Kemampuan Membedakan Teks Observasi dan Teks Deskripsi oleh Siswa Kelas IV SDN 064007 Medan

Authors

  • Nelly Dinar Sitompul Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Amal Bakti
  • Tumiyem Tumiyem Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Amal Bakti

Keywords:

Kemampuan, Teks, Teks Observasi, Teks Deskripsi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan membedakan teks observasi dan teks
deskripsi oleh siswa kelas Negeri 064007 Tahun Pelajaran 2023/2024. Dalam penelitian ini
metode yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Metode deskriptif kuantitatif dipakai
karena sangat cocok dengan permasalahan yang akan diteliti. Populasi penelitian ini diambil
dari 30% siswa kelas IV yang berjumlah 30 siswa. Metode penelitian yang digunakan dalam
penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif. Instrumen penelitian ini adalah
menggunakan tes esei yang dilakukan oleh sampel siswa. Kemudian mengkoreksi hasil tes esei
dan memberi skor pada siswa, lalu menghitung nilai mean atau nilai rata-rata siswa.
Berdasarkan data yang diperoleh, maka dapat dilihat kemampuan membedakan teks observasi
dan teks deskripsi oleh siswa kelas IV SD Negeri 064007 Tahun Pelajaran 2023/2024 dengan
nilai rata-rata yang diperoleh adalah 74. Dengan demikian dapat diketahui bahwa siswa kelas IV
SD Negeri 064007Tahun Pelajaran 2023/2024 dapat membedakan teks observasi dan teks
deskripsi dengan cukup, hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata yang diperoleh siswa tersebut

References

Arifin, Z dan Amran, T. (2015). Cermat Berbahasa Indonesia: untuk Perguruan Tinggi. Jakarta: Akademika Pressindo.

Chaer, Abdul. (2015). Ragam Bahasa Ilmiah. Jakarta: Rineka Cipta.

Fatmawati, F., & Yusrizal, Y. (2020). Peran Kurikulum Akhlak dalam Pembentukan Karakter di Sekolah Alam SoU Parung Bogor. Jurnal Tematik, 10(2), 74–80.

Gani, E. (2016). Bahasa Karya Tulis Ilmiah. UNP Press.

Kosasih, E. (2017). Ketatabahasaan dan Kesusastraan. Bandung: CV. Yrama

Mustakim. (2017). Seri Penyuluhan Bahasa Indonesia: Bentuk dan Pilihan Kata. Jakarta:

Pusat Pembinaan Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Permanasari, Dian (2017). Kemampuan Menulis Teks Deskripsi Siswa Kelas VIISMP Negeri 1 Sumber Jaya Lampung Barat. Jurnal Pesona, 3(2), 156-162

Downloads

Published

2024-03-30

How to Cite

Sitompul, N. D., & Tumiyem, T. (2024). Kemampuan Membedakan Teks Observasi dan Teks Deskripsi oleh Siswa Kelas IV SDN 064007 Medan. TERPADU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 2(1), 228–235. Retrieved from https://pelitaaksara.or.id/index.php/terpadu/article/view/36