Pengaruh Model Pembelajaran Reciprocal terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas IV SD Negeri 106792 Desa Lama

Authors

  • Diana Novita Lestari Sekolah Tinggi Keguruan dan ilmu Pendidikan Amal Bakti

Keywords:

Pembelajaran reciprocal, membaca pemahaman

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran reciprocal terhadap kemampuan membaca pemahaman siswa kelas IV SD Negeri 106792 Desa Lama. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Sampel dalam penelitian ini diambil secara keseluruhan populasi yaitu sebanyak 50 siswa yang terdiri dari siswa kelas IV-A sebanyak 25 siswa dan kelas IV-B sebanyak 25 siswa. Dalam hal ini yang menjadi kelas eksperimen adalah kelas IV-A dengan menerapkan model reciprocal, sedangkan kelas IV-B sebagai kelas kontrol yang diberi pengajaran dengan menggunakan pendekatan konvensional. Instrumen yang digunakan adalah tes, tes dilakukan menggunakan uji validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, dan daya beda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan antara kemampuan membaca pemahaman siswa yang diajar dengan model pembelajaran Reciprocal dibandingkan dengan pendekatan konvensional, dengan menggunakan rumus uji T-test dan diperoleh hasil (Fhitung = 8,136 dan nilai sig. 0,006 < 0,05). Sehingga terdapat perbedaan akibat pengaruh model pembelajaran Reciprocal terhadap kemampuan membaca pemahaman siswa.

References

Anderson, N. J. (2017). Active skills for reading: Book 1. Cengage Learning.

Azizah, A., & Sumarwati, S. (2021). Pengaruh model pembelajaran reciprocal terhadap kemampuan membaca pemahaman dan keterampilan komunikasi siswa sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 5(2), 123-135.

Hermawan, R., Suhardi, D., & Hidayat, E. (2021). Efektivitas model pembelajaran reciprocal dalam meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa dengan tingkat kemampuan awal berbeda. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 6(1), 45-58.

Kurniawan, A., & Puspita, L. (2020). Penerapan model pembelajaran reciprocal berbantuan media digital untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa sekolah dasar. Jurnal Inovasi Pembelajaran, 4(3), 210-224.

Nugroho, A., Widodo, S., & Rahma, A. (2022). Efektivitas model pembelajaran reciprocal dalam meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa dengan gaya belajar yang berbeda. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 7(2), 78-92.

Nurhalimah, N., Suhartono, S., & Cahyono, B. Y. (2017). The effect of reciprocal teaching strategy on reading comprehension of EFL students. Journal of English Language Teaching, 6(1), 112-123.

Palincsar, A. S., & Brown, A. L. (1984). Reciprocal teaching of comprehension-fostering and omprehension-monitoring activities. Cognition and Instruction, 1(2), 117-175.

Pratama, R., Susanto, H., & Wijaya, F. (2023). Implementasi model pembelajaran reciprocal dalam konteks pembelajaran jarak jauh: Studi pada kemampuan membaca pemahaman siswa sekolah dasar. Jurnal Teknologi Pendidikan, 8(1), 67-82.

Pratiwi, N., Suwandi, S., & Wardani, N. E. (2020). Efektivitas model pembelajaran reciprocal dalam meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 19(2), 201-215.

Rahman, F., & Hidayat, T. (2019). Pengaruh strategi reciprocal teaching terhadap keterampilan metakognitif siswa dalam membaca pemahaman. Jurnal Pendidikan Dasar, 3(2), 89-104.

Sari, N. R., Supriyadi, T., & Bahri, S. (2019). Penerapan model pembelajaran reciprocal teaching untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(2), 228-237.

Sari, R. N., & Nugraheni, A. S. (2021). Implementasi model pembelajaran reciprocal untuk meningkatkan motivasi belajar dan kemampuan membaca pemahaman siswa. Jurnal Penelitian Pendidikan, 23(1), 56-71.

Schleicher, A. (2019). PISA 2018: Insights and Interpretations. OECD Publishing.

Sulistyo, I. (2017). Peningkatan keterampilan metakognitif siswa dengan pembelajaran

reciprocal teaching pada materi sistem pernapasan. BioEdu, 6(1), 74-80.

Westby, C. (2016). Reading and writing disabilities. In J. E. Bernthal, J. C. Bankson, & P. Flipsen Jr. (Eds.), Articulation and phonological disorders: Speech sound disorders in children (8th ed., pp. 375-417). Pearson.

Widodo, S., Pratiwi, Y., & Sutopo, D. (2019). Efektivitas model pembelajaran reciprocal dalam mengembangkan keterampilan berpikir kritis siswa melalui kegiatan membaca pemahaman. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 18(3), 312-327.

Wulandari, E., & Suryani, N. (2020). Pengaruh model pembelajaran reciprocal terhadap kemampuan membaca pemahaman dan self-efficacy siswa dalam pembelajaran bahasa. Jurnal Ilmu Pendidikan, 25(2), 112-126.

Yusrizal, Y., & Fatmawati, F. (2020). Pengaruh Model Reciprocal Teaching dan Kecerdasan Intrapersonal terhadap Hasil Belajar IPS Siswa. Jurnal Tematik, 10(2), 90–95.

Downloads

Published

2025-03-30

How to Cite

Novita Lestari, D. (2025). Pengaruh Model Pembelajaran Reciprocal terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas IV SD Negeri 106792 Desa Lama. TERPADU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 3(1), 421–429. Retrieved from https://pelitaaksara.or.id/index.php/terpadu/article/view/62