Pengaruh Penggunaan Media Kartu Truth or Dare terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa dalam Menulis Puisi Bebas
Keywords:
media kartu truth or dare, berpikir kreatif, menulis puisi bebasAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media kartu Truth or Dare terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa dalam menulis puisi bebas di kelas V SD Swasta PAB 5 Klumpang. Latar belakang penelitian ini didasari oleh rendahnya motivasi dan kreativitas siswa dalam menulis puisi akibat metode pembelajaran yang masih monoton dan kurang variatif. Media kartu Truth or Dare dipilih karena dinilai mampu menciptakan suasana belajar yang menyenangkan, interaktif, sekaligus menantang. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan desain pretest-posttest control group design. Populasi penelitian berjumlah 50 siswa kelas V yang terbagi dalam dua kelas, yakni kelas V-A sebagai kelompok eksperimen (menggunakan media kartu Truth or Dare) dan kelas V-B sebagai kelompok kontrol (menggunakan media audio visual). Instrumen penelitian berupa tes uraian yang disusun berdasarkan indikator berpikir kreatif meliputi kelancaran, fleksibilitas, orisinalitas, dan elaborasi. Data dianalisis menggunakan uji-t setelah melalui uji normalitas dan homogenitas. Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan signifikan kemampuan berpikir kreatif antara siswa yang diajar menggunakan media kartu Truth or Dare dengan siswa yang diajar menggunakan media audio visual. Rata-rata nilai post-test kelompok eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelompok kontrol. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan media kartu Truth or Dare berpengaruh positif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa dalam menulis puisi bebas.
References
Baer, iJ., i& iMcKool, iS. iS. i(2019). iAssessing icreativity iusing ithe iconsensual iassessment itechnique. iIn iHandbook iof iresearch ion iassessment itechnologies, imethods, iand iapplications iin ihigher ieducation i(pp. i65–77). iIGI iGlobal.
Beaty, iR. iE., iKenett, iY. iN., iChristensen, iA. iP., iRosenberg, iM. iD., iBenedek, iM., iChen, iQ., iFink, iA., iQiu, iJ., iKwapil, iT. iR., i& iKane, iM. iJ. i(2018). iRobust iprediction iof iindividual icreative iability ifrom ibrain ifunctional iconnectivity. iProceedings iof ithe iNational iAcademy iof iSciences, i115(5), i1087–1092.
Bonwell, iC. iC., i& iEison, iJ. iA. i(2020). iActive ilearning: iCreating iexcitement iin ithe iclassroom. i1991 iASHE-ERIC ihigher ieducation ireports. iERIC.
Chen, iP.-Y., iHwang, iG.-J., iYeh, iS.-Y., iChen, iY.-T., iChen, iT.-W., i& iChien, iC.-H. i(2021). iThree idecades iof igame-based ilearning iin iscience iand imathematics ieducation: ian iintegrated ibibliometric ianalysis iand isystematic ireview. iJournal iof iComputers iin iEducation, i1–22.
Davies, iD., iJindal-Snape, iD., iCollier, iC., iDigby, iR., iHay, iP., i& iHowe, iA. i(2021). iCreative ilearning ienvironments iin ieducation—A isystematic iliterature ireview. iThinking iSkills iand iCreativity, i8, i80–91.
Dick, iW., iCarey, iL., i& iCarey, iJ. iO. i(2021). iThe isystematic idesign iof iinstruction i(5th). iNew iYork: iLongmann.
Fanny, iC. iD. iA., i& iSakti, iN. iC. i(2021). iPengembangan imedia ipembelajaran ipermainan i"Truth ior iDare" iuntuk imeningkatkan ihasil ibelajar isiswa. iJurnal iPendidikan iEkonomi,9(2),112-120.
https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJL/article/download/38995/21133/111672
Fatmawati, F., & Yusrizal, Y. (2021). Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Alam dan Gaya Belajar terhadap Hasil Belajar IPA Siswa di Era Pandemi Covid-19. ESJ (Elementary School Journal), 11(3), 275–283.
Gonen, iE. i(2020). iTim ibrown, ichange iby idesign: ihow idesign ithinking itransforms iorganizations iand iinspires iinnovation i(2009). iMarkets, iGlobalization i& iDevelopment iReview, i4(2).
Henriksen, iD., iMishra, iP., i& iFisser, iP. i(2019). iInfusing icreativity iand itechnology iin i21st icentury ieducation: iA isystemic iview ifor ichange. iJournal iof iEducational iTechnology i& iSociety, i19(3), i27–37.
Kapp, iK. iM. i(2022). iThe igamification iof ilearning iand iinstruction: iGame-based imethods iand istrategies ifor itraining iand ieducation. iPfeiffer
Yusrizal, Y., & Fatmawati, F. (2021). Pelatihan Penggunaan Media Daring sebagai Alternatif Pembelajaran Era Pandemi. Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia, 1(6), 297–301.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Selvi Diana Putri, Ainul Marhamah Hasibuan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.