Pengaruh Model Pembelajaran Predict Obseve Explain terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas 4 SDN 096 Manyabar

Authors

  • Nur Madinah Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
  • Ismail Saleh Nasution Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

Keywords:

Model Pembelajaran Predict Observe Explain,, kemampuan berpikir kritis, Matematika

Abstract

Penelitian ini dilakukan karena adanya permasalahan kemampuan berpikir kritis siswa dalam kegiatan belajar mengajar, model pembelajaran yang kurang bervariasi pada saat proses belajar mengajar, hal ini berdampak pada rendahnya minat belajar siswa terkhusus pada pelajaran matematika. Rumusan masalah pada penelitian ini yaitu: bagaimana pengaruh model pembelajaran Predict Observe Explain terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas 4 SDN 096 Manyabar dalam bidang studi matematika. Adapun tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana pengaruh model pembelajaran Predict Observe Explain terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas 4 SDN 096 Manyabar dalam bidang studi matematika. Jenis penelitian ini menggunakan jenis penelitian quasy eksperimen (eksperimen semu), dimana penelitian ini hanya menggunakan kelas eksperimen saja tanpa kelas kontrol dengan alasan keterbatasan populasi siswa kelas 4 yang hanya berjumlah 20 siswa. Instrumen penelitian ini menggunakan soal tes berjumlah 10 butir soal berbentuk pilihan ganda. Berdasarkan hasil penelitian kemampuan berpikir kritis siswa mengalami peningkatan setelah diberikan perlakuan atau penggunaan model pembelajaran Predict Observe Explain, 80% siswa mendapatkan nilai 50 - 100. Dilihat dari nilai signifikan sebesar ,000 < 0,05. Jadi dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh model pembelajaran Predict Observe Explain terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas 4 SDN 096 Manyabar pada bidang studi matematika.

References

Abdullah, I. H. (2016). Berpikir Kritis Matematik. Delta-Pi: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 2(1), 66–75. https://doi.org/10.33387/dpi.v2i1.100

Lusiana, L., Suhartati, S., & Zubaidah, T. (2020). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa melalui Strategi Pembelajaran Prediction-Observation-Explanation (POE) di Kelas VIII SMPN 18 Banda Aceh. … Pendidikan Matematika, 5(1), 25–32. http://www.jim.unsyiah.ac.id/pendidikan-matematika/article/view/12721

Marliani, N. (2015). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa melalui Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP). Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 5(1), 14–25. https://doi.org/10.30998/formatif.v5i1.166

Ngalimun. (2013). Strategi dan Model Pembelajaran. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif dan R &D.Bandung : Alfa Beta Supriatin, A., & Nasution, A. R. (2017). Implementasi pendidikan multikultural dalam praktik pendidikan di Indonesia. Elementary, 3(1), 1-13.

Zebua, Y., Zagoto, M. M., & Dakhi, O. (2021). Implementasi Model Pembelajaran Predict Observe Explain Berbasis Drill and Practice Untuk Meningkatkan Keaktifan dan Prestasi Belajar Pada Mata Kuliah Pemindahan Tanah Mekanis. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 5(2), 872–881. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v5i2.2659

Downloads

Published

2023-09-30

How to Cite

Madinah, N., & Saleh Nasution, I. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Predict Obseve Explain terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas 4 SDN 096 Manyabar. TERPADU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 1(2), 114–120. Retrieved from https://pelitaaksara.or.id/index.php/terpadu/article/view/17