Pengaruh Model Pembelajaran Giving Question And Getting Answer (GQGA) Terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa

Authors

  • Nadya Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
  • Ismail Saleh Nasution Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

Abstract

Riset ini bertujuan guna memahami pengaruh model pembelajaran GQGA terhadap keterampilan berpikir kreatif siswa kelas V di SDN 067253 Medan T.A 2022/2023. Jenis penelitian yang digunakan ialah penelitian kuantitatif dengan desain riset Quasi Experimental Design. Populasi dalam riset ini ialah seluruh pelajar di kelas V di SDN 067253 Medan yang berjumlah 31 siswa. Pada pengambilan sampelnya menggunakan  teknik Total Sampling (Sampel Jenuh). Hasil dari riset ini didapatkan dari tes, lalu diolah serta dianalisis menggunakan software SPSS versi 20.0. Pada golongan eksperimen terdapat Mean sebesar 70,62 dan golongan kontrol sebesar 58,67 hingga dapat disimpulkan bahwa skor mean pada golongan eksperimen memakai GQGA terhadap keterampilan berpikir kreatif lebih baik daripada golongan kontrol yang memakai model konvensional. Bersumber analisa data uji hipotesis, golongan eksperimen yang menggunakan model GQGA terhadap keterampilan berpikir kreatif siswa mendapatkan hasil uji N-Gain sebesar 59,19% dan golongan kontrol menggunakan model konvensional mendapatkan skor sebesar 40,41% sehingga dapat disimpulkan bahwa model GQGA cukup efektif digunakan daripada model konvensional. Adapun hasil koefisien determinan yang didapat untuk memahami besar pengaruh model GQGA terhadap keterampilan berpikir kreatif siswa kelas V di SDN 067253 Medan T.A 2022/2023 ialah sebesar 71,6%

References

Alfian, M. A. (2021). Pengaruh Model pembelajaran Giving Question And Getting Answer terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Materi Relasi Dan Fungsi Kelas VIII Di MTS Darissulaimaniyyah Trenggalek. Institur Agama Islam Negeri TulungAgung.

Ayuningsih, N. P. M., & Ciptahadi, K. G. O. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Giving Question and Getting Answer Terhadap Kecerdasan Logis Matematis. Jurnal Pendidikan Matematika, 11(1), 134–142.

Fatmawati, F., & Yusrizal, Y. (2022). Pengaruh Teknologi dan Literasi terhadap Komunikasi Siswa Sekolah Dasar. Journal on Teacher Education, 3(3), 581–585.

Irawan, M. A. (2018). Pengaruh Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Giving Question And Getting Answer (GQGA) Terhadap Pemecahan Masalah Matematika Peserta Didik Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Negeri 6 Bandar Lampung. In Skripsi. Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.

Kurino, Y. D. (2018). Model Giving Question and Getting Answer Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Didactical Mathematics, 1(1), 34–39.

Mulyaningsih, T., & Ratu, N. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir kreatif Siswa SMP Dalam Memecahkan Masalah Matematika Pada Materi Pola Barisan Bi. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 3(1), 1–10.

Nengsih, S., & Oktaria, R. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran GQGA (Giving Question and Getting Answer) terhadap Hasil Belajar Siswa. BIOEDUSAINS: Jurnal Pendidikan Biologi Dan Sains, 2(2), 111–121. https://doi.org/10.31539/bioedusains.v2i2.959

Nurdyansyah, & Fahyuni, E. F. (2016). Inovasi Model Pembelajaran Sesuai Kurikulum 2013 (Nurdyansyah (ed.); 1st ed.). Nizamia Learning Center.

Sudirman. (2015). Pengaruh Model Belajar Aktif Tipe Giving Question And Getting Answer (GQGA) Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa. Gema Wiralodra, 7(1), 1–6.

Ushuluddin, F., & Helmiati, H. (2016). Model Pembelajaran (L. Susanti (ed.); 1st ed., Issue December). Aswaja Pressindo.

Wahyuni, D., & Palupi, B. S. (2022). Analisis kemampuan Berpikir Kreatif matematis Siswa kelas V Sekolah Dasar Melalui Soal Open-Ended. Kiprah Pendidikan, 1(April), 76–83. https://doi.org/https://doi.org/10.33578/kpd.v1i2.30

Yusrizal, Y., & Hariati, E. (2022a). Effectiveness of Value Clarification Technique Learning Model in Improving the Character of Elementary School Students Post Pandemic. Jurnal Ilmiah Teunuleh, 3(3), 215–222. https://doi.org/10.51612/teunuleh.v3i3.107

Yusrizal, Y., & Hariati, E. (2022b). The Influence of The Value Clarification Technique (VCT) Learning Model and The National Insight on The Character of Elementary School Students. Jupiis: Jurnal Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial, 14(2), 133–144. https://doi.org/10.24114/jupiis.v14i2.38659

Downloads

Published

2023-06-22

How to Cite

Nadya, & Saleh Nasution, I. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Giving Question And Getting Answer (GQGA) Terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa . TERPADU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 1(2), 81–89. Retrieved from https://pelitaaksara.or.id/index.php/terpadu/article/view/10