Pengaruh Pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) terhadap Pemahaman Konsep Siswa pada Materi Balok Kelas V di SD Swasta PAB 6 Medan
Keywords:
Realistic Mathematics Education, Pemahaman Konsep, Materi BalokAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) terhadap Pemahaman konsep Siswa pada Materi Balok Kelas V di SD Swasta PAB 6 Medan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Swasta PAB 6 Medan tahun ajaran 2023/2024 yang berjumlah 150 siswa dan terdiri dari 5 kelas. Instrumen yang digunakan adalah instumen tes berbentuk uraian yang terdiri dari 4 butir soal. Data tentang pemahaman konsep diperoleh dari langkah-langkah penyelesaian siswa pada setiap butir soal yang diberikan. Soal-soal tes yang diberikan pada kelas eksperimen dan kelas kontrol untuk pretest dan posttest adalah soal yang sama. Setelah dilakukan perlakuan berbeda pada kedua kelas, data yang diperoleh dari hasil tes kemampuan awal dan tes kemampuan akhir dianalisis untuk mendapatkan skor peningkatan (gain) pada kedua kelas. Analisis ini bertujuan untuk mengetahui besarnya peningkatan pemahaman konsep matematis siswa pada kelas kontrol dan eksperimen. Berdasarkan data yang diperoleh dapat disimpulkan secara umum hasil dari kemampuan pemahaman konsep belajar murid kelas V SD Swasta PAB 6 Medan sebelum penerapan Pendekatan Matematika Realistik dikategorikan rendah. Hal ini ditunjukkan dari perolehan persentase kemampuan pemahaman konsep belajar siswa yaitu sangat rendah 36,42%, rendah 34,01%, sedang 12,31%, tinggi 5,24%, dan sangat tinggi berada pada persentase 12,02%.
References
Ariati, C., & Juandi, D. (2022). Pengaruh Pendekatan Realistic Mathematics Education terhadap Penalaran Matematis: Systematic Literature Review. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 5(5), 1535–1550. https://doi.org/10.22460/jpmi.v5i5.1535-1550
Catrining, L., & Widana, I. W. (2018). Pengaruh pendekatan pembelajaran realistic mathematics education (RME) terhadap minat dan hasil belajar matematika. Jurnal Emasains, VII(2), 120–129. https://doi.org/10.5281/zenodo.2548071
Firdaus, F. M., Afani, A. S., Utami, N. N., & Al Mega, R. (2022). Pengaruh Model Realistic Mathematics Education Terhadap Kemampuan Koneksi Matematis Siswa. JMIE (Journal of Madrasah Ibtidaiyah Education), 6(1), 32. https://doi.org/10.32934/jmie.v6i1.399
Hasibuan, A. M., Fatmawati, F., Pulungan, S. A., Wanhar, F. A., & Yusrizal, Y. (2021). Meningkatkan Minat Belajar Matematika Siswa dengan Menggunakan Metode Snowball Throwing pada Siswa Kelas VI SD Swasta PAB 15 Klambir Lima. ESJ (Elementary School Journal), 11(2), 197–188.
Istiana, M. E., Satianingsih, R., & Yustitia, V. (2020). Pengaruh Realistic Mathematics Education terhadap Kemampuan Literasi Matematika Siswa. UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 8(3), 423–430.
https://doi.org/10.30738/union.v8i3.8446
Kusumawati, N. (2019). Pengaruh Kemampuan Komunikasi dan Pemecahan Masalah Matematika terhadap Hasil Belajar Siswa dengan Pembelajaran Realistic Mathematic Education (RME). Delta Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika FKIP Universitas Pekalongan, 1(1).
Nooryanti, S., Utaminingsih, S., & Bintoro, H. S. (2020). Pengaruh Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Berbasis Etnomatematika terhadap Komunikasi Matematis Siswa Sekolah Dasar. ANARGYA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 3(1), 30– 34. https://doi.org/10.24176/anargya.v3i1.4739
Puspita, V., Yuhelman, N., & Rifandi, R. (2020). Dampak Pendekatan Realistic Mathematics Education Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Pada Siswa Sekolah Dasar. Justek : Jurnal Sains Dan Teknologi, 1(2), 20. https://doi.org/10.31764/justek.v1i2.3735
Rosyada, T. A., Sari, Y., & Cahyaningtyas, A. P. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Realistic Mathematics Education (Rme) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas V. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 6(2), 116. https://doi.org/10.30659/pendas.6.2.116-23
Trimahesri, I., & Hardini, A. T. A. (2019). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Matematika Menggunakan Model Realistic Mathematics Education. Thinking Skills and Creativity Journal, 2(2), 111–120.
Yusnaldi, E., Yusrizal, Y., Fatmawati, F., Yusuf, M., & Iskandar, W. (2021). Hubungan Pancasila Dan Al-Qur’an Dalam Tipologi Filsafat Matematika. Jurnal Civic Education: Media Kajian Pancasila Dan Kewarganegaraan, 5(2), 87–99.
Yusrizal, Y., & Pulungan, S. A. (2021a). Pengaruh Model Project Based Learning dengan Metode Visit Home dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa di Era Covid-19. ESJ (Elementary School Journal), 11(3), 222–229.
Yusrizal, Y., & Pulungan, S. A. (2021b). The Effect of Project Based Learning Model on Student Mathematics Learning Outcomes in the Covid-19 Pandemic Era. Budapest International Research and Critics Institute-Journal (BIRCI-Journal), 4(4), 7810– 7816.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Nur Intan Pulungan, Hadi Widodo, ainul Marhamah Hasibuan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.