Pengaruh Pendekatan Etnopedagogi terhadap Hasil Belajar PPKn Siswa Kelas V SD Negeri 101751 Klambir Lima

Authors

  • Dian Minarti Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Amal Bakti
  • Hadi Widodo Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Amal Bakti

Keywords:

Etnopedagogi, Konvensional

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa di sekolah dasar khususnya
pada mata pelajaran PPKn. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pengaruh
penggunaan pendekatan etnopedagogi terhadap hasil belajar PPKn siswa Kelas V. Populasi
dalam penelitian ini adalah siswa SD Negeri 101751 Klambir Lima. Sedangkan sampel dalam
penelitian ini adalah siswa kelas V/a sebanyak 20 siswa dan siswa kelas V/b sebanyak 20 siswa.
Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes hasil belajar PPKn. Pengujian
hipotesis dilakukan dengan uji independen sample t-test. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa:
1) Terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan pendekatan etnopedagogi terhadap hasil
belajar PPKN siswa (nilai signifikan = 0,003 < 0,05); dan 2) Rata-rata hasil belajar PPKN siswa
yang diajarkan dengan pendekatan etnopedagogi lebih tinggi dibandingkan dengan pendekatan
konvensional (Mean Difference sebesar 7,40)

Downloads

Published

2024-03-30

How to Cite

Minarti, D., & Widodo, H. (2024). Pengaruh Pendekatan Etnopedagogi terhadap Hasil Belajar PPKn Siswa Kelas V SD Negeri 101751 Klambir Lima. TERPADU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 2(1), 174–181. Retrieved from https://pelitaaksara.or.id/index.php/terpadu/article/view/31