Pengaruh Model Pembelajaran Game Based Learning terhadap Keterampilan Berkolaborasi Siswa di Kelas IV SDN 015900 Tinggi Raja Tahun Ajaran 2022/2023

Authors

  • Afrida Samosir Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

Keywords:

Model Pembelajaran, Game Based Learning, Keterampilan Kolaborasi

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan berkolaborasi siswa di kelas IV SDN 015900 Tinggi Raja tahun ajaran 2022/2023. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keterampilan berkolaborasi siswa di kelas IV SDN 015900 Tinggi Raja sebelum dan sesudah menggunakan model pembelajaran game based learning. Serta untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran game based learning terhadap keterampilan berkolaborasi siswa di kelas IV SDN 015900 Tinggi Raja. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Adapun metode penelitian yang digunakan adalah penelitian One grub pretest– posttest design, yait design yang tidak menggunakan kelompok kontrol pada saat penelitian. Hasil penelitian menunjukkan keterampilan berkolaborasi siswa sebelum menggunakan model pembelajaran game based learning terlihat dari aktifitas siswa dalam proses belajar mengajar selama proses pembelajaran sangat rendah dimana 12 orang siswa telah memenuhi nilai KKM dan 23 orang siswa belum memenuhi nilai KKM dengan nilai rata–rata 68. Keterampilan berkolaborasi siswa setelah menggunakan model pembelajaran game base learning terlihat dari aktifitas siswa dalam proses belajar mengajar setelah menggunakan model pembelajaran game based learning selama proses pembelajaran sudah meningkat dimana 34 orang siswa telah memenuhi nilai KKM dan 1 orang siswa belum memenuhi nilai KKM dengan nilai rata–rata 73,8. Terdapat pengaruh model pembelajaran gamae based learning terhadap keterampilan berkolaborasi siswa.

References

Abdulsyani. 2016. Sosiologi Skematika, Teori, dan Terapan. Jakarta: Bumi Aksara.

Aini, Firosa Nur. 2018. Pengaruh Game Based Learning Terhadap Minat dan Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Ekonomi. Jurnal Pendidikan Ekonomi 6, no. 3 (2018): 249−255.

Amiruddin. (2019). Pembelajaran Kooperatif dan Kolaboratif. Journal of Education Science,5(1), 24–32. http://jurnal.uui.ac.id/index.php/jes/article/view/357/129

Asyafah, A. (2019). Menimbang Model Pembelajaran (Kajian Teoretis-Kritis atas Model Pembelajaran dalam Pendidikan Islam). TARBAWY : Indonesian Journal of Islamic Education, 6(1), 19–32. https://doi.org/10.17509/t.v6i1.20569

Aulia, S. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Write Around Terhadap Kemampuan Kolaborasi Mata Pelajaran IPS Siswa Kelas V SD N 054914 Kota Lama Tahun Ajaran 2022/2023. 4(1), 88–100.

Azizah, Winda Nurul. 2021. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS) Terhadap Kemampuan Kerjasama Siswa. Skripsi. Cirebon: IAIN Syeikh Nurjati.

Fatmawati, F., & Yusrizal, Y. (2022). Pengaruh Teknologi dan Literasi terhadap Komunikasi Siswa Sekolah Dasar. Journal on Teacher Education, 3(3), 581–585.

Fauziah. 2022. Teori Vygotsky Dan Interdepedensi Sosial Sebagai Landasan Teori Dalam Pelaksanaan Pembelajaran Kooperatif di SD. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar 03, no.2(2022):171–179.

Hikmawan. 2021. Game Based Learning sebagai novasi dan Solusi Percepatan Adaptasi Belajar Pada Masa New Normal. Information Technology and Vocational Education 3, no. 1 (2021): 17−22.

Husain. 2020. Pengaruh Penggunaan Model Project Based Learning Terhadap Keterampilan Kolaborasi Mahasiswa Pendidikan IPA. Jurnal Biology Science And Education 08, no. 1(2019): 2541−1225.

Istarani. (2016). 58 Model Pembelajaran Inovatif (Abdussalam (ed.)). Media Persada.

Kemendikbud. 2013. Pemendikbud No. 65 Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Maya, Fatwa Gustiara D. 2022. Pengaruh Model Pembelajaran Core (Connecting, Organizing, Reflecting, Extending) Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif dan Keterampilan Kolaborasi Siswa Pada Materi Fisika. Skripsi. Bandar Lampung: Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.

Meldhayati. 2018. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kolaborasi. Jurnal Mitra Guru Volume IV, Nomor 3, h. 1−12.

Muhtadillah, Nur Fathin. 2022. Penerapan Model Pembelajaran Game Based Learning Pada Pelajaran PAI Sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Skripsi. Jawa Timur: Institut Agama Islam Negeri Ponorogo.

Nazir, M. (2016). Metode Penelitian ( risman Sikumbang (ed.); 1st ed.). Ghalia

Octavia, 2020. Model−Model Pembelajaran. Yogyakarta: CV. Budi Uatama Indonesia.

Srinivas, H. 2017. What is Collaborative Learning. Virginia: Alexandria.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D (Baru). CV. Alfabeta.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif (Stiyawami (ed.)). CV. Alfabeta.

Sulhan, N. 2016. Karakter Guru Masa Depan Sukses dan Bermartabat. Surabaya: PT. JePe Press Media Utama (Jawa Pos Grup).

Sunarsih, D., & Yulianti, N. (2021). Pengembangan Pembelajaran Matematika Berbasis Active Learning (Andriyanto (ed.)). Lakeisha.

Suyatno. 2017. Menjelajah Pembelajaran Inovatif. Surabaya: Masmedia Buana Pustaka.

Tersiana, A. (2018). Metode Penelitian (S. Adams (ed.); 1st ed.).

Thobroni, M. 2016. Belajar dan Pembelajaran Teori dan Praktik. Yogyakarta: Ar−Ruzz Media.

Trilling, B. and Fadel, C. 2018. 21st Century Skills: Learning for Life in Our Times. San Fransisco: Calif., Jossey-Bass/John Wiley & Sons, Inc.

Ulhusna, M., Putri, S. D., & Zakirman, Z. (2020). Permainan Ludo untuk Meningkatkan Keterampilan Kolaborasi Siswa dalam Pembelajaran Matematika. International Journal of Elementary Education, 4(2), 130. https://doi.org/10.23887/ijee.v4i2.23050

Utami, Dita Widya dan Richardus. 2020. Menyongsong Era Baru Pendidikan. Yogyakarta: CV Andi Ofset.

Zubaidah. 2016. Meningkatkan kemampuan Komunikasi Matematika Siswa Melalui Pembelajaran dalam Kelompok Kecil Berbasis Masalah Secara Klasikal dalam Prosiding Seminar Pendidikan Matematika Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Program Studi Pendidikan Matematika UIN SUSKA Riau: Pekanbaru

Downloads

Published

2023-06-07

How to Cite

Samosir, A. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Game Based Learning terhadap Keterampilan Berkolaborasi Siswa di Kelas IV SDN 015900 Tinggi Raja Tahun Ajaran 2022/2023. TERPADU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 1(2), 48–62. Retrieved from https://pelitaaksara.or.id/index.php/terpadu/article/view/8