Pengelolaan Kelompok Bermain Menggunakan Strategi “Komunikasi dan Pembiasaan” dalam Membangun Karakter Anak dan Profesionalisme Guru

Authors

  • Mariyanti PAUD Buah Hati, Langsa Aceh

Keywords:

Pendidikan Karakter, Komunikasi, Pembiasaan

Abstract

Pendidikan karakter mempunyai makna lebih tinggi dari pendidikan moral karena bukan sekedar mengajarkan mana yang benar dan mana yang salah, tetapi membantu anak-anak merasakan nilai-nilai yang baik, mau dan mampu melakukannya. Pembentukan karakter pribadi anak (character building) sebaiknya dimulai dalam keluarga karena interaksi pertama anak terjadi dalam lingkungan keluarga. Pendidikan karakter sebaiknya di terapkan sejak anak usia dini karena pada usia dini karena sangat menentukan kemampuan anak dalam mengembangkan potensinya. Pendidikan karakter pada anak usia dini dapat mengantarkan anak pada matang dalam mengolah emosi. Kecerdasan emosi adalah bekal penting dalam mempersiapkan anak usia dini dalam menyongsong masa depan yang penuh dengan tantangan, baik secara akademis maupun dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Komunikasi adalah suatu proses di mana seseorang atau beberapa orang atau kelompok menciptakan dan menggunakan informasi agar terhubung dengan lingkungan dan orang lain, sedangkan Pembiasaan adalah proses pembelajaran yang dilakukan berulang-ulang. Untuk lebih mudah diucapkan dan diingat strategi ini saya sebut KOMPAS.

References

Anwar, S. (2016). Metodologi Penelitian. Salemba Empat.

Ary Kristiyani. (2014). Implementasi Pendidikan Karakter Pada Pembelajaran Bahasa Di PG- TPA Alam Uswatun Khasanah Sleman Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Karakter, Tahun IV, Nomor 3 Oktober 2014.

AZ Harahap.(2021). Pentingnya Pendidikan Karakter bagi Anak Usia Dini Pada Prodi PIAUD, Sekolah Tinggi Agama Islam Syekh H Abdul. Halim Hasan AlIshlahiyah, Jl. Juanda, Binjai Sumatera Utara. Jurnal Usia Dini, 2021 - jurnal.unimed.ac.id

Fatmawati, F., & Yusrizal, Y. (2020). Peran Kurikulum Akhlak dalam Pembentukan Karakter di Sekolah Alam SoU Parung Bogor. Jurnal Tematik, 10(2), 74–80.

Khaironi, M.( 2017). Pendidikan Karakter Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age Universitas Hamzanwadi Vol. 01 No. 2, Desember 2017, Hal.82-89 E-ISSN : 2549-7367

Noer, M,C, Zuhri. (2013), “Studi Tentang Efektivitas Tadarus Al-Qur’an dalam Pembinaan Akhlak di SMPN 8 Yogyakarta”, Cendekia, Vol 11 NO 1, 118.

Sahputra, F., Yusrizal, Y., & Fatmawati, F. (2019). The Effect of Learning-Based Learning Approach to Local Invitation and the Value of Interest in the Development of Characters of Elementary School Students. Proceedings of the 2nd International Conference on Social Sciences and Interdisciplinary Studies (ICCSSIS). https://doi.org/10.4108/eai.24-10-2019.2290601

Yusrizal, Y., & Hariati, E. (2022). The Influence of The Value Clarification Technique (VCT) Learning Model and The National Insight on The Character of Elementary School Students. Jupiis: Jurnal Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial, 14(2), 133–144. https://doi.org/10.24114/jupiis.v14i2.38659

Downloads

Published

2023-09-30

How to Cite

Mariyanti. (2023). Pengelolaan Kelompok Bermain Menggunakan Strategi “Komunikasi dan Pembiasaan” dalam Membangun Karakter Anak dan Profesionalisme Guru. TERPADU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 1(2), 144–156. Retrieved from https://pelitaaksara.or.id/index.php/terpadu/article/view/21