berbasis Video Animasi terhadap Minat Belajar Siswa Sekolah Dasar
Keywords:
Media Pembelajaran Digital, Video Animasi, Minat Belajar, IPAS, Sekolah DasarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk memberikan wawasan tentang pengaruh bahan ajar digital berbasis animasi video terhadap motivasi belajar siswa kelas IV IPAS di SD Swasta PAB 27 Medan. Kesimpulan dari penelitian ini didasarkan pada fakta bahwa siswa di kelas IPAS memiliki dasar teori yang kuat dan termotivasi untuk belajar jika tidak terpapar pada bahan ajar yang merangsang. Metode yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan desain kuasi-eksperimen menggunakan pretest-posttest dengan kelompok kontrol. Sampel terdiri dari 64 siswa, dibagi menjadi dua kelompok, kelompok eksperimen dan kelompok kontrol, masing-masing terdiri dari 32 siswa. Instrumen penelitian berfungsi sebagai alat bantu belajar bagi siswa. Teknik analisis data menggunakan uji-t Sampel Independen. hasil uji t-Sampel Independen menunjukkan perbedaan yang signifikan dalam pembelajaran antara kelompok eksperimen dan kontrol, dengan tingkat signifikansi 0,0000 < 0,05. Oleh karena itu, dapat dikatakan bahwa bahan ajar digital berbasis animasi video memiliki dampak positif dan signifikan terhadap motivasi belajar siswa. Sebagai hasilnya, penggunaan media digital yang efektif dilakukan secara lebih menyeluruh sebagai bahan ajar yang efektif dan menarik bagi siswa
References
Camerling, Y. F., Lauled, M. C., & Eunike, S. C. (2020). Gereja Bermisi Melalui Media Digital Di Era Revolusi Industri 4.0. Visio Dei: Jurnal Teologi Kristen, 2(1), 1–22. https://doi.org/10.35909/visiodei.v2i1.68
Durrotunnisa, & Nur, H. R. (2020). Jurnal basicedu. Jurnal Basicedu,. Jurnal Basicedu, 5(5), 3(2), 524–532.
Fatmawati, F., & Yusrizal, Y. (2021). Analysis of the Utilization of Nature as a Learning Media in the Covid-19 Pandemic Era. Budapest International Research and Critics Institute-Journal (BIRCI-Journal), 4(4), 8150–8154.
Fatmawati, F., & Yusrizal, Y. (2025). Literature Study: The Impact of Social Media on the Behavior of Grade IV Elementary School Students. Proceedings of the 2nd International Conference on Education, Science Technology and Health, 1122–1133.
Fatmawati, F., Yusrizal, Y., & Hasibuan, A. M. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Android untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa. ESJ (Elementary School Journal), 11(2), 134–143.
Heryani, A., Pebriyanti, N., Rustini, T., & Wahyuningsih, Y. (2022). Peran Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Dalam Meningkatkan Literasi Digital Pada Pembelajaran Ips Di Sd Kelas Tinggi. Jurnal Pendidikan, 31(1), 17. https://doi.org/10.32585/jp.v31i1.1977
Islamiah, I. D. (2019). Pengaruh Minat Belajar Siswa terhadap prestasi Belajar Matematika di SMKN 1 Cihampelas. Journal On Education, 01(02), 451–457.
Isnaini, S. N., Firman, F., & Desyandri, D. (2023). Penggunaan Media Video Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Matematika Siswa Di Sekolah Dasar. Alpen: Jurnal Pendidikan Dasar, 7(1), 42–51. https://doi.org/10.24929/alpen.v7i1.183
Juniati, N. W., & Widiana, I. W. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa. Journal of Education Action Research, 1(2), 122. https://doi.org/10.23887/jear.v1i2.12045
Kurniati, B., & Hardjono, N. (2019). Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar Muatan IPA Melalui Model Pembelajaran Snowball Throwing Siswa Kelas 4 Sekolah Dasar. Jurnal Pendiidikan Tambusai, 3, 371–376.
Nur Alifah, H., Virgianti, U., Imam Zamah Sarin, M., Amirul Hasan, D., Fakhriyah, F., Aditia Ismaya, E., Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, P., Muria Kudus Alamat, U., Lkr Utara, J., Kulon, K., Bae, K., & Kudus, K. (2023). Systematic Literature Review: Pengaruh Media Pembelajaran Digital pada Pembelajaran Tematik Terhadap Hasil Belajar Siswa SD. Jurnal Ilmiah Dan Karya Mahasiswa, 1(3), 103–115.
Prihatini, E. (2017). Pengaruh Metode Pembelajaran Dan Minat. Formatif : Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 7(2), 171–179.
Putra, R. A., Hadiyanto, H., & Zikri, A. (2020). Pengaruh Model Snowball Throwing terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(2), 426–433. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i2.377
Safitri, A. O., Handayani, P. A., & Rustini, T. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Video untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran IPS di SD. Journal on Education, 5(1), 919–932. https://doi.org/10.31004/joe.v5i1.672
Seppewali, A., & Damma, D. (2023). Literasi Digital Melalui Pemanfaatan Media Pembelajaran Interaktif Untuk Siswa Sd Inpres Cambaya 3 Kota Makassar. Swadimas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(01), 61–68. https://doi.org/10.56486/swadimas.vol1no01.300
Utami, R. D., Calam, A., & Yusrizal, Y. (2025). Pengembangan Media Pembelajaran Game Tebak Gambar Berbasis Canva untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Keragaman Suku Bangsa dan Agama Kelas IV SD Negeri 058107 Sei Dendang. JUPERAN: Jurnal Penedidikan Dan Pembelajaran, 4(2), 888–909.
Yusrizal, Y., & Fatmawati, F. (2021). Pelatihan Penggunaan Media Daring sebagai Alternatif Pembelajaran Era Pandemi. Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia, 1(6), 297–301.
Yusrizal, Y., Hajar, I., & Tanjung, S. (2019). Analysis of Elementary School Teachers’ Ability in Using ICT Media and Its Impact on the Interest to Learn of Students in Banda Aceh. Budapest International Research and Critics in Linguistics and Education (BirLE) Journal, 2(3), 45–57.
Yusrizal, Y., Safiah, I., & Nurhaidah, N. (2017). Kompetensi Guru Dalam Memanfaatkan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Dan Komunikasi (Tik) Di Sd Negeri 16 Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(2), 126–134.
Yusrizal, Y., Syuhada, I. J., Simamora, M. Y., Amanda, M., & Fatmawati, F. (2024). Meningkatkan Minat Baca Siswa Sekolah Dasar Melalui Belajar Bersama Masyarakat Desa Bakaran Batu. Communnity Development Journal, 5(6), 12686–12692.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Fitri Sri Handayani, Tumiyem Tumiyem

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.