Pendidikan Budaya dan Karakter dalam Buku Pendidikan Budaya Melayu Langkat

Authors

  • Rahimul Harahap Universitas Putra Abadi Langkat

Keywords:

Pendidikan Budaya Melayu Langkat, pendidikan budaya, karakter

Abstract

Buku Pendidikan Budaya Melayu Langkat ini memang telah menyertakan karakter yang dikembangkan pada awal bab, yaitu nilai religius, rasa ingin tahu, dan tanggung jawab. Tujuan dari penulisan artikel ini adalah untuk mengetahui nilai pendidikan budaya dan karakter yang terdapat dalam buku Budaya Melayu Langkat yang ditulis oleh Taufik Ikram Jamil, Derichard H. Putra, dan Syaiful Anuar. Buku tersebut merupakan buku yang menjadi bahan ajar mata pelajaran Budaya Melayu Langkat untuk kelas V Sekolah Dasar (SD) yang ada di Langkat. Mata pelajaran tersebut merupakan mata pelajaran muatan lokal. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Metode yang dapat digunakan dalam pengumpulan data adalah teknik pengumpulan data dengan dokumen. Sugiyono (2021: 124) memaparkan bahwa dokumen merupakan catatan peristiwa yang sudah berlalu. Dokumen bisa berbentuk tulisan, gambar, atau karya-karya monumental dari seseorang. Pengumpulan data penelitian ini termasuk dalam teknik pengumpulan data dengan dokumen karena objek yang diteliti dalam bentuk tulisan, yaitu buku Pendidikan Budaya Melayu Langkat. Terdapat 3 (tiga) karakter yang diutamakan oleh penulis buku dalam buku pelajaran Budaya Melayu Langkat. Nilai-nilai tersebut adalah nilai religius, rasa ingin tahu, dan tanggung jawab.

References

Alber. (2017). Tunjuk Ajar Melayu dalam Syair Karya Tenas Effendy sebagai Basis Pendidikan Karakter GERAM (Gerakan Aktif Menulis), 5(2), 36-43.

Arifin, M. Z., Ulfa, S., & Praherdhiono, H. (2018). Pengembangan kurikulum muatan lokal karawitan sebagai upaya mengkonstruksi pengetahuan dan pelestarian budaya jawa di jenjang sma. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 1, 2–10. http://journal2.um.ac.id/index.php/jktp/article/view/3 707

Atan, Indra,Z. & Febtriko, A. (2020). Perencanaan Game Berbasis Android untuk Memperkenalkan Adat Melayu Langkat. Rabit: Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi Univrab, 5(1), 54-66. https://doi.org/10.36341/rabit.v5i1.963

Dafit, F., & Ramadan, Z. H. (2020). Pelaksanaan Program Gerakan Literasi Sekolah (GLS) di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 1429–1437. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.585

Fajriati, R., & Na’imah. (2020). Model Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal (Local Wisdom) pada Usia Kanak-kanak Awal. Jurnal Pelita PAUD, 4(2), 156–160. https://doi.org/10.33222/pelitapaud.v4i2.956

Gani, E. (2020). Manusia Pendidikan dan Kebudayaan. Bandung : Penerbit Pustaka Reka Cipta

Ismia, Nurhalisa, I., & Alwan. (2020). Penerapan Kebijakan Pendidikan Budaya dan Karakter di Sekolah. Jurnal Mappesona, 3(3). https://mail.jurnal.iain-bone.ac.id/index.php/mappeso na/article/download/1802/953

Jamil, T. I., Putra, D. H, & Anuar, S. (2020). Pendidikan Budaya Melayu Langkat. Pekanbaru : Narawita Swama Persada

Jubba, H., Rafi, M., & Qodir, Z. (2021). Politik Identitas Melayu Islam sebagai Upaya Mewujudkan Budaya Berintegritas. Politicon : Jurnal Ilmu Politik, 3(1), 88–110. https://doi.org/10.15575/politicon.v3i1.11481

Naratiba, R., Suroyo, S., & Fatmasari, R. (2021). Lokal Dalam Pembelajaran Budaya Melayu Langkat Di Sd. Sosioedukasi, 10(2), 208–216.

Ni Putu Suwardani. (2020). “QUO VADIS” Pendidikan Karakter dalam Merajut Harapan Bangsa yang Bermartabat. In Unhi Press.

Purwanti, D. (2017). Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan Dan Implementasinya. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 1(2), 14–20. https://doi.org/10.20961/jdc.v1i2.17622

Sabakti, S. (2018). Konsep Pendidikan Karakter dalam Buku Pandangan Orang Melayu Terhadap Anak Karya Tenas Effendy. Widyaparwa, 46(2), 189–204.

Syaifuddin, M. ., & Fahyuni, E. . (2019). Melalui Kurikulum Muatan Lokal. Jurnal Studi Keislaman Dan Ilmu Pendidikan, 7(November), 267–285.

Syamsuadi, A. (2018). Membangun Demokrasi Pemerintahan di Langkat dalam Perspektif Budaya Melayu. Jurnal Dinamika Pemerintahan, 1(1), 1–10.

Utami, S. W. (2019). Penerapan Pendidikan Karakter Melalui Kegiatan Kedisiplinan Siswa. Jurnal Pendidikan (Teori Dan Praktik), 4(1), 63. https://doi.org/10.26740/jp.v4n1.p63-66

Zafi, A. A. (2018). Transformasi Budaya Melalui Lembaga Pendidikan (Pembudayaan dalam Pembentukan Karakter). Al-Ghazali, I(1), 1-16.

Downloads

Published

2025-03-30

How to Cite

Harahap, R. (2025). Pendidikan Budaya dan Karakter dalam Buku Pendidikan Budaya Melayu Langkat. TERPADU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 3(1), 455–465. Retrieved from https://pelitaaksara.or.id/index.php/terpadu/article/view/67