Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning tehadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematika pada Siswa Kelas IV SD Muhammadiyah 01 Medan

Authors

  • Veni Ariani Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
  • ismail Saleh Nasution Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

Keywords:

Project Based Learning, Kemampuan Berpikir Kreatif, Matematika

Abstract

Penelitian ini bertujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model Project Based Learning terhadap kemampuan berpikir kreatif matematika pada siswa Kelas IV SD Muhammadiyah 01 Medan. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Lokasi penelitian ini di SD Muhammadiyah 01 Medan. Waktu pelaksanaan penelitian ini dilaksanakan pada tahun ajaran 2022/2023. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas IV di SD Muhammadiyah 01 Medan. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 52 siswa yang terdiri dari kelas IVA sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 26 siswa dan kelas IVC sebagai kelas kontol dengan jumlah 26 siswa. Pada hasil analisis data dan mengenai kemampuan berpikir kreatif matematika siswa dalam pembelajaran diperoleh rata-rata (mean) setelah diberikan perlakuan di kelas eksperimen dengan model pembelajaran project based learning adalah nilai pretest 50 dan posttest yaitu 70. Sedangkan siswa di kelas kontrol rata-rata (mean) tanpa diberikan perlakuan nilai pretest 56 dan posttest yaitu 55. Maka kelompok siswa yang mendapat perlakuan dengan model pembelajaran project based learning memiliki rata-rata yang lebih tinggi jika dibandingkan tanpa menggunakan model pembelajaran project based learning

References

Amiliyah, A., Susiani, T. S., & Hidayah, R. Pengaruh Strategi Pembelajaran Learning Cell Terhadap Keterampilan Bertanya Siswa Kelas V SDN Segugus Imam Bonjol Kecamatan Sapuran Tahun 2021/2021. Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 10(3).

Diansari, N., Abdullah, M.F., & Syaifullah, Y. (2021). Analisis Perbedaan Return Saham dan Volume Perdagangan Saham saat Pandemi dubandingkan Sebelum Pandemi Covid-19 di Indonesia. Jurnal Ilmu Ekonomi, 5(1), 155-170.

Marliani, N. (2015). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Melalui Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP). Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 5(1).

Nasution, I., S. (2017). Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VI di SD Muhammadiyah 12 Medan. Paedagoria: Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Kependudukan, 8(2), 42-52.

Noviyana, H. (2017). Pengaruh Model Project Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematika Siswa. JURNAL e-DuMath, 3(2).

Rahmah, N. (2013). Hakikat Pendidikan Matematika. Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, 1(2), 1-10.

Sari, S., P. (2020). Penggunaan Metode Make a Match Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SD. EJoES (Educational Journal of Elementary School), 1(1), 19-24.

Sihombing, S., Silalahi, H., R., Sintinjak, J., R., & Tambunan, H. (2021). Analisis Minat dan Motivasi Belajar, Pemahaman Konsep dan Kreativitas Siswa Terhadap Hasil Belajar Selama Pembelajaran Dalam Jaringan. Jurnal Pendidikan Matematika : Judika Education, 4(1), 41-55.

Sugiyamti, S. (2018). Peningkatan Hasil Belajar Membuat Skets Grafik Fungsi Aljabar Sederhana Pada Sistem Koordinat Kartesius Melalui Metode Cooperatif Learning Jigsaw Pada Siswa Kelas VIII F SMP Negeri Sukoharjo Semester I Tahun Pelajaran 2017/2018. Jurnal Ilmu Edunomika, 2(1).

Taupik, R., P., & Yanti, F. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning terhadap Pencapaian Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1525-1531.

Yusrizal, Y., & Pulungan, S. A. (2021a). Pengaruh Model Project Based Learning dengan Metode Visit Home dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa di Era Covid-19. ESJ (Elementary School Journal), 11(3), 222–229.

Yusrizal, Y., & Pulungan, S. A. (2021b). The Effect of Project Based Learning Model on Student Mathematics Learning Outcomes in the Covid-19 Pandemic Era. Budapest International Research and Critics Institute-Journal (BIRCI-Journal), 4(4), 7810–7816.

Downloads

Published

2023-09-30

How to Cite

Ariani, V., & Saleh Nasution, ismail. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning tehadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematika pada Siswa Kelas IV SD Muhammadiyah 01 Medan. TERPADU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 1(2), 121–128. Retrieved from https://pelitaaksara.or.id/index.php/terpadu/article/view/18