Analisis Penggunaan Media Hibarium pada Pembelajaran IPA di Kelas 4 SDT Muhammadiyah 36 Denai

Authors

  • Aulya Rahmi Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
  • Dinda Nurleli Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

Keywords:

Media Hibarium, Pembelajaran IPA, SD

Abstract

Penelitian ini bermaksud untuk mengkaji penggunaan media hibarium dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) di kelas 4 SDT Muhammadiyah 36 Denai. Penelitian ini menggunakan pendekatan metode deskriptif kuantitatif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media hibarium dalam pembelajaran IPA di kelas 4 SDT Muhammadiyah 36 Denai memberikan dampak positif pada proses pembelajaran dan pemahaman siswa. Meskipun demikian, terdapat kendala-kendala, seperti keterbatasan sumber daya dan pemahaman guru, yang perlu diatasi agar potensi media hibarium dalam pembelajaran IPA dapat dimaksimalkan.

References

Badan Penelitian dan Perkembangan Pertanian. (2012). Indigofera Sebagai Pakan Ternak. Jakarta: IAARD Press.

Departemen Pendidikan Nasional. (2008). Pedoman Penggunaan Media Hibarium dalam Pembelajaran. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Fatmawati, F., & Yusrizal, Y. (2021). Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Alam dan Gaya Belajar terhadap Hasil Belajar IPA Siswa di Era Pandemi Covid-19. ESJ (Elementary School Journal), 11(3), 275–283.

Fatmawati, F., Yusrizal, Y., Mustadi, A., & Abidin, Y. (2023). Improving Student’s Science Literacy Capabilities Through Utilizing the Natural Environment. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 9(6), 4253–4258. https://doi.org/10.29303/jppipa.v9i6.4145

Muhammadiyah 36 Denai. (2022). Profil Sekolah. Tersedia di: www.sdtmuhammadiyah36denai.ac.id/profil [Diakses pada 19 Juli 2023].

Nur, C. (2020). Pengaruh Penggunaan Media Herbarium Terhadap Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam Konsep Bagian-Bagian Tumbuhan Siswa Kelas Iv Sd Inpres Bontonompo Kecamatan Bontonompo Kabupaten Gowa. Tersedia di: https://digilibadmin.unismuh.ac.id/upload/13182-Full_Text.pdf [Diakses pada 19 Juli 2023].

Rizal, A. (2021). The Use of Hibarium Media in Elementary School Science Learning. Journal of Education and Technology, 15(2), 45-58.

Saa M., dkk. (2016). Studi Penerapan Media Herbarium pada Pembelajaran Biologi Sub Materi Tumbuhan Spermatopytha di SMP Kabupaten Sorong. Biolearning Journal, 3(2).

Widiyantini G. A., dkk. Penerapan Pembelajaran Inkuiri dengan Bantuan Herbarium untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SDN 32 Pemecutan Kecamatan Denpasar Barat. E-juornal PGSD, 2(1).

Downloads

Published

2023-09-30

How to Cite

Rahmi, A., & Nurleli, D. (2023). Analisis Penggunaan Media Hibarium pada Pembelajaran IPA di Kelas 4 SDT Muhammadiyah 36 Denai. TERPADU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 1(2), 100–105. Retrieved from https://pelitaaksara.or.id/index.php/terpadu/article/view/15