Peningkatan Hasil Belajar IPS dengan Menggunakan Model Pembelajaran Snowball Trowing di Kelas V SDN 060861 Pulo Brayan Bengkel

Authors

  • Floren Sabet Simamora
  • Ahmad Calam Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Amal Bakti
  • Fira Astika Wanhar Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Amal Bakti

Keywords:

Peningkatan Hasil Belajar IPS, Model Pembelajaran Snowball Trowing

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa dengan penggunaan model
Snowball Throwing pada materi kenampakan alam dan lingkungan buatan. Subjek dalam
penelitian ini adalah siswa kelas V sebanyak 33 siswa. Data penelitian diperoleh melalui
instrument penelitian yang berupa lembar observasi siswa dan guru dan tes. Dari hasil
penelitian yang telah dilakukan diketahui bahwa aktifitas guru pada siklus I memperoleh nilai
rata-rata 3,50 dengan kategori cukup baik dan meningkat pada siklus II memperoleh nilai ratarata 4,20 dengan kategori baik sekali. Selanjutnya aktivitas siswa pada siklus I memperoleh nilai
rata-rata 3,00 dengan kategori baik, dan meningkat pada siklus II memperoleh nilai rat-rata 4,10
dengan kategori baik sekali. Kemudian hasil belajar siswa pada siklus I dengan nilai rata-rata
39,39 hanya 13 siswa yang mencapai KKM sedang 20 siswa belum mencapai nilai KKM
.Sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 84,84 dan nilai ini menunjukkan ketuntasan.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model kooperatif tipe Snowball
Throwing dalam pembelajaran IPS dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN 060861
Pulo Brayan Bengkel.

References

Anas Sudjono.2018. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Arnie Fajar. 2014. Portofolio Dalam Pelajaran IPS. (Bandung: Remaja Rosdakarya.

Aunurrahman. 2013. Belajar dan Pembelajaran. Jogjakarta:Ar-ruz Media.

Dani Haryanto. 2014. Kamus Lengkap Bahasa Indonesia Masa Kini. Solo: Delima.

Fatmawati, F., Yusrizal, Y., & Hasibuan, A. M. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Android untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa. ESJ (Elementary School Journal), 11(2), 134–143.

Fatmawati, F., Yusrizal, Y., Lubis, B. S., & Rafiqah, F. S. (2020). Peran Kurikulum Logika terhadap Hasil Belajar IPS Siswa di Sekolah Alam Sou Bogor. Jurnal Tematik, 11(3), 67–174.

Hasbullah. 2015. Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Hasibuan, A. M., Fatmawati, F., Pulungan, S. A., Wanhar, F. A., & Yusrizal, Y. (2021). Meningkatkan Minat Belajar Matematika Siswa dengan Menggunakan Metode Snowball Throwing pada Siswa Kelas VI SD Swasta PAB 15 Klambir Lima. ESJ (Elementary School Journal), 11(2), 197–188.

Istarani.2012. 58 Model Pembelajaran Inovatif. Medan: Media Persada.

Margono. 2014. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Muhammad Thabrani,dkk. 2018. Belajar dan Pembelajaran. Jogjakarta: Ar-Ruz Media.

Muhibbin Syah. 2013. Psikologi Belajar. Jakarta: Erlangga.

Oemar Hamalik. 2015. Pendidikan Guru. Jakarta: Bumi Aksara.

Suharsimi Arikunto. 2013. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Sukardi. 2014. Metodologi Penelitian Kompetensi dan Prakteknya. Jakarta: Bumi Aksara.

Sumadi Suryabrata. 2014. Metodologi Penelitian. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Tim Bina Karya Guru. 2017. IPS Terpadu untuk Sekolah Dasar Kelas 5. Jakarta Erlangga.

Trianto. 2016. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana.

Wena Made. 2017. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Jakarta: Timur Bumi Aksara.

Wina Sanjaya. 2014. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Prenada Group.

Yusrizal, Y. (2020). Pengaruh Pendekatan Etnopedagogi dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa di SD Negeri Panton Luas Baru. Jurnal Ilmiah Maksitek, 5(3), 84–92.

Downloads

Published

2024-03-30

How to Cite

Simamora, F. S., Calam, A., & Wanhar, F. A. (2024). Peningkatan Hasil Belajar IPS dengan Menggunakan Model Pembelajaran Snowball Trowing di Kelas V SDN 060861 Pulo Brayan Bengkel. TERPADU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 2(1), 209–219. Retrieved from https://pelitaaksara.or.id/index.php/terpadu/article/view/35