Pengaruh Pendekatan Etnomatematis terhadap Kemampuan Berpikir Matematis Siswa SD PAB 12 Sampali

Authors

  • ainul Marhamah Hasibuan sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Amal Bakti
  • Siti Aisyah Hasibuan STAIN Mandailing Natal

Keywords:

pendekatan etnomatematis, kemampuan berpikir kritis

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan metode penelitian kuantitatif.
Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah rancangan
posttest-only design. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV di
SD Swasta PAB 12 Sampali, dengan kelas IV B sebagai kelas kontrol dan
IV C sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam
penelitian ini adalah metode tes, wawancara dokumentasi dan observasi. Uji
instrumen menggunakan uji validitas, uji tingkat kesukaran, uji daya pembeda soal,
uji reliabilitas. Teknik analisis data menggunakan uji prasyarat analisis dan uji
hipotesis. Uji hipotesis yang digunakan adalah uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan terlihat dari hasil perbedaan kemampuan berpikir matematis siswa dengan menggunakan media pembelajaran pendekatan etnomatematis dan siswa dengan menggunakan pembelajaran konvensional. Hal ini terlihat dari hasil uji t. Rata-rata nilai kelas eksperimen sebesar 72,73 dengan varians sebesar 68,29 sedangkan rata-rata nilai kelas kontrol sebesar 63,21 dengan varians 93,65, didapat thitung sebesar 3,138, dengan ttabel sebesar 2,011. Berdasarkan uji hipotesis bahwa thitung > ttabel dengan taraf siginifikan α = 0,05 maka H0 ditolak. 

References

Ariyadi Wijaya. (2012). Pendidikan Matematika Realistik, Suatu Alternatif Pendekatan Pembelajaran Matematika . Yogyakarta: Graha Ilmu.

Gerdes, P. (2014). “Ethnomathematics and Mathematics Education” dalam International Handbook of Mathematical Education. Dordrecht: Kluwer Academic Publiser.

Mason, J., Burton, L., & Stacey K. 2010. Thinking Mathematically, Second Edition. Wokingham, UK: Addison Wesley.

Orey, D. C., & Rosa, M. (2006). Ethnomathematics: Cultural Assertions and Challenges Towards Pedagogical Action. The Journal of Mathematics and Culture, 6(1), 57–78.

Siswono, Tatag Yuli Eko. 2009. Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa. Artikel Dosen Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) http://suaraguru.wordpress.com .

Uloko, E.S. & Imoko, B. I. 2012. “Effects of ethnomathematics teaching approach and gender on students’ achievement in Locus.” Journal National Association Social Humanity Education. 5 (1): 31- 36.

Downloads

Published

2023-09-06

How to Cite

Hasibuan, ainul M., & Hasibuan, S. . A. (2023). Pengaruh Pendekatan Etnomatematis terhadap Kemampuan Berpikir Matematis Siswa SD PAB 12 Sampali. TERPADU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 1(2), 90–95. Retrieved from https://pelitaaksara.or.id/index.php/terpadu/article/view/12