Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa di SD Negeri 101744
Keywords:
Two Stay Two Stray, Hasil Belajar, MatematikaAbstract
Penelitian ini berlatarbelakang masalah sebagai berikut: 1) Hasil Matematika Siswa IV UPT SPF
SDN 101744 Desa Klambir masih rendah; 2) pembelajaran dengan menggunakan model
pembelajaran konvensional membuat siswa menjadi sulit untuk aktif didalam pembelajaran;
dan 3) guru belum memberikan kesempatan yang maksimal untuk melaksanakan aktivitas
dalam pembelajaran Matematika. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk
mengetahui apakah ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray
terhadap hasil belajar matematika siswa di SD Negeri 101744. Penelitian ini dilaksanakan UPT
SPF SDN 101744 Desa Klambir. Sampel dalam penelitian ini diambil sebanyak dua kelas yaitu
siswa kelas IV/b yang terdiri dari 34 orang siswa sebagai kelompok eksperimen dengan
menerapkan model pembelajara kooperatif tipe Two Stay Two Stray, dan kelas IV/a yang terdiri
dari 33 orang siswa sebagai kelas kontrol dan akan diajar dengan menerapkan model
pembelajaran konvensional. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two
Stray terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa pada materi segi empat
pada kelas IV UPT SPF SDN 101744 Desa Klambir
References
Anwar Miftahul, Yuliani Hadma dan Fatmawati Sri. (2018). Perbandingan Model
Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dan Tipe Two stay two stray Terhadap Hasil
Belajar Siswa Pada Materi Elastisitas. Jurnal Pendidikan Fisika, 3 (2).
Arlinda. (2017). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe two stay two stay
(TSTS) untuk meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas IV B SDN 21 Sitorajo
kecamatan kuantan tengah. Jurnal primary, 6(2).
Hamalik,O. (2014). Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan System. Jakarta:
Bumi Aksara.
Hanafiah, N & Suhana, C. (2012). Konsep Strategi Pembelajaran Cet ke-3. Bandung: PT
Refika Aditama.
Hasibuan, A. M., Fatmawati, F., Pulungan, S. A., Wanhar, F. A., & Yusrizal, Y. (2021).
Meningkatkan Minat Belajar Matematika Siswa dengan Menggunakan Metode
Snowball Throwing pada Siswa Kelas VI SD Swasta PAB 15 Klambir Lima. ESJ
(Elementary School Journal), 11(2), 197–188.
Herawati, A. F., Siregar, A., Yusrizal, Y., Rahma, A. A., Sari, A. L., & Irwandi, I. (2021).
Utilization of E-Learning as Media in Indonesian Language Courses in Higher
Education Post COVID-19 Pandemic. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 13(3), 2757–
https://doi.org/10.35445/alishlah.v13i3.1455
Sulistyanti Lilis, Siahana Jeckson, dan Junaidi Eka. (2019). Pengaruh Model
Pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS) Dipadukan Dengan Metode 43
Demosntrasi Terhadap Hasil Belajar Kimia. Jurnal FKIP Unram, 2(1).
Yusnaldi, E., Yusrizal, Y., Fatmawati, F., Yusuf, M., & Iskandar, W. (2021). Hubungan
Pancasila Dan Al-Qur’an Dalam Tipologi Filsafat Matematika. Jurnal Civic
Education: Media Kajian Pancasila Dan Kewarganegaraan, 5(2), 87–99.
Yusrizal, Y., & Pulungan, S. A. (2021a). Pengaruh Model Project Based Learning dengan
Metode Visit Home dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa
di Era Covid-19. ESJ (Elementary School Journal), 11(3), 222–229.
Yusrizal, Y., & Pulungan, S. A. (2021b). The Effect of Project Based Learning Model on
Student Mathematics Learning Outcomes in the Covid-19 Pandemic Era. Budapest
International Research and Critics Institute-Journal (BIRCI-Journal), 4(4), 7810–
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Dina Andralia, Dewi Purnama Sari, Fitrah Ushfah Amoy
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.