Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Lingkungan terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar

Authors

  • Firza Fadillah Siddiq
  • Fatmawati Fatmawati Sekolah Tinggi Keguruan dan ilmu Pendidikan Amal Bakti

Keywords:

Model pembelajaran berbasis lingkungan, Hasil Belajar IPA, Model Konvensional

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar IPA siswa kelas kesantunan berbahasa siswa kelas V SD PAB 4 Manunggal. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan sampel penelitian sebanyak 54 siswa kelas V SD PAB 4 Manunggal. Teknik pengumpulan datanya menggunakan angket pretes dan post test dengan UJi t Test sebagai teknik analisis datanya. Berdasarkan pembahasan yang telah diuraikan sebelumnya, maka dapat ditarik beberapa kesimpulan adalah “terdapat perbedaan hasil belajar IPA siswa yang diajar menggunakan model berbasi lingkungan dibandingkan dengan konvsenional (Fhitung = 7.686 dan
nilai sig. 0,008 > 0,08)

References

Fatahullah, M. M., Pratiwi, A. R., & Rapi, M. (2022). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Lingkungan Terhadap Hasil Belajar IPA Peserta Didik Kelas V. Jurnal Riset Pendidikan Dasar, 5(2), 141–146.

Fatmawati, F., & Yusrizal, Y. (2021). Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Alam dan Gaya Belajar terhadap Hasil Belajar IPA Siswa di Era Pandemi Covid-19. ESJ (Elementary School Journal), 11(3), 275–283.

Fatmawati, F., Yusrizal, Y., Mustadi, A., & Abidin, Y. (2023). Improving Student’s Science Literacy Capabilities Through Utilizing the Natural Environment. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 9(6), 4253–4258. https://doi.org/10.29303/jppipa.v9i6.4145

Fatmawati, & Yusrizal. (2020). Analysis of the Utilization of Nature as a Learning Media in the Covid-19 Pandemic Era. Budapest International Research and Critics Institute (BIRCI-Journal) : Humanities, 4(4), 8150–8154.

Fitria, R., & Dafit, F. (2023). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Lingkungan Terhadap Hasil Belajar IPA Peserta Didik Kelas V SDN 48 Pekanbaru. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), 25575–25583.

Haposan Pasaribu, Lisbet N. Sihombing, & Eva Pasaribu. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Lingkungan terhadap Hasil Belajar Siswa Tentang Pertumbuhan Hewan pada Tema 1 Subtema 3 Kelas 3 SD Percontohan 091317. Tematik: Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar, 1(2), 84–89. https://doi.org/10.57251/tem.v1i2.611

Karim, S., & Nasrianty, N. (2023). Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Lingkungan Sekolah Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V di MIS DDI di Kalukuang.

Muliastrini, N. K. E., & Handayani, N. N. L. (2023). Pengaruh Implementasi Model Pembelajaran Kontekstual Berbasis Lingkungan Terhadap Minat Dan Hasil Belajar IPA Siswa SD. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 8(1), 90–101. https://doi.org/10.25078/aw.v8i1.1998

Pasaribu, H., Sihombing, L. N., & Pasaribu, E. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Lingkungan terhadap Hasil Belajar Siswa Tentang Pertumbuhan Hewan pada Tema 1 Subtema 3 Kelas 3 SD Percontohan 091317. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(6), 3357–3365. https://doi.org/10.57251/tem.v1i2.611

Pransisca, M. A. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Media Lingkungan Terhadap Sikap Sosial dan Hasil Belajar IPA Pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Gugus 2 Selong Lombok Timur. JUPE : Jurnal Pendidikan Mandala, 4(5). https://doi.org/10.58258/jupe.v4i5.1301

Primayana, K. H., Lasmawan, W. I., & Adnyana, P. B. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kontekstual Berbasis Lingkungan Terhadap Hasil Belajar IPA Ditinjau Dari Minat Outdoor Pada Siswa Kelas IV. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran IPA Indonesia, 9(2), 72–79. http://ejournal-pasca.undiksha.ac.id/index.php/jurnal_ipa/index

Putri, Y. I. S. (2016). The Effect of Environment Based Experimental Toward the Student’s Results. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(2), 167–178.

Ramadhani, S., & Siregar, S. R. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Lingkungan Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas II di SD Swasta Surya Bakti Kecamatan Medan Deli Kota Medan Tahun Ajaran 2020-2021. Khatulistiwa: Jurnal Pendidikan Dan Sosial Humaniora, 1(2), 59–73.

Sibarani, J. E., Napitupulu, E., & Darmana, A. (2023). Pengaruh Strategi Pembelajara Berbasis Lingkungan Dan Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar IPA Kelas IV SDN. Elementary School Journal, 13(4), 511–519.

Downloads

Published

2025-03-30

How to Cite

Fadillah Siddiq, F., & Fatmawati, F. (2025). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Lingkungan terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar. TERPADU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 3(1), 413–420. Retrieved from https://pelitaaksara.or.id/index.php/terpadu/article/view/63