Pengaruh Model Pembelajaran Picture and Picture untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Logis Siswa pada Pembelajaran Matematika Kelas IV SD Negeri 064961 Medan

Authors

  • Innayah Syaharani Nasution Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
  • Ismail Saleh Nasution Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

Keywords:

Model Pembelajaran, Picture and picture, Berpikir Logis

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan media pembelajaran picture and picture dikelas IV SD Negeri 064961 Medan. Untuk mengetahui penggunaan model pembelajaran picture and picture di kelas IV terhadap keterampilan berpikir logis peserta didik pada kelas IV Medan. Penelitian ini menggunakan Metode kuantitatif. Populasi nya adalah siswa kelas IV SDN Negeri 064961 Medan terdiri dari satu kelas, dengan sampel berjumlah 20 orang, pengambilan sampel dengan total sampling, Variabel bebas(x) Model pembelajaran picture and picture dan variabel terikat (y) berpikir logis, pengujian hipotesis menggunakan Uji t (independen simple T- Test), yang di dahului dengan uji validitas dan uji realibitas. Hasil dari penelitian ini dengan menggunakan uji t menggunakan sig. 2- tailed sebesar 0.00 < 0.05 maka Ho ditolak, ha diterima. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh Model pembelajaran picture and picture terhadap keterampilan berpikir logis pada pembelajaran matematika SD Negeri 064961 Medan

References

Aminah, S. (2019). Implementasi Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition Dalam Meningkatkan Keterampilan Membaca Dan Menulis Al Qur’an Pada Siswa. El-Banat: Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Islam, 9(2), 177-196.

Aspi, M., & Syahrani. (2022). Profesional Guru Dalam Menghadapi Tantangan Paired Samples Test Paired Differences t df Sig. (2-tailed) Mean Std. Deviation Std. Error Mean 95% Confidence Interval of the Difference Lower Upper Pair 1 pre-test - post-test -14.65000 15.03776 3.36255 -21.68789 -7.61211 -4.357 19 .000

Perkembangan Teknologi Pendidikan. Indonesian Journal Of Education (Injoe), 3(1), 64–37. Https://Doi.Org/10.54443/Injoe.V3i2.35

Gumay, O. P. U. (2019). Penerapan Model Picture And Picture Pada Pembelajaran Fisika Kelas Vii Smp Negeri Pasenan. Silampari Jurnal Pendidikan Ilmu Fisika, 1(1), 52-59.

Hasibuan, A. M., Fatmawati, F., Pulungan, S. A., Wanhar, F. A., & Yusrizal, Y. (2021). Meningkatkan Minat Belajar Matematika Siswa dengan Menggunakan Metode Snowball Throwing pada Siswa Kelas VI SD Swasta PAB 15 Klambir Lima. ESJ (Elementary School Journal), 11(2), 197–188.

Hidayat, Ryan. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Picture And Picture Terhadap Kemampuan Menulis Karangan Deskripsi Siswa Kelas Vii Smp Nurul Azman Gunung Putri Bogor. Deiksis Vol. 09 No.03, Hal. 385-391. Tersedia Pada: Https://Journal.Lppmunindra.Ac.Id/Index.Php/Deiksis/Article/View/953.

Huda, Miftahul. (2014). Model-Model Pengajaran Dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Irawan, A., & Febriyanti, C. (2015). Efektifitas Penggunaan Mathmagic Terhadap Hasil Belajar Matematika. Pusat Kajian Pembelajaran Matematika Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Teknik, Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indraprasta Pgri, 41.

Hidayat, A. R. (2018). Filsafat Berpikir Teknik-Teknik Berpikir Logis Kontra Kesesatan Berpikir.

Istarani, K. (2012). Metode Pembelajaran. Medan: Media Persada.

Handayani, S., & Sumarno, S. (2016). Pengembangan Model Pembelajaran Siklus Belajar Terhadap Peningkatan Ketrampilan Berpikir Rasional Anak Sekolah Dasar. Seuneubok Lada: Jurnal Ilmu-Ilmu Sejarah, Sosial, Budaya Dan Kependidikan, 3(2), 55-76.

Kharis, A. (2019). Upaya Peningkatan Keaktifan Siswa Melalui Model Pembelajaran Picture And Picture Berbasis It Pada Tematik. Mimbar Pgsd Undiksha, 7(3).

Kumba, G. D. (2022). Penerapan Model Picture And Picture Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Bangun Datar Pada Siswa Kelas Iv Sd Katolik 07 Xaverius Kairagi. Jurnal Ilmiah Pendidikan, 747-756.

Kurniawati, E., Hartanto, H., & Zamzaili, Z. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Assurance, Relevance, Interest, Assesment, Satisfaction (Arias) Integratif Dan Kemampuan Awal Dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Dan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Sekolah Menengah Pertama Di Kepahiang. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 2(2).

Maryati, I., & Priatna, N. (2017). Integrasi Nilai-Nilai Karakter Matematika Melalui Pembelajaran Kontekstual. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(3), 333-344.

Marliani, N., & Hakim, A. R. (2015). Pengaruh Metode Belajar Dan Kecemasan Diri Terhadap Hasil Belajar Matematika Peserta Didik. Jkpm, 1(1), 136-150.

Maryati & Priyatna. 2017. Integritas Nilai-Nilai Karakter Matematika Melalui Pembelajaran Kontekstual. Jurnal Mosharafa. Vol 6 No.3 Tahun 2017. Https://Journal.Institutpendidikan.Ac.Id/Index.Php/Mosharafa/Article/Download/Mv6n 3_3/326. Diunduh Pada Sabtu 30 Agustus 2021.

Ni’matus. 2015. Kemampuan Berpikir Logis Siswa Dalam Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas Vii-C Smp Negeri 12 Surabaya. Skripsi Tidak Dipublikasikan. Surabaya: Unesa

Nasution, I. S. (2018). Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VI Di SD Muhammadiyah 12 Medan. Paedagoria: Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Kependidikan, 8(2), 42-52.

Prasetyoningrum, F. D., & Mahmudi, A. (2017). Pengaruh Strategi Metakognitif Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas Viii Di Smp Negeri 6 Yogyakarta. Jurnal Pedagogi Matematika, 6(4), 19-27.

Prof. Suyanto, P. ., & Drs. Asep Djihad, M. P. (2012). Bagaimana Menjadi Calon Guru Dan Guru Profesional. Multi Pressindo.

Purba, R., & Dkk. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Picture And Picture Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas Vi Uptd Sd Negeri 124401 Jl. Dahlia Pematang Siantar. Journal On Education, 1910-1922.

Puspitasari, N. (2018). Kemampuan Mengajukan Masalah Direlasikan Dengan Kemampuan Berpikir Logis Matematik. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 121-132.

Rufaidah, F. K., & Ekayanti, A. (2022). Hubungan Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition (Circ) Terhadap Motivasi Belajar & Kemampuan Pemecahan Masalah. Edupedia, 5(2), 202–212. Https://Doi.Org/10.24269/Ed.V5i2.1005

Sari, Ni Wayan Eka Manita. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Picture And Picture Berbantuan Media Papan Magnet Untuk Meningkatkan Perkembangan Kognitif Anak. Universitas Pendidikan Ganesha

Siagian, M. D. (2016). Kemampuan Koneksi Matematik Dalam Pembelajaran Matematika. Mes: Journal Of Mathematics Education And Science, 2(1). Soekamto, H., Fatchan, A & Yuniarti, Y. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Science, Environment, Technology, Society (Sets) Terhadap Kemampuan Berkomunikasi Secara Tertulis Berupa Penulisan Karya Ilmiah Bidang Geografi Siswa Sma. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran (Jpp), 21(1), 33-40.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Cet Ke-23. Bandung: Alfabeta. Yuliastanti, D., & Zuhdi, U. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Picture And Picture Untuk Meningkat Hasil Belajar Pada Pembelajaran Tematik Di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(2), 1-10.

Yusnaldi, E., Yusrizal, Y., Fatmawati, F., Yusuf, M., & Iskandar, W. (2021). Hubungan Pancasila Dan Al-Qur’an Dalam Tipologi Filsafat Matematika. Jurnal Civic Education: Media Kajian Pancasila Dan Kewarganegaraan, 5(2), 87–99.

Yusrizal, Y., & Pulungan, S. A. (2021). Pengaruh Model Project Based Learning dengan Metode Visit Home dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa di Era Covid-19. ESJ (Elementary School Journal), 11(3), 222–229.

Downloads

Published

2023-09-30

How to Cite

Nasution, I. S., & Saleh Nasution, I. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Picture and Picture untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Logis Siswa pada Pembelajaran Matematika Kelas IV SD Negeri 064961 Medan. TERPADU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 1(2), 106–113. Retrieved from https://pelitaaksara.or.id/index.php/terpadu/article/view/16