Pengaruh Model Team Games Tournament terhadap Keaktifan Belajar Siswa dalam Pembelajaran Matematika Kelas IV SD

Authors

  • Rahmadani Lubis Lubis Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
  • Ismail Saleh Nasution

Keywords:

Model TGT (Team Games Tournament), Keaktifan

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan ada tidaknya pengaruh model TGT (Team Games Tournament) terhadap keaktifan belajar siswa dalam pembelajaran matematika kelas IV SD Muhammadiyah 25. Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan metode penelitian kuantitatif untuk mengetahui keaktifan belajar siswa dalam pembelajaran matematika kelas IV SD Muhammadiyah 25. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Muhammadiyah 25 sebanyak 15 orang siswa yang memiliki peran sebagai responden. Hasil penelitian ini menunjukkan sebelum diberikannya kuesioner kepada responden hal yang pertama kali dilakukan memvalidasi kuesioner kepada Bapak Amin Basri S.Pd.I., M.Pd yang nilainya 100% (valid). Hasil hipotesis dengan menggunakan uji t dapat diketahui bahwa nilai thitung – 10,008 sedangkan ttabel 2,144. Tanda negatif pada thitung bukan menunjukkan dibawah 0 tetapi menunjukkan arah pengaruhnya. ttabel diambil dari tabel berdistribusi t dengan taraf signifikan yang digunakan adalah 0,05 atau 5%, maka hipotesis (Ha) diterima. Dari hasil penelitian yang telah peneliti lakukan, dapat ditarik kesimpulannya bahwa Model TGT (Team Games Tournament) berpengaruh terhadap keaktifan belajar siswa dalam pembelajaran matematika kelas IV SD Muhammadiyah 25.

References

A.Octaviani, S. (2020). Model - Model Pembelajaran (2020th ed.). Deepublish Publisher.

Abror, M. H. (2022). Self-Regulated Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Pendidikan Matematika, 2(2022), 233–242.

Afiah, A. (2022). Peningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Akidah Akhlak Melalui Model Pembelajaran Jigsaw di Kelas VIII-F MTs MMA Caringin. 6(1), 1–4.

Alhamid, T., & Anufia, B. (2019). Resume: Instrumen Pengumpulan Data. 1–20.

Anggraini, V., & Ilhami, mardhiyah D. (2023). Pengaruh Kualitas Produk Dan Promosi Melalui Media Sosial terhadap Keputusan Pembelian di Vlawless Kefir Kota Bengkulu. 4(1), 216–226.

Asmara, P. A., Dzulmandho, J., Zakiyah, S., & Hidayat, M. (2021). Analisis penggunaan model kooperatif tipe nht & tgt pada masa pandemi dalam pembelajaran fisika disman 2 muratara. 371–377.

Asyafah, A. (2019). Menimbang Model Pembelajaran ( Kajian Teoretis-Kritis atas Model Pembelajaran dalam Pendidikan Islam ). 6(1), 19–32.

Dwi prasetyo, A., & Abduh, M. (2021). Peningkatan Keaktifan Belajar Melalui Model Discovery Learning Di Sekolah Dasar. 5(4), 1717–1724. https://jbasic.org/index.php/basicedu

Gayatri, N. G. (2022). Pentingnya filsafat dalam matematika bagi mahasiswa pendidikan matematika. 2(1), 20–25.

Handayani, S. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) terhadap Motivasi Belajar Matematika Siswa Kelas IV MI The Noor. 2(2), 100–107.

Hariandi, A. (2021). Hubungan Kestabilan Emosi Dengan Kontrol Diri Siswa Sekolah Menegah Pertama. 6.

Hariandi, A., & Cahyani, A. (2018). Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Menggunakan Pendekatan Inkuiri Di Sekolah Dasar 1, 2). 3(2), 353–371.

Hasnunidah, N. (2017). Metodologi Penelitian Pendidikan (pertama).

istarani. (2017). 58 Model Pembelajaran Inovatif.

Izzah, F. N., arifah khofshoh, Y., Sholihah, Z., Nurningtias, Y., & Wakhidah, N. (2022). Analisis Faktor–Faktor Pemicu Turunnya Keaktifan Siswa Dalam Proses Pembelajaran Mata Pelajaran IPA di Masa Pandemi, 10(1),150–154. https://doi.org/https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/pensa

Makbul, Muhammad. (2021). Metode Pengumpulan Data Dan Instrumen Penelitian.

Martin, R., & Simanjorang, M. M. (2022). Pentingnya Peranan Kurikulum yang Sesuai dalam Pendidikan diIndonesia.1,125–134. https://doi.org/10.34007/ppd.v1i1.180

Maskun, & Rachmedita, V. (2018). Teori Belajar dan Pembelajaran.

Miftahul Janna, N. (2021). Konsep uji validitas dan reliabilitas dengan menggunakan spss. Pendidikan, 18210047.

Mu’amar wahid, arif. (2022). Hakekat Model Pembelajaran. 4 Januari. https://lpm.amikompurwokerto.ac.id/hakekat-model-pembelajaran/#:~:text=Menurut Joyce dan Weil (1986,5) Dampak Instruksional dan Pengiring

Nainggolan, M. K., Simaremare, J. A., Saut, P., & Sihombing, R. (2022). Jurnal Pendidikan dan Konseling. 4, 62–70.

Nurhayati, sukenda egok, A., & Aswarliansyah. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT pada Pembelajaran IPA Sekolah Dasar. 6(5), 9118–9126.

perwita Sari, S. (2019). Strategi Belajar Mengajar (2019th ed.).

Putra jaya, M. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika di SMKN 1 Praya Tengah. 9(1), 198–202.

Rahmawati, D. P., Rahmawati, F. P., & Widodo. (2023). Penerapan Model Jigsaw Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar IPS Kelas 5 Sekolah Dasar. 8(1), 60–70. https://e-journal.undikma.ac.id/index.php/jtp/index

Rifqi, M., & Putra, H. K. (2022). Pengaruh Penerapan Strategi Pembelajaran Cooperative Learning Model Team Games Tournament ( TGT ) untuk Meningkatkan Keaktifan Peserta Didik Di Kelas X TKJ SMK Tamansiswa Sukoharjo Tahun Pelajaran 2021/2022. Edudikara : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran 7(1), 26–32.

Rikawati, K., & Sitinjak, D. (2020). Peningkatan Keaktifan Belajar Siswa dengan Penggunaan Metode Ceramah Interaktif. 2(2), 40–48. https://doi.org/10.21580/jec.2020.2.2.6059

Roselin br. Tarigan, S. W., Sugiyanto, R., & Afrom, I. (2022). Pengaruh Penggunaan Model Discovery Learning Pada Pembelajaran Tema 8 Subtema 3 Terhadap Keaktifan Belajar Siswa Sekolah Dasar. 4(2).

satul Inajati, A. (2023). Peningkatan Pemahaman Konsep Siswa Melalui Model Pembelajaran Teams Games Tournament Ani Satul Inajati. 1(1).

Sudarsana, K. N. A., Antara, P. A., & Dibia, I. K. (2020). Kelayakan Instrumen Penilaian KeaktifanBelajarPPKn.8(2),150–158. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD Kelayakan

Downloads

Published

2023-09-30

How to Cite

Lubis, R. L., & Saleh Nasution, I. (2023). Pengaruh Model Team Games Tournament terhadap Keaktifan Belajar Siswa dalam Pembelajaran Matematika Kelas IV SD. TERPADU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 1(2), 129–137. Retrieved from https://pelitaaksara.or.id/index.php/terpadu/article/view/19