Pengembangan Media Pop-Up Book Berbasis Budaya Lokal Keberagaman Budaya Bangsaku Siswa Kelas IV Sekolah Dasar

Authors

  • Syazarah Soraya Universitas Putra Abadi Langkat
  • Indri Padila Universitas Putra Abadi Langkat

Keywords:

Media Pop-Up, PPKn, Budaya Lokal

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah pengembangan media Pop-Up Book berbasis budaya lokal berbasis keterampilan proses untuk melatih kepercayaan diri mahasiswa yang valid, praktis dan efektif. Fokus pada beban PPKn kelas IV, sub-tema keragaman budaya nasional saya. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE (analis, desain, pengembangan, implementasi, evaluasi). Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SD. Hasil validasi media Pop-Up Book berbasis budaya lokal siswa SD kelas IV adalah (1) Media Pop-Up berbasis budaya lokal memiliki bahan ajar yang memiliki bagian bergerak dengan unsur dua dimensi. (2) Memenuhi kriteria valid dengan hasil tes ahli materi mencapai tingkat validitas 97% dengan kategori "sangat baik", untuk hasil tes ahli media mencapai tingkat validitas 91% dengan kategori "sangat baik" dan layak untuk dicoba. Setelah mendapatkan hasil validasi, uji coba kelompok kecil dan wawancara

References

Kustandi, Cecep & Sutjipto, B. 2011. Media Pembelajaran Manual dan Digital. Bogor: Penerbit Ghalia Indonesia.

Okamura, Sosuke. 2010. “An Assistant Interface to Design and Produce A Pop-Up Card”. International Journal of Creative Interfaces and Computer Graphics. Vol.1,No.2. Page 40-50. USA: IGI Publishing Hershey.

Pramesti, Jatu 2015. “Pengembangan Media Pop-Up Book Tema Peristiwa Untuk Kelas III SD Negeri PAKEM I”.Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta.

Pribadi, Benny A. 2010. Model Sistem Pembelajaran. Jakarta: PT Dian Rakyat.

Putra, Sitiatava Rizema. 2013. Desain Belajar Mengajar Kreatif Berbasis Sains. Jogjakarta: DIVA Press.

Rahimul Harahap .2023. Kearifan Lokal dan Penerapannya di Sekolah .Medan: Modeling jurnal PGMI : View of Kearifan Lokal dan Penerapannya di Sekolah

Rifa’i, Achmad dan Catharina Tri Anni. 2010. Psikologi Pendidikan. Semarang: Universitas Negeri Semarang Press.

Sabuda, Robet. 2007. Make Your Own Pop-Up. www.robetsabuda.com. (diakses pada 2 September 2016)

Sadiman, Arif dkk. 2009. Media Pendidikan Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatannya.

Slameto. 2010. Belajar & Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta. Sudjana, Nana & Ahmad Rivai. 2010. Media Pengajaran Penggunaan dan Pembuatannya.

Sugiono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D.Bandung : Alfa.

Suharsimi, Arikunto. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta

Sukardi. 2009. Metodologi Penelitian Pendidikan: Kompetensi dan Praktiknya. Jakarta: Bumi Aksara.

Swadarma, doni. 2013. Penerapan Mind Mapping dalam Kurikulum Pembelajaran. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Tegeh, M., dkk. 2014. Model Penelitian Pengembangan. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Widoyoko, Eko Putro. 2010. Evaluasi Program Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Downloads

Published

2024-09-30

How to Cite

Soraya, S., & Padila, I. (2024). Pengembangan Media Pop-Up Book Berbasis Budaya Lokal Keberagaman Budaya Bangsaku Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. TERPADU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 2(2), 364–373. Retrieved from https://pelitaaksara.or.id/index.php/terpadu/article/view/53