Penerapan Model Pembelajaran Make A Match untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika pada Kelas IV SD

Authors

  • Kameilia Wandari Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
  • Ismail Saleh Nasution Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar matematika pada kelas IV SD Muhammadiyah 01 Medan dengan menerapkan model pembelajaran make a match. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan II siklus. Dengan subjek penelitian siswa kelas IV B SD Muhammadiyah 01 Medan yang berjumlah 19 laki-laki dan 10 perempuan.  Instrumen penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah lembar observasi dan angket. Teknik analisis data yang digunakan yaitu deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan motivasi belajar matematika dengan menerapkan model pembelajaran make a match. Peningkatan motivasi belajar matematika dapat dilihat dari perolehan data pada siklus I dan siklus II. Pada siklus I terdapat sebanyak 19 siswa yang termotivasi dengan persentase 65,51% dan terdapat 10 siswa yang kurang termotivasi dengan persentase 34,49%. Kemudian pada siklus II pada siklus II sebanyak 26 siswa yang termotivasi dengan persetase 89,65% dan terdapat 3 siswa yang kurang termotivasi dengan persentase 10,35%.

References

Aliputri, D. H. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Berbantuan Kartu Bergambar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar, 2(1A), 70–77.

Depdiknas. (2003). Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.

Faizin, H. (2021). Penerapan Metode Make A Match Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih Kelas VIII di MTs Al-Muslimun NW Kebon Kongok. Skripsi. Mataram: UIN Mataram.

Fauzy, A., & Nurfauziah, P. (2021). Kesulitan Pembelajaran Daring Matematika Pada Masa Pandemi COVID-19 di SMP Muslimin Cililin. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 551–561.

Hidayah, N., & Hermansyah, F. (2016). Hubungan Antara Motivasi Belajar dan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Bandar Lampung Tahun 2016/2017. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 3(2), 1–21.

Hasibuan, A. M., Fatmawati, F., Pulungan, S. A., Wanhar, F. A., & Yusrizal, Y. (2021). Meningkatkan Minat Belajar Matematika Siswa dengan Menggunakan Metode Snowball Throwing pada Siswa Kelas VI SD Swasta PAB 15 Klambir Lima. ESJ (Elementary School Journal), 11(2), 197–188.

Kurniasari, E., Koeswanti, H. D., & Radia, E. H. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Make A Match Berbantuan Media Konkret Kelas 4 SD. JTAM | Jurnal Teori Dan Aplikasi Matematika, 3(1), 40.

Nasrah, A. M. (2020). Analisis Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Daring Mahasiswa Pada Masa Pandemik Covid-19. Riset Pendidikan Dasar, 3(2), 207–213.

Nasution, I. S. (2018). Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII di Sd Muhammadiyah 12 Medan. Paedagoria | FKIP UMMat, 8(2), 42.

Rizal M, Muh., Tayeb, T., & Latuconsina, N. (2016). Efektivitas Penerapan Metode Ekspositori Berbasis Kuis Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII MTsN Ma’rang Kabupaten Pangkep. MaPan, 4(2), 171–184.

Sari, N. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Tema Cita-Citaku di Kelas IV SDIT ALMarhamah Kampung Dalam Padang Pariaman. Skripsi. Pekanbaru: UIN SUSKA Riau.

Seasfaot, L., Bien, Y. I., & M.Abi, A. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Make A Match untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Prestasi Belajar Matematika Siswa. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 454–460.

Sihombing, S. (2021). Analisis Minat dan motivasi Belajar, Pemahaman Konsep dan Kreativitas Siswa terhadap hasil Belajar Siswa dalam Materi Geometri Selama Pembelajaran Dalam Jaringan kelas X SMA Kota Medan. Sepren, 2(2), 50–66.

Susanti, E. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Probing-Prompting Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Kelas Xi.Ipa Man 1 Kota Bengkulu. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 2(1), 97–107.

Widdah, H., & Faradiba, S. S. (2022). Analisis Literasi Matematika Pada Pembelajaran Matriks Menggunakan Mind Mapping. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 1670-1681.

Wijanarko, Y. (2017). Model Pembelajaran Make a Match Untuk Pembelajaran IPA Yang Menyenangkan. Taman Cendekia: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 1(1), 52–59.

Witri Lestari. (2015). Efektifitas Strategi Pembelajaran dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika. 2(3), 170–181.

Yusrizal, Y., & Pulungan, S. A. (2021a). Pengaruh Model Project Based Learning dengan Metode Visit Home dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa di Era Covid-19. ESJ (Elementary School Journal), 11(3), 222–229.

Yusrizal, Y., & Pulungan, S. A. (2021b). The Effect of Project Based Learning Model on Student Mathematics Learning Outcomes in the Covid-19 Pandemic Era. Budapest International Research and Critics Institute-Journal (BIRCI-Journal), 4(4), 7810–7816.

Downloads

Published

2023-06-15

How to Cite

Wandari, K., & Saleh Nasution, I. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Make A Match untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika pada Kelas IV SD . TERPADU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 1(2), 72–80. Retrieved from https://pelitaaksara.or.id/index.php/terpadu/article/view/9