Penerapan Model Project Based Learning (PjBL) Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Matematika di Kelas Sekolah Dasar

Authors

  • Putri Nadiah Harahap Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
  • Ismail Saleh Nasution Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

Keywords:

Model Pembelajaran, Project based learning, Aktivitas Belajar Matematika

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas belajar matematika pada kelas V SD Negeri 050592 Padang Brahrang dengan menerapkan model pembelajaran Project Based Learning. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan sebanyak II siklus. Dengan subjek penelitian siswa kelas V B SD Negeri 050592 Padang Brahrang yang berjumlah 18 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah lembar observasi dan tes. Teknik analisis data yang digunakan yaitu deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan aktivitas belajar matematika dengan menerapkan model Project Based Learning. Peningkatan aktivitas belajar siswa dapat dilihat dari hasil perolehan data dari siklus I sampai siklus II. Pada siklus I terdapat sebanyak 18 siswa yang aktif dengan klasikal 60% sedangkan terdapat sebanyak 12 siswa dengan klasikal 40% yang masih kurang aktif dalam pembelajaran matematika. Kemudian pada siklus II terjadi peningkatan sebanyak 26 siswa yang aktif dengan klasikal 86,67% dan terdapat sebanyak 4 siswa yang kurang aktif dengan klasikal 13,33%. Karena secara klasikal telah mencapai 86,67% siswa yang aktif  maka penelitian ini dikatakan berhasil.

References

Aminullah, A. (2018, March). Kajian Penggunaan Metode Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) Dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis. In Prosiding Seminar Nasional Pendidik dan Pengembang Pendidikan Indonesia (pp. 43-51).

Anastasha, D. A., Movitaria, M. A., & Safrizal, S. (2021). Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Model Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division di Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Basicedu, 5(4), 2626-2634.

Depdiknas. 2003. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.

Hamidah, N., & Ain, S. Q. (2022). Faktor-Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Matematika pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Scaffolding: Jurnal Pendidikan Islam Dan Multikulturalisme, 4(1), 321-332.

Indratno, S. I., & Purnomo, E. A. (2018). Efektivitas Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Materi Bangun Ruang Kelas Viii. In Prosiding Seminar Nasional & Internasional (Vol. 1, No. 1).

Nasution, I. S., & Panggabean, S. (2018). Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project untuk Meningkatkan Kemampuan Koneksi Matematis dan Hasil Belajar Siswa SMP Muhammadiyah 4 Medan. Nabla Dewantara, 3(1), 42-55.

Prahesti, Y. (2022). Upaya Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (Pjbl) Pada Materi Peluang Kelas Viii Smp Aisyiyah Full Day Wedi Tahun Ajaran 2021/2022 (Doctoral dissertation, Universitas Widya Dharma).

Purnamasari, N. (2016). Penerapan Model Project Based Learning Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Pada Mata Pelajaran IPS Pokok BahasanKegiatan Ekonomi Di SDN Pocangan I Jember. Jurnal Ilmiah, 1(1), 1-5.

Shadiq, F. (2014). Pembelajaran Matematika (Cara Meningkatkan Kemampuan Berpikir Siswa). Yogyakarta: Graha Ilmu.

Trianto, I. B., & Ibnu, B. (2014). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, dan Kontektual. Jakarta: Prenadamedia Group

Widana, I. W., & Septiari, K. L. (2021). Kemampuan berpikir kreatif dan hasil belajar matematika siswa menggunakan model pembelajaran Project-Based Learning berbasis pendekatan STEM. Jurnal Elemen, 7(1), 209-220.

Widaryat. (2016). Panduan Penilaian Untuk Sekolah Dasar. Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar.

Widdah, H., & Faradiba, S. S. (2022). Analisis Literasi Matematika Pada Pembelajaran Matriks Menggunakan Mind Mapping. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 1670-168.

Widiarso, E. (2016). Strategi dan Metode Mengajar Siswa Secara Aktif, Kreatif, Inspiratif, dan Komunikatif. Yogyakarta: Ar- Ruzz Media Group.

Yusnaldi, E., Yusrizal, Y., Fatmawati, F., Yusuf, M., & Iskandar, W. (2021). Hubungan Pancasila Dan Al-Qur’an Dalam Tipologi Filsafat Matematika. Jurnal Civic Education: Media Kajian Pancasila Dan Kewarganegaraan, 5(2), 87–99.

Yusrizal, Y., & Pulungan, S. A. (2021a). Pengaruh Model Project Based Learning dengan Metode Visit Home dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa di Era Covid-19. ESJ (Elementary School Journal), 11(3), 222–229.

Yusrizal, Y., & Pulungan, S. A. (2021b). The Effect of Project Based Learning Model on Student Mathematics Learning Outcomes in the Covid-19 Pandemic Era. Budapest International Research and Critics Institute-Journal (BIRCI-Journal), 4(4), 7810–7816.

Downloads

Published

2023-06-07

How to Cite

Nadiah Harahap, P., & Saleh Nasution, I. (2023). Penerapan Model Project Based Learning (PjBL) Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Matematika di Kelas Sekolah Dasar. TERPADU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 1(2), 63–71. Retrieved from https://pelitaaksara.or.id/index.php/terpadu/article/view/7