Budaya Membaca di Kalangan Mahasiswa PGSD (Sebuah Studi Kasus di Kabupaten Sumedang)
Keywords:
budaya membaca, Mahasiswa, PGSDAbstract
Membaca merupakan kunci utama dalam proses belajar. Sebagai seorang pelajar, mahasiswa harus memiliki pengetahuan yang luas. Untuk mendapatkan wawasan atau pengetahuan yang luas yaitu dengan membaca, semakin banyak membaca maka akan semakin banyak pula pengetahuan baru yang didapatnya. Oleh akrena itu, mahasiswa harus memiliki kebiasaan membaca yang baik. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui kebiasaan membaca dikalangan mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Penelitian ini menggunakan desain penelitian studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Sumber datanya yaitu 30 mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar di Kabupaten Sumedang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa membaca dapat menambah wawasan baru yaitu berupa kosa kata baru hingga informasi-informasi yang belum pernah diketahui. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk membangun kebiasaan membaca yaitu dengan mengatur jadwal kegiatan harian. Selain itu juga, kegiatan membaca dapat dilakukan untuk mengisi waktu luang sehingga waktu luang yang dimiliki dapat bermanfaat. Kebanyakan orang tidak suka membaca karena membaca itu merupakan kegiatan yang membosankan dan dapat membuat mengantuk ditambah dengan isi bacaan yang kurang diminati dan tampilannya kurang menarik. Hal tersebut membuat mahasiswa tidak memiliki motivasi untuk membaca.
References
Alsaeedi, Z. S., Ngadiran, N. B. M., Kadir, Z. A., & Altowayti, W. A. H. (2021, 4-5 July 2021). An Overview of Reading Habits and Medium Preference Among University Students. Paper presented at the 2021 International Congress of Advanced Technology and Engineering (ICOTEN).
Andina, E. (2019). Strategi Dosen dalam Pengondisian Perilaku Membaca Mahasiswa di Era Digital: Studi Kasus di Kalimantan Barat dan Sulawesi Selatan. Aspirasi: Jurnal Masalah-masalah Sosial, 8(2), 195-206.
Baba, J., & Affendi, F. R. (2020). Reading Habit and Students' Attitudes towards Reading: A Study of Students in the Faculty of Education UiTM Puncak Alam. Asian Journal of University Education, 16(1), 109-122.
Barber, A. T., & Klauda, S. L. (2020). How Reading Motivation and Engagement Enable Reading Achievement: Policy Implications. Policy Insights from the Behavioral and Brain Sciences, 7(1), 27-34. doi:https://doi.org/10.1177/2372732219893385
Castles, A., Rastle, K., & Nation, K. (2018). Ending the Reading Wars: Reading Acquisition From Novice to Expert. Psychological Science in the Public Interest, 19(1), 5-51. doi:https://doi.org/10.1177/1529100618772271
Creswell, J. (2014). Penelitian Kualitatif & Desain Riset : Memilih Di Antara Lima Pendekatan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Creswell, J. (2015). Riset Pendidikan: Perencanaan, Pelaksanaan, dan Evaluasi Riset Kualitatif dan Kuantitatif (Edisi ke-5). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Deale, C. S., & Lee, S. H. (2021). To Read or Not to Read? Exploring the Reading Habits of Hospitality Management Students. Journal of Hospitality & Tourism Education, 1-12. doi:https://doi.org/10.1080/10963758.2020.1868317
Dorji, R. (2020). A Survey study on the Reading habits among English Major Students of Sherubtse College: Issues and Perspectives. International Journal of Information Technology Language Studies, 4(3), 1-11. doihttps://doi.org/10.31219/osf.io/fueq
Utari,dkk.2024. The gradual Islamisation of teacher education: Current trends and future implications in global inclusive education policy.jurnal: jurnal Islamic studies: https://doi.org/10.35335/zhpdm826
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Utari Utari, Mazilla Marsha
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.