Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Kontekstual terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas 5 SD Negeri 060954 Medan Marelan

Authors

  • Asmaul Husna Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Amal Bakti
  • Ahmad Calam
  • Ronald Mahmud Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Amal Bakti

Keywords:

Pembelajaran Kontekstual, Hasil Belajar Matematika

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian explanatory research, sebab bermaksud untuk menarangkan pengaruh antar variabel, yaitu pengaruh pendekatan kontekstual dan hasil belajar matematika siswa. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa-siswi kelas 5 SD Negeri 060954 Medan Marelan Tahun Pelajaran 2023/2024 yang terdiri dari 3 kelas yaitu kelas VA, VB, VC yang berjumlah 78 peserta didik. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data berupa menggunakan instrumen angketdan dokumentasi. Pengambilan data angket dilakukan sebelum penerimaan raport. Pengambilan data yang diperoleh menggunakan teknik dokumentasi berupa nilai Siswa semester II. Hasil deskripsi Hasil Belajar Siswa (Y) diterangkan bahwa terdapat 102 responden memiliki Prestasi Belajar Siswa dengan rata-rata(mean) sebesar 77,29; simpangan baku (standard deviasi) sebesar 4,32; tingkat penyebaran data motivasi berprestasi (variance) sebesar 18,7; rentang (range)sebesar 21; skor minimum dalam data Hasil Belajar siswa adalah sebesar 70; dan skor maksimum dari data Hasil Belajar siswa adalah
sebesar 91. Terdapat pengaruh positif serta signifikan antara Pendekatan Pembelajaran Kontekstual terhadap hasil belajar matematika pada siswa kelas V SD Negeri 060954 Medan Marelan dengan koefisien korelasi sebesar 0,320. 

References

Hasdiana, U. (2018). Pembelajaran Kontekstual (Contectual Teaching and Learning) dan Pemahaman Konsep Siswa. Jurnal Al-Muta’aliyah STAI Darul Kamal NW Kembang Kerang, 1(3), 80–88.

Hasibuan, A. M., Fatmawati, F., Pulungan, S. A., Wanhar, F. A., & Yusrizal, Y. (2021). Meningkatkan Minat Belajar Matematika Siswa dengan Menggunakan Metode Snowball Throwing pada Siswa Kelas VI SD Swasta PAB 15 Klambir Lima. ESJ (Elementary School Journal), 11(2), 197–188.

Hasudungan, A. N. (2022). Pembelajaran Contextual Teaching Learning (CTL) Pada Masa Pandemi COVID-19: Sebuah Tinjauan. Jurnal DinamikA, 3(2), 112–126.

https://doi.org/10.18326/dinamika.v3i2.112-126

Hoesny, M. U., & Darmayanti, R. (2021). Permasalahan dan Solusi untuk Meningkatkan Kompetensi dan Kualitas Guru : Sebuah Kajian Pustaka. Scholaria : Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 11(2), 123–132. https://ejournal.uksw.edu/scholaria/article/view/3595

Indriani, N., Aisyah, A. N., & Elok, F. N. (2021). Pembelajaran Satu Arah Menyebabkan Pembelajaran Matematika Tidak Bermakna. Jurnal Amal Pendidikan, 2(3), 196.

https://doi.org/10.36709/japend.v2i3.23011

Sari, D. A., Rahayu, C., & Widyaningrum, I. (2018). Pembelajaran Matematika Menggunakan Model Contextual Teaching and Learning (CTL) pada Materi Kubus dengan Konteks Tahu di kelas VIII. Journal of Dedicators Community, 2(2), 108–115. https://doi.org/10.34001/jdc.v2i2.704

Sugiyono. (2015). Metodologi Penelitian Pendidikan. Bandung: Lentera Kencana.

Trisnasari, I. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Matematika pada Materi Penjumlahan dan Pengurangan Bilangan Bulat dengan Pendekatan CTL Kelas IV SD Tahun 2016/2017. Simki-Pedagogia, 1(1), 2–13.

Yusnaldi, E., Yusrizal, Y., Fatmawati, F., Yusuf, M., & Iskandar, W. (2021). Hubungan Pancasila Dan Al-Qur’an Dalam Tipologi Filsafat Matematika. Jurnal Civic Education: Media Kajian Pancasila Dan Kewarganegaraan, 5(2), 87–99.

Yusrizal, Y., Hajar, I., & Tanjung, S. (2019). Analysis of Elementary School Teachers’ Ability in Using ICT Media and Its Impact on the Interest to Learn of Students in Banda Aceh. Budapest International Research and Critics in Linguistics and Education (BirLE) Journal, 2(3), 45–57

Downloads

Published

2024-03-30

How to Cite

Husna, A., Calam, A., & Mahmud, R. (2024). Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Kontekstual terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas 5 SD Negeri 060954 Medan Marelan. TERPADU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 2(1), 220–227. Retrieved from https://pelitaaksara.or.id/index.php/terpadu/article/view/37