Analisis Kesulitan Pemahaman IPA Siswa di Kelas IV SD Bina Satria Mulia

Authors

  • Nurul Faiza Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
  • Rahmadina Siregar Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

Keywords:

Kesulitan Pemahaman, IPA, SD

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesulitan pemahaman Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) pada siswa kelas IV di SD Bina Satria Mulia. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif, dengan fokus pada mengumpulkan data kuantitatif tentang kesulitan pemahaman yang dihadapi oleh siswa dalam memahami materi IPA. Melalui pengumpulan data dari kuesioner dan ujian, penelitian ini berhasil mengidentifikasi beberapa faktor yang menyebabkan kesulitan pemahaman siswa dalam pembelajaran IPA. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa di kelas IV SD Bina Satria Mulia menghadapi berbagai kesulitan dalam memahami IPA yaitu dalam memahami konsep-konsep abstrak dalam IPA dan menghubungkannya dengan kehidupan sehari-hari. Kesulitan pemahaman yang dihadapi oleh siswa di kelas IV SD Bina Satria Mulia disebabkan oleh beberapa faktor. Faktor tersebut ialah kurangnya keterlibatan siswa dalam pembelajaran, metode pengajaran yang kurang variatif, kurangnya waktu untuk mengkonsolidasikan dan mengulang materi, serta kecemasan dan kurangnya motivasi dalam belajar. Selain tujuan diatas, penelitian ini juga dapat menjadi acuan bagi penelitian selanjutnya mengenai pengembangan pembelajaran IPA di tingkat dasar untuk mengatasi kesulitan pemahaman siswa secara lebih efektif dan holistik

References

Ahmadi, R. (2018). Tingkat Pemahaman Siswa Terhadap Konsep IPA pada Mata Pelajaran IPA di Kelas IV SDN Sidoarjo. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika dan IPA, 1(1), 107-112.

Dale, E. (1969). Cone of Experience. Audio-Visual Methods in Teaching (3rd Edition). Dryden Press.

Dimyati & Mudjiono. (2013). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Dweck, C. S. (2006). Mindset: The New Psychology of Success. Ballantine Books.

Fatmawati, F., & Yusrizal, Y. (2021). Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Alam dan Gaya Belajar terhadap Hasil Belajar IPA Siswa di Era Pandemi Covid-19. ESJ (Elementary School Journal), 11(3), 275–283.

Fatmawati, F., Yusrizal, Y., Mustadi, A., & Abidin, Y. (2023). Improving Student’s Science Literacy Capabilities Through Utilizing the Natural Environment. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 9(6), 4253–4258. https://doi.org/10.29303/jppipa.v9i6.4145

Hattie, J. (2012). Visible Learning for Teachers: Maximizing Impact on Learning. Routledge.

Islamuddin, H. (2012). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta : Pustaka Pelajar

Januarti, A., Imran, & Supriardi. (2014). Analisis Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sosiologi. https://media.neliti.com/media/publications/215412-analisis-faktor-penyebab-kesulitan-belaj.pdf

Marzano, R. J. (2007). The Art and Science of Teaching: A Comprehensive Framework for Effective Instruction. ASCD.

Sudrajat, A. (2019). Analisis Kesulitan Belajar Siswa dalam Pemahaman Konsep IPA pada Materi Gerak pada Makhluk Hidup di Kelas V SDN Pasir Kidul 4. Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar, 8(2), 171-181.

Downloads

Published

2023-09-30

How to Cite

Faiza, N., & Siregar, R. (2023). Analisis Kesulitan Pemahaman IPA Siswa di Kelas IV SD Bina Satria Mulia. TERPADU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 1(2), 138–143. Retrieved from https://pelitaaksara.or.id/index.php/terpadu/article/view/20