Pengembangan Pembelajaran dengan Model LAPS-Heuristik untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa

Authors

  • Doni Irawan Saragih Universitas Potensi Utama
  • Azizah Yusra Amaliyah Harahap Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Amal Bakti
  • Zahra Ulfa SMK Brigjend Katamso 2

Keywords:

Model Pembelajaran LAPS-Heuristik, Kemampuan Pemecahan Masalah, Sekolah Menengah Pertama.

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan peningkatan kemampuan pemecahan masalah dan mengetahui ketuntasan kemampuan pemecahan masalah peserta didik yang diajarkan dengan model pembelajaran LAPS-Heuristik. Desain penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan subjek penelitian sebanyak lima orang peserta didik kelas VII-2 SMP Negeri 5 Medan yang memperoleh peringkat pertama, kuartil pertama, kuartil kedua, kuartil ketiga dan peringkat terkahir pada tes pendahuluan kemampuan pemecahan masalah. Data diperoleh dengan observasi dan tes yang kemudian dianalisis menggunakan analisis kualitatif dan analisis gain untuk mengukur peningkatan. Analisis kualitatif menunjukkan terjadi peningkatan kemampuan pemecahan masalah. Indeks gain kemampuan pemecahan masalah pertemuan pertama hingga ketiga yang diperoleh kelima subjek penelitian dari subjek peringkat pertama hingga peringkat terakhir berturut- turut adalah 0,857; 0,813; 0,765; 0,7; dan 0,737; termasuk kategori tinggi. Nilai tes akhir kemampuan pemecahan masalah kelima subjek penelitian adalah 100; 84; 78; 72; dan 78. Kesimpulan yang diperoleh adalah kemampuan pemecahan masalah peserta didik meningkat dan kemampuan pemecahan masalah peserta didik mencapai KKM melalui model pembelajaran LAPS-Heuristik.

References

Afni, Khairina, dewi Rulia Sitepu, Mardiati, and Tia Arisa. 2016. “PENGGUNAAN MODEL LAPS HEURISTIC TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA.” 14(1):1–23.

Aritonang, Bichar, and Adi Sutopo. 2022. “Pengaruh Model Pembelajaran Logan Avenue Problem Solving (Laps)-Heuristik Terhadap Kemampuan Kognitif Dan Soft Skill.” JEVTE: Journal of Electrical Vocational Teacher Education 2(1):10. doi: 10.24114/jevte.v2i1.35880.

Azhar, Ervin, Yana Saputra, and Ishaq Nuriadin. 2021. “Eksplorasi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Pada Materi Perbandingan Berdasarkan Kemampuan Matematika.” AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika 10(4):2129. doi: 10.24127/ajpm.v10i4.3767.

Fatmasari, H. R., and S. B. Waluya. 2019. “Pengaruh Model Pembelajaran Logan Avenue Problem Solving (LAPS)-Heuristik Pada Pencapaian Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Berdasarkan Self-Efficacy Siswa.” Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana 2(1):692.

Harahap, Azizah Yusra Amaliyah, and Ainul Marhamah Hasibuan. 2023. “Penerapan Metode Pembelajaran Think Talk Write Terhadap Hasil Belajar Matematika.” Journal on Teacher Education 4(3):629–35.

Harahap, Azizah Yusra Amaliyah, Ainul Marhamah Hasibuan, and Ani Supriyani. 2024. “Pengaruh Pendekatan Saintifik Terhadap Kemampuan Literasi Matematis Siswa Kelas V Sd Negeri 067097 Medan Barat.” Pedagogi: Jurnal Ilmiah Pendidikan 10(1):94–101. doi: 10.47662/pedagogi.v10i1.669.

Harahap, Azizah Yusra Amaliyah, Melda Panjaitan, and Meryance V Siagian. 2021. “Pengaruh Strategi Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Dan Pemecahan Masalah Matematis Siswa.” Algebra : Journal of Mathematics Education and Science 1(1):1–5.

Hasibuan, Ainul Marhamah, and Siti Aisyah Hasibuan. 2023. “Pengaruh Pendekatan Etnomatematis Terhadap Kemampuan Berpikir Matematis Siswa SD PAB 12 Sampali.” TERPADU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar 1(September):90–95.

Nuansyah, Nanda, Efuansyah Efuansyah, and Yufitri Yanto. 1970. “Efektivitas Model Pembelajaran Logan Avenue Problem Solving (LAPS)-Heuristik Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa.” Jurnal Pendidikan Matematika RAFA 5(2):162–72. doi: 10.19109/jpmrafa.v5i2.4201.

Purba, Dianti, Zulfadli, and Roslian Lubis. 2021. “Pemikiran George Polya Tentang Pemecahan Masalah.” Mathematic Education Journal 4(1):25–31.

Rahman, Abd, Sabhayati Asri Munandar, Andi Fitriani, Yuyun Karlina, and Yumriani. 2022. “Pengertian Pendidikan, Ilmu Pendidikan Dan Unsur-Unsur Pendidikan.” Al Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam 2(1):1–8.

Sari, dewi purnama, and Azizah Yusra Amaliyah Harahap. 2021. “Pengaruh Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Terhadap Sikap Positif Siswa.” Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan 3(4):2018–26.

Simamora, Mei Yanti, AHmad Calam, and Azizah Yusra Amaliyah Harahap. 2024. “TERPADU :” TERPADU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar 2(1):250–58.

Suparlan, Suparlan. 2022. “Penerapan Model Pembelajaran Laps-Heuristik Di Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah.” As-Sabiqun 4(1):50–65. doi: 10.36088/assabiqun.v4i1.1654.

Zakiyah, Nita. 2013. “Hakikat, Tujuan Dan Fungsi Pendidikan Islam Di Era Modern.” As-Salam, Vol 1, No 1 (2013), 2461-0232, , 2089-6638, , 2013 1(1):105–23.

Downloads

Published

2024-03-30

How to Cite

Saragih, D. I., Yusra Amaliyah Harahap, A., & Ulfa, Z. (2024). Pengembangan Pembelajaran dengan Model LAPS-Heuristik untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa. TERPADU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 2(1), 271–280. Retrieved from https://pelitaaksara.or.id/index.php/terpadu/article/view/42