Pengaruh Model Bermain Peran terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Kelas III SD Negeri 050671 Kp. Gohor
Keywords:
bermain peran, kemampuan berpikir kreatif, pembelajaran konvensionalAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model bermain peran terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa kelas III SD Negeri 050671 Kp. Gohor. Latar belakang penelitian didasarkan pada rendahnya kemampuan berpikir kreatif siswa yang masih ditandai dengan kurangnya variasi ide, minimnya inisiatif, serta dominasi pembelajaran konvensional di kelas. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi experimental dengan desain Pretest-Posttest control group. Sampel penelitian terdiri dari 50 siswa, yakni 25 siswa sebagai kelas eksperimen yang diajar menggunakan model bermain peran, dan 25 siswa sebagai kelas kontrol yang diajar menggunakan pembelajaran konvensional. Instrumen penelitian berupa tes uraian sebanyak 10 soal yang disusun berdasarkan indikator kemampuan berpikir kreatif, yaitu kelancaran, keluwesan, keaslian, dan elaborasi. Analisis data dilakukan melalui uji t menggunakan SPSS versi 23. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata kemampuan berpikir kreatif siswa kelas eksperimen lebih tinggi (87,38) dibandingkan kelas kontrol (78,39). Uji hipotesis menunjukkan nilai Fhitung = 23,476 dengan signifikansi 0,000 < 0,05, yang berarti terdapat perbedaan signifikan antara kedua kelompok. Temuan ini membuktikan bahwa model bermain peran efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa sekolah dasar. Dengan demikian, guru disarankan untuk mengintegrasikan model bermain peran dalam pembelajaran agar siswa lebih aktif, kreatif, serta mampu menghasilkan ide-ide orisinal dan solutif sesuai kebutuhan abad 21
References
Apriyanti, C., Nuraeni, F., & Caturiasari, J. (2022). Pengaruh model role playing terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa pada mata pelajaran IPAS di kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar.
Apriyanti, C., Nuraeni, F., & Caturiasari, J. (2022). Pengaruh model role playing terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa pada mata pelajaran IPAS di kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar.
Crayola. (2024). 92% of kids say creativity boosts confidence: Here’s how parents can help. Parents.
Harahap, R. H., & Ritonga, A. (2023). Strategi pembelajaran dalam meningkatkan kreativitas siswa sekolah dasar. International Journal of Students Education, 2(1), 439–446.
Hasanah, A., Eliza, D., Rakimahwati, R., & Yeni, I. (2024). Integrating local cultural heritage into early childhood education through role-playing games: A quasi-experimental study on rendang literacy. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 9(5), 4247–4258. https://doi.org/10.31004/obsesi.v9i5.7062
Hasanah, A., Eliza, D., Rakimahwati, R., & Yeni, I. (2024). Integrating local cultural heritage into early childhood education through role-playing games: A quasi-experimental study on rendang literacy. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 9(5), 4247–4258. https://doi.org/10.31004/obsesi.v9i5.7062
Hasanah, W., Dewanti, S. S., & Listriyah, L. (2022). Role playing as contextual learning to improve mathematical communication skills of madrasah ibtidaiyah students. JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), 10(2), 168–178. https://doi.org/10.22219/jinop.v10i2.34749
Hasanah, W., Dewanti, S. S., & Listriyah, L. (2022). Role playing as contextual learning to improve mathematical communication skills of madrasah ibtidaiyah students. JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), 10(2), 168–178. https://doi.org/10.22219/jinop.v10i2.34749
Hidayah, F. T., Ramadhan, A., & Syahputra, A. (2024). Efforts to increase children’s learning creativity through role playing in Indonesian language learning for fourth grade students at elementary school (050659 Kwala Bingai Neighborhood 9 Stabat). International Journal of Students Education, 1(2), 603–606. https://doi.org/10.62966/ijose.v1i2.550
Hidayah, F. T., Ramadhan, A., & Syahputra, A. (2024). Efforts to increase children’s learning creativity through role playing in Indonesian language learning for fourth grade students at elementary school (050659 Kwala Bingai Neighborhood 9 Stabat). International Journal of Students Education, 1(2), 603–606. https://doi.org/10.62966/ijose.v1i2.550
Leasa, M., Seriholo, M., Wau, M. Y., & Hidayat, M. (2025). The effect of research-based learning on the students’ creative thinking skills. Journal of Turkish Science Education, 22(1), 3187–3198. https://tused.org/index.php/tused/article/view/3187
Melihayatri, S., Miaz, Y., & Desyandri, D. (2025). Penerapan model problem based learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa sekolah dasar. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran Dasar, 6(1), 67–77. Retrieved from https://kpd.ejournal.unri.ac.id/index.php/kpd/article/view/442
Rahayu, S. M. (2024). Improving the quality of PKn learning in primary schools through a role-playing teaching model. International Journal of Students Education, 2(2), 284–288. https://doi.org/10.62966/ijose.vi.781
Rahayu, S. M. (2024). Improving the quality of PKn learning in primary schools through a role-playing teaching model. International Journal of Students Education, 2(2), 284–288. https://doi.org/10.62966/ijose.vi.781
Ramdhani, M. F., Safitri, H., & Wulandari, I. (2023). The effect of project-based learning on students’ creativity in elementary school science. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 9(4), 5054–5065. https://doi.org/10.29303/jppipa.v9i4.5054
Safitri, N., & Wulandari, D. (2023). Project-based learning to improve creativity of elementary school students. Emergent: Journal of Educational Research and Innovation, 1(1), 31–41. https://doi.org/10.51878/emergent.v1i1.31
Sharma, S., & Sharma, S. (2025). Teachers’ perception of creativity in education: A qualitative study. Creativity Studies, 18(1), 17597. https://doi.org/10.3846/cs.2025.17597
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Suci Ramadhani

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.