Hubungan Minat Belajar Terhadap Karakter Disiplin Siswa di SD Negeri 106153 Klambir Lima

Authors

  • Desni Limbong Sekolah Tinggi Keguruan dan ilmu Pendidikan Amal Bakti

Keywords:

Minat belajar, karakter disiplin, pendidikan karakter

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara minat belajar dengan karakter disiplin siswa kelas V di SD Negeri 106153 Klambir Lima. Latar belakang penelitian ini didasari oleh pentingnya penguatan pendidikan karakter, khususnya disiplin, yang diyakini memiliki keterkaitan erat dengan minat belajar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif
dengan metode korelasional. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 28 siswa yang diambil menggunakan teknik simple random sampling. Instrumen yang digunakan berupa angket tertutup dengan skala Likert untuk mengukur variabel minat belajar dan karakter disiplin. Hasil analisis data menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara minat belajar dan karakter disiplin siswa dengan nilai koefisien korelasi Pearson sebesar 0,970 dan nilai signifikansi sebesar 0,000 (p < 0,05). Korelasi tersebut berada pada kategori sangat kuat. Temuan ini menunjukkan bahwa semakin tinggi minat belajar siswa, maka semakin baik pula karakter disiplin yang ditunjukkan. Penelitian ini memberikan implikasi penting bagi guru dan sekolah untuk merancang strategi pembelajaran yang mampu menumbuhkan minat belajar siswa sebagai dasar dalam membentuk karakter disiplin yang positif.

References

Duckworth, A. L., & Yeager, D. S. (2021). Measurement matters: Assessing personal qualities other than cognitive ability for educational purposes. Educational Psychologist, 56(3), 1–17. https://doi.org/10.1080/00461520.2021.1915842

Fatmawati, F., & Yusrizal, Y. (2020). Peran Kurikulum Akhlak dalam Pembentukan Karakter di Sekolah Alam SoU Parung Bogor. Jurnal Tematik, 10(2), 74–80.

Hasibuan, A. M., Fatmawati, F., Pulungan, S. A., Wanhar, F. A., & Yusrizal, Y. (2021). Meningkatkan Minat Belajar Matematika Siswa dengan Menggunakan Metode Snowball Throwing pada Siswa Kelas VI SD Swasta PAB 15 Klambir Lima. ESJ (Elementary School Journal), 11(2), 197–188.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2017). Penguatan pendidikan karakter: Panduan untuk sekolah. Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, Kemendikbud RI.

Lau, W. W. F., Yuen, A. H. K., & Cheng, R. W. Y. (2020). Effects of digital learning tools on student engagement and learning outcomes in STEM education: A meta-analysis. Educational Research Review, 29, 100313. https://doi.org/10.1016/j.edurev.2019.100313

Lee, J., & Shute, V. J. (2018). The influence of non-cognitive traits on academic performance: A meta-analysis. Journal of Educational Psychology, 110(8), 1210– 1230. https://doi.org/10.1037/edu0000250

Renninger, K. A., & Hidi, S. (2019). The power of interest for motivation and engagement. Routledge. https://doi.org/10.4324/9781315163667

Santrock, J. W. (2018). Educational psychology (6th ed.). McGraw-Hill Education. Sardiman, A. M. (2017). Interaksi dan motivasi belajar mengajar. Rajawali Pers.

Skinner, B. F. (1953). Science and human behavior. Free Press.

Yusrizal, Y., & Hariati, E. (2022a). Effectiveness of Value Clarification Technique Learning Model in Improving the Character of Elementary School Students Post Pandemic. Jurnal Ilmiah Teunuleh: The International Journal of Social Sciences, 3(3), 215–222. https://doi.org/10.51612/teunuleh.v3i3.107

Yusrizal, Y., & Hariati, E. (2022b). The Influence of The Value Clarification Technique (VCT) Learning Model and The National Insight on The Character of Elementary School Students. Jupiis: Jurnal Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial, 14(2), 133–144. https://doi.org/10.24114/jupiis.v14i2.38659

Yusrizal, Y., Hajar, I., & Tanjung, S. (2019). Analysis of Elementary School Teachers’ Ability in Using ICT Media and Its Impact on the Interest to Learn of Students in Banda Aceh. Budapest International Research and Critics in Linguistics and Education (BirLE) Journal, 2(3), 45–57.

Yusrizal, Y., Syuhada, I. J., Simamora, M. Y., Amanda, M., & Fatmawati, F. (2024). Meningkatkan Minat Baca Siswa Sekolah Dasar Melalui Belajar Bersama Masyarakat Desa Bakaran Batu. Communnity Development Journal, 5(6), 12686–12692.

Downloads

Published

2025-03-30

How to Cite

Limbong, D. (2025). Hubungan Minat Belajar Terhadap Karakter Disiplin Siswa di SD Negeri 106153 Klambir Lima. TERPADU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 3(1), 437–446. Retrieved from https://pelitaaksara.or.id/index.php/terpadu/article/view/65