Pengaruh Model Pembelajaran Sinektik terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa dalam Menulis Puisi Bebas di SD Swasta PAB 22 Patumbak I

Authors

  • January Sandi STKIP AMAL BAKTI MEDAN
  • Fira Astika Wanhar Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Amal Bakti

Keywords:

Model Pembelajaran, Sinektik, Kemampuan Berpikir Kreatif

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Dalam Menulis Puisi Bebas Di SD Swasta PAB 22 Patumbak I. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan sampel penelitian sebanyak 54 siswa SD Swasta PAB 22 Patumbak I. Teknik pengumpulan datanya menggunakan Tes pilihan berganda dengan pretes dan post test dengan UJi t Test sebagai teknik analisis datanya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kreatif siswa dalam menulis puisi bebas yang diajarkan dengan model pembelajaran sinektik lebih tinggi dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional (Mean = 87,417 > 78,516)

References

Anwar, R and Haq. 2012. A Comparison of creative thinking abilities of high and low achievers secondary school. International Interdisciplinary Journal of Education-February. 1 (3).

Arikunto, S. 2013. Dasar-dasar evaluasi pendidikan (edisi kedua). Jakarta: Bumi Aksara.

Arsyad, A. 2017. Media pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Ayan, E. J. 2014.Ways to free your creative spirit and find your great ideas. Terj.Ibnu Setiawaan. Bandung: Kaifa.

Brookhart, S.M. 2015. How to asses higher-order thinking skills in your classroom. St. Beauregard. ASCD.

Halik. A. 2019. Sastra anak-anak. Jakarta: Depdiknas.

Haryadi dan Zamzani. 2015. Peningkatkan keterampilan berbahasa indonesia. Yogyakarta: Departemen Pendidikan.

Joyce, Bruce.,dkk. 2019. Models of teaching. New Jersey: Pearson Education Inc.

Kartiani. 2015. Pengaruh Metode Pembelajaran dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS Kelas V Kabupaten Lombok Barat NTB. Jurnal Pendidikan Dasar. 5 (2): 212-221.

Kokom, K. 2013. Pembelajaran kontekstual konsep dan aplikasi. Bandung: PT Refika Aditama.

Langrehr, J. 2018. Learn to think: baic exercises in the core thinking skills for ages 6-11. USA and Canada: Routledge.

Maulana, S.F. 2014. Apresiasi dan proses kreatif menulis puisi. Bandung: Nuansa.

May, R. 2014.The Courage to Create (apakah anda cukup berani untuk kreatif) Pen. Hani’ah. Jakarta Selatan: Teraju.

Mitchell, D. 2013. Children’s literature, an invitation to the world. Boston: Ablongman.

Munandar, U. 2019. Kreativitas anak berbakat. Jakarta : Rineka Cipta.

Musthafa, B. 2013. Literasi dini dan literasi remaja: Teori, Konsep, dan Praktik. Bandung: Crest.

Ningsih, S, dkk. 2017. Bahasa Indonesia. Yogyakarta : Andi.

Nurgiyantoro, B. 2019. Penilaian dalam pembelajaran bahasa indonesia SD. Yogyakarta: BPFE-Yogyakarta.

Purwanto, N. 2015. Prinsip-prinsip dan teknik evaluasi pengajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Resmini, N. 2017. Sastra anak dan pengajarannya. Bandung: UPI.

Riduwan. 2018. Metode dan teknik menyusun tesis. Bandung: Alfabeta.

Sadiman, A. S, dkk. 2016. Media pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Schummacher, S. &McMillan, J. H. 2011. Research in education a conceptual introduction (fiften edition). New York & London: Addison Wesley Longman, Inc.

Semi, A. 2017. Dasar-dasar keterampilan menulis. Bandung: Angkasa.

Siddiqui, M.H. 2013. synetics model of teaching: developing creativityskills of individuals and groups of society. Dalam Indian Journal of Applied Research Volume 3, Issue 4, April 2013 | ISSN - 2249-555X.

Slameto. 2013. Evaluasi pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Sudjana, N. 2013. Penilaian hasil proses belajar mengajar. Bandung: Remja Rosdakarya.

Supriyadi. 2016. Pembelajaran sastra yang apresiatif dan integratif di sekolah Dasar. Jakarta: Departemen Pendidikan.

Sutardi, H. K. 2015. Penulisan sastra kreatif. Yogyakarta: Graha Ilmu

Syarif, E, dkk. 2019. Pembelajaran menulis. Jakarta: Depdiknas.

Tarigan, H. G. 2018. Menulis sebagai suatu keterampilan berbahasa. Bandung: Percetakan Angkasa.

Utami, M. 2017. Pengembangan kreativitas anak berbakat. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Waluyo, H.J. 2014. Teori dan apresiasi membaca puisi. Jakarta: Erlangga.

Downloads

Published

2024-03-30

How to Cite

Sandi, J., & Wanhar, F. A. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Sinektik terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa dalam Menulis Puisi Bebas di SD Swasta PAB 22 Patumbak I. TERPADU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 2(1), 201–208. Retrieved from https://pelitaaksara.or.id/index.php/terpadu/article/view/29