Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Melalui Pendekatan Open-Ended pada Siswa SMP

Authors

  • Lilis Arini STKIP Asy-Syafi'iyah Internasional Medan

Keywords:

Pemahaman Konsep, Pendekatan, Open-Ended

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pendekatan open-ended dalam meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematika pada siswa SMP. Menggunakan metode quasi-eksperimental dengan desain pretest-posttest control group, penelitian ini melibatkan 60 siswa kelas VIII yang dibagi menjadi kelompok eksperimen dan kontrol. Data dikumpulkan melalui tes pemahaman konsep matematika, observasi, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan open-ended secara signifikan meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa dibandingkan dengan pendekatan konvensional. Peningkatan tersebut terlihat dari skor rata-rata posttest kelompok eksperimen yang lebih tinggi (M = 78,33, SD = 10,21) dibandingkan kelompok kontrol (M = 65,67, SD = 11,54), t(58) = 4,682, p < 0,01. Analisis gain ternormalisasi juga menunjukkan peningkatan yang lebih tinggi pada kelompok eksperimen (g = 0,62) dibandingkan kelompok kontrol (g = 0,41). Observasi kelas mengungkapkan bahwa siswa yang mengikuti pendekatan open-ended menunjukkan partisipasi yang lebih aktif, kreativitas yang lebih tinggi dalam pemecahan masalah, dan kemampuan yang lebih baik dalam mengartikulasikan pemahaman konseptual mereka. Wawancara dengan siswa mengindikasikan peningkatan minat dan kepercayaan diri dalam matematika. Penelitian ini menyimpulkan bahwa pendekatan open-ended efektif dalam meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa SMP, dengan implikasi penting bagi praktik pembelajaran matematika.

References

As’ari, A. R. (2018). Pembelajaran Matematika Untuk Meningkatkan Higher Order Thinking Skills ( HOTS). Seminar Nasional Pendidikan Matematika (SENPIKA), 1.

Kamara, J. G., Simamora, R. E., & Rahayu, S. W. (2023). EKSPLORASI FAKTOR PENGHAMBAT BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA MENENGAH PERTAMA. Mathematics Education And Application Journal (META), 5(1). https://doi.org/10.35334/meta.v5i1.4070

Lubis, R. (2019). Peningkatan Kemampuan Koneksi Matematis Siswa melalui Pendekatan Open-Ended pada Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Gantang, 4(2). https://doi.org/10.31629/jg.v4i2.1367

Purnamasari, F. E. (2015). Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Melalui Pendekatan Open-Ended Bagi Siswa Kelas VIII Semester Genap SMP Muhammadiyah 10 Surakarta Tahun 2013/2014. In Ekp (Vol. 13, Issue 3).

Rinzani, A. R. (2017). Kemampuan Koneksi Matematis Peserta Didik melalui Pendekatan Advokasi dengan Penyajian Masalah Open-Ended di SMP N 5 Terbanggi Besar. Jurnal Riset Pendidikan Matematika.

Rohmalina, R., Aprianti, E., & Lestari, R. H. (2020). Pendekatan Open-Ended dalam Mempengaruhi Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2). https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.805

Sari, R. A., & Rahmawati, S. (2019). Sosial Media Untuk Meningkatkan HOTS (Higher Order Thingking Skills) Dalam Pembelajaran Matematika. Prosiding Sendika, 5(1).

Septiani, U., & Zanthy, L. S. (2019). Pembelajaran Matematika Melalui Pendekatan Open-Ended Terhadap Pemahaman Matematik Siswa MTs. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1). https://doi.org/10.31004/cendekia.v3i1.75

Yuli Rahayu. (2013). Efektivitas metode pembelajaran penemuan terbimbing melalui pendekatan Open-Ended Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep dan Penalaran Matematika Siswa Kelas VIII MtsN Ma’arif Kaliworo. Skripsi.

Downloads

Published

2024-03-30

How to Cite

Arini, L. (2024). Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Melalui Pendekatan Open-Ended pada Siswa SMP. TERPADU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 2(1), 281–290. Retrieved from https://pelitaaksara.or.id/index.php/terpadu/article/view/44