Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Karakter Cinta Tanah Air Kelas V di SDS Pelangi Medan

Authors

  • Indah Syasmita Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Amal Bakti

Keywords:

Model Pembelajaran, Problem Based Learning, karakter, Cinta Tanah Air

Abstract

Pendidikan karakter dalam proses pembelajaran di dalam kelas maupun di luar kelas merupakan kesempatan untuk menanamkan dalam diri siswa karakter cinta tanah air melalui upacara bendera dan kebiasaan menyanyikan lagu kebangsaan sebelum dan sesudah kegiatan belajar mengajar di sekolah. Kegiatan ini diharapkan dapat membantu menarik siswa keluar dari karakter negatif yang mungkin muncul dalam kehidupan sehari-hari. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan strategi yang digunakan guru dalam menanamkan rasa cinta tanah air pada siswa SDS Pelangi Medan. Metode penelitian ini menggunakan data quasy experiment. Tempat penyelidikan adalah SDS Pelangi Medan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini singkatnya untuk melihat efek dari perbandingan yang dilakukan. Tak hanya itu penelitian ini juga memakai uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis, yang besarnya efek dihitung dengan analisis statistic. Hasil survei menunjukkan bahwa strategi penanaman cinta tanah air pada siswa sudah berakhir. (1) Kegiatan pembelajaran dan pendidikan, membiasakan penggunaan bahasa Indonesia, menjaga kerapian kelas, menyanyikan lagu kebangsaan sebelum belajar, materi pendidikan penunjang rasa cinta tanah air. (2) budaya sekolah, menyelenggarakan upacara bendera setiap hari Senin, kegiatan Yasinan pada hari Jumat, memperingati Hari Kemerdekaan, Hari Sumpah Pemuda, dan Hari Pahlawan. (3) Ekstrakurikuler, berupa kepanduan. Beberapa cara tersebut menjadi satu kesatuan untuk menanamkan rasa cinta tanah air di SDS Pelangi Medan

References

Abraham, I., & Supriyati, Y. (2022). Desain Kuasi Eksperimen Dalam Pendidikan: Literatur Review. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 8(3), 2476–2482. https://doi.org/10.58258/jime.v8i3.3800

Atika, S. (2014). Pelaksanaan Pendidikan Karakter (Religius, Cinta Tanah Air Dan Disiplin) Di SLB Al Ishlaah Padang. E-JUPEKhu (Jurnal Ilmiah Pendidikan Khusus), 3(3), 747–755.

Auliadi, A., & Dewi, D. A. (2021). Pengimplementasian Nilai Pancasilla pada Siswa SD Guna Meningkatkan Sikap Patritisme Cinta tanah Air. Mahaguru: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar , 3(1), 88–94. https://doi.org/10.33487/mgr.v3i1.3444

Daud, D., & Triadi, Y. (2021). Implementasi Pendidikan Karakter Cinta Tanah Air Dalam Proses Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Journal Evaluation in Education (JEE), 2(4), 134–139. https://doi.org/10.37251/jee.v2i4.239

Dedeh, E., & Mayasarokh, M. (2022). Penanaman Nilai Karakter Cinta Tanah Air Pada Anak Usia Dini Melalui Permainan Tradisional Engklek. Jurnal Pelita PAUD, 7(1), 207–212. https://doi.org/10.33222/pelitapaud.v7i1.2193

Devina, E., & Yuniarni, D. (2019). Strategi Pembelajaran Untuk Mengembangkan Karakter Cinta Tanah Air Anak Usia 5-6 Tahun. vol 8, no, 1–8.

Fatmawati, L., Pratiwi, R. D., & Yuli Erviana, V. (2018). Pengembangan Modul Pendidikan Multikultural Berbasis Karakter Cinta Tanah Air dan Nasionalis pada Pembelajaran Tematik The Development of Multicultural Education Modules Based on Patriotism and Nationalism Character on Thematic Learning. Jurnal Pendidikan & Kebudayaan, Vol. 8(1), 80–92.

Hanifa, U. T., Nugraha, D. M., & . S. (2022). Pembentukan Karakter Cinta Tanah Air Dalam Situasi Pandemi Covid-19. Harmony: Jurnal Pembelajaran IPS Dan PKN, 7(1), 1–6. https://doi.org/10.15294/harmony.v7i1.46542

Hendrawan, J. H., Halimah, L., & Kokom, K. (2022). Penguatan Karakter Cinta Tanah Air melalui Tari Narantika Rarangganis. Jurnal Basicedu, 6(5), 7978–7985. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3716

Kurniawaty, I., Purwati, P., & Faiz, A. (2022). Penguatan Pendidikan Karakter Cinta Tanah Air. Jurnal Education and Development, 10(3), 496–498. http://journal.ipts.ac.id/index.php/ED/article/view/3905

Marlina, E. (2016). Internalisasi Nilai-Nilai Pancasila dan Rasa Cinta Tanah Air Pada Remaja. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 4(4), 562–567. https://doi.org/10.30872/psikoborneo.v4i4.4244

Mellenia, R., Kuntarto, E., & Noviyanti, S. (2022). Strategi Guru Dalam Membentuk Karakter Cinta Tanah Air Siswa Kelas V Sekolah Dasar. SCHOLASTICA JOURNAL : JURNAL PENDIDIKAN SEKOLAH DASAR DAN PENDIDIKAN DASAR (Kajian Teori Dan Hasil Penelitian), 5(1), 23–31. https://doi.org/10.31851/sj.v5i1.6937

Miranda, D. (2019). Pengembangan Video Animasi Berbasis Karakter Cinta Tanah Air Untuk Anak Usia Dini. Jurnal Visi Ilmu Pendidikan, 11(2), 12. https://doi.org/10.26418/jvip.v11i2.32565

Murgiwati, L., Mati, & Rochanah, S. (2019). Jurnal Tunas Bangsa. Jurnal Tunas Bangsa, 6(2), 318–328.

Murniati, E. (2021). Penerapan Metode Project Based Learning Dalam Pemmbelajaran. Journal of Education, 3(1), 1–18.

Rillah, G. R., Lyesmaya, D., & Amalia, A. R. (2022). Attadib : Journal of Elementary Education ANALISIS KARAKTER CINTA TANAH AIR PADA BUKU SISWA. 6(1), 14–22.

Rizkya Salsabila, S., Dewi, D. A., & Furnamasari, Y. F. (2021). Peranan Perilaku Cinta Tanah Air melalui Pendidikan Kewarganegaraan di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 7791–7800.

Safa Amalia, Umniati Rofifah, dan Anis Fuadah Zuhri. (2020). Menampilkan Sikap Cinta Tanah Air Pada Era 4.0. Jurnal Ilmiah Edukatif, 6(1), 68–75. https://doi.org/10.37567/jie.v6i1.109

Sari, S. D. (2017). Cinta Tanah Air dan Salafus Shalih. Prosiding Konferensi Nasional Kewarganegaraan, 3(November), 64–72.

Wandut, W. K., & Dihe, N. I. (2022). Meningkatkan Rasa Cinta Tanah Air Melalui Metode Discovery Learning Melalui Pembelajaran Pendidikan Agama. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(3), 4221–4229. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i3.2790

Downloads

Published

2024-03-30

How to Cite

Syasmita, I. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Karakter Cinta Tanah Air Kelas V di SDS Pelangi Medan. TERPADU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 2(1), 259–270. Retrieved from https://pelitaaksara.or.id/index.php/terpadu/article/view/43