Pengaruh Model Pembelajaran Mind Mapping terhadap Hasil Belajar PPKn Siswa Kelas III SDS IT Al-Washliyah Klambir Lima

Authors

  • Yuci Rahmawati Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Amal Bakti
  • Fira Astika Wanhar Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Amal Bakti

Keywords:

Model Pembelajaran, Map Mapping, Hasil Belajar PPKN

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajas siswa kelas III SDS IT AL-Washliyah. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan sampel penelitian sebanyak 54 siswa kelas III III SDS IT AL-Washliyah. Teknik pengumpulan datanya menggunakan tes hasil belajar pretes dan post test dengan UJi t Test sebagai teknik analisis datanya. Hasil analisis dan pengujian hipotesis penelitian maka dapat disimpulkan terdapat perbedaan hasil belajar PPKN siswa yang diajar menggunakan model Mind Mapping dibandingkan dengan model konvensional (Fhitung = 7.686 dan nilai sig. 0,008 > 0,05). Sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Mind Mapping mampu meningkatkan hasil belajar siswa.

References

Arwiyah, Yahya dan Machrifoh. 2014. Civic Education di Perguruan Tinggi Indonesia. Bandung: Alfabeta.

Cholisin.2014. Perspektif Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Bandung: Kaifa

Dananjaya, Utomo. 2013. Media Pembelajaran Aktif. Bandung: Nuansa Cendikia

Deporter, Bobbi. dkk. 2014. Quantum Teaching. Bandung: Kaifa Learning.

Huda, Miftahul. 2013. Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Malang: Pustaka Pelajar.

Ittihad, Zainul Amin. 2017. Pendidikan Kewarganegaraan. Jakarta: Universitas Terbuka

Kamelia dan kawan-kawan. 2018. The Use of Mind MappingOn Improving Students’ Writing Ability At Tenth Grade Of Sman 7 Kota Tangerang In The Academic Year Of 2018/2019, Jurnal Penelitian dan Karya Ilmiah Edisi XVIII Volume 2, Juli-Desember 2018.

Ruminiati. 2017. Pengembangan Pendidikan Kewarganegaraan SD. Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional

Susanto, Achmad. 2015. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar.Jakarta: Kencana Prenadamedia Group

Swadarma, Doni. 2013. Penerapan Mind Mappingdalam Kurikulum Pembelajaran. Jakarta: Elex Media Komputindo

Usman, Moh. Uzer. 2017. Menjadi Guru Profesional, Bandung: Remaja Rosda Karya

Wahab, Abdul Azis & Sapriya. 2013. Teori dan Landasan Pendidikan Kewarganegaraan. Bandung: Alfabeta.

Winataputra, Udin S. 2018. Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Universitas Terbuka

Downloads

Published

2024-09-30

How to Cite

Rahmawati, Y., & Wanhar, F. A. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Mind Mapping terhadap Hasil Belajar PPKn Siswa Kelas III SDS IT Al-Washliyah Klambir Lima. TERPADU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 2(2), 317–323. Retrieved from https://pelitaaksara.or.id/index.php/terpadu/article/view/48