Pengaruh Metode Student Active Learning terhadap Hasil Belajar PPKn Siswa Kelas V SD Negeri 101751 Klambir Lima
Keywords:
Metode Student Active Learning, Model konvensional, Hasil belajar PPKnAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar PPKn siswa kelas V SDN 101751 Klambir Lima. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan sampel penelitian sebanyak 50 siswa kelas V SDN 101751 Klambir Lima. teknik pengumpulan datanya menggunakan angket pretes dan post test dengan UJi t Test sebagai teknik analisis datanya. Hasil analisis dan pengujian hipotesis penelitian maka dapat disimpulkan siswa yang diberi perlakuan dengan model student active learning lebih baik daripada siswa yang diberi perlakuan model konvensional. Sehingga dapat disimpulkan bahwa metode student active learning mampu meningkatkan hasil belajar PPKn siswa.
References
Arends, Richard. 2014. Learning to Teach. Jogjakarta: Pustaka Pelajar.
Dahnial, I., Setiawan, D., & Saragi, D. 2014. The weakness of civic education teacher’s competency in Curriculum at senior high school, stabat, Medan, Indonesia. 14(11), 1389–1396.
Hariyanto. 2013. Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media
Djamarah, Syaiful Bahri. 2011. Psikologi Belajar. Jakarta : Rineka Cipta.
Fatmawati, F., Yusrizal, Y., Lubis, B. S., & Rafiqah, F. S. (2020). Peran Kurikulum Logika terhadap Hasil Belajar IPS Siswa di Sekolah Alam Sou Bogor. Jurnal Tematik, 11(3), 67–174.
Hakim, Thursan. 2013. Mengatasi Rasa Tidak Percaya Diri. Jakarta: Puspa. Swara.
Hamdani. 2016. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: CV Pustaka Setia.
Joyce, Bruce & Marsha Weil. 2016. Models of Teaching. Boston: Allyn & Bacon.
Munandar, Utami. 2017. Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: Rineka Cipta.
Noor Syam, Muhammad. 2018. Pengantar Filsafat Pendidikan. Malang: FIP IKIP Malang.
Sani, R. Abdullah. 2013. Inovasi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Sari, M., & Harahap, Y. E. 2018. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Reciprocal Teaching Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Logika Di Sma Negeri 5 Padangsidimpuan. Logaritma: Jurnal Ilmu-Ilmu Pendidikan Dan Sains, 6(01), 139. https://doi.org/10.24952/logaritma.v6i01.1250
Swadi, I., & Herwani, H. 2021. Metode Active Learning Upaya Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa di Era Pademi Covid-19: Active Learning Method Efforts to Improve Student Activity and Learning Outcomes in the Covid-19 Pandemic Era. Chalim Journal of Teaching and Learning (CJoTL), 1(1), 35-44. Retrieved from https://pasca.jurnalikhac.ac.id/index.php/cjotl/article/view/60
Setiawan, D. 2014. Pendidikan Kewarganegaraan Berbasis Karakter melalui Penerapan Pendekatan Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan. Jupiis: Jurnal Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial, 6(2), 61. https://doi.org/10.24114/jupiis.v6i2.2285 Setiawan, D. 2017. Kapita Selekta Kewarganegaraan. Larispa Indonesia.
Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran INOVATIF dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media
Smaldino, et al. 2014. Instructional Technolog and Media for Learning. New Jersey: Pearson
Sugianto, I., Suryandari, S., & Age, L. D. 2020. Efektivitas Model Pembelajaran Inkuiri Terhadap Kemandirian Belajar Siswa Di Rumah. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(3), 159–170. https://doi.org/10.47492/jip.v1i3.63
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Susanto, Ahmad. 2014. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Trianto, 2014. Model Pembelajaran Terpadu Konsep, Strategi Dan Implementasinya. Dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP), Jakarta : Bumi Aksara.
Udayana, I. B. K., Kristiantari, M. G. R., & Ardana, I. K. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Assure Berbasis Concept Mapping Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SD Gugus Letkol Wisnu Denpasar Utara. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD, 2(1).
Utami, I. G. A. L. P. 2016 . Teori Konstruktivisme dan Teori Sosiokultural: Aplikasi dalam Pengajaran Bahasa Inggris. Prasi, 11(01), 4–11. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/PRASI/article/download/10964/7022
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Revina Novianti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.